Article

Best Seller nan Tawadhu' (Rendah Hati)



cara menerbitkan buku best seller


Berapa banyak anda saat mendapati buku - buku (atau variannya) yang baru terbit, dengan jumlah berapa eskemplar tidak ada yang tahu- tapi sudah berlabel BEST SELLER ..

Saya jadi ingat sebuah buku yang ditulis oleh Agus M Irkham penulisnya saya lupa, judulnya kurang lebih : "BEST SELLER SEjak Cetakan Pertama", disitu dijelaskan bahwa stempel Best seller adalah strategi marketing buat mendongkrak penjualan..


Selain itu dijelaskan juga ternyata tidak ada "patokan baku jumlah buku yang terjual" untuk bisa dapat label best seller.


Beberapa waktu kemudian, setelah saya baca buku tersebut, banyak muncul percetakan indie label, yang anda bisa mencetak berapapun jumlah buku yang anda kehendaki, bahkan sebijipun dilayani dan sudah dapat ISBN.


Sayapun juga pernah mencetak di penerbit indie untuk menerbitkan buku komunitas @Proyek Nulis Buku Bareng, PNBB - pernah sampai 500 eksemplar lebih dan terjual habis, pernah juga cuma 300 eksemplar dan pernah kurang dari itu.. Nah konon kabarnya di penerbit indie, jika anda berhasil mencetak (atau menjual 300 eksemplar) mak bisa dapat gelar best seller..


Nah, kemarin (10/12/2017) saya mengantar anak saya beli buku Risalah Tuntunan Sholat, yang disusun Drs. H. Moh Rifai. Dan sekali lagi ingatan saya kembali tentang istilah best seller...



Cetakan ke 532

Buku Versi Saku


Buku ini, adalah salah satu buku Tawadhu' - karena meski best seller tapi gak pernah ada stempel best seller nya..


Sekedar info, sejak jaman saya SD (tahun 1980an) saya sudah kenal buku ini, karena ayah saya memilikinya.. Dan sekarang akhir tahun 2017, buku ini masih ada dengan sampul yang sama, dan setelah saya lihat sampul dalamnya, ternyata sudah cetakan ke 500 lebih...dan menurut Agus M. Irkham, di komentar facebook saya bahwa buku ini ternyata tiap tahun dicetak antara 12 sampai dengan 14 Kali dan setiap cetak sekitar 10.000 eksemplar. jadi kira kira sampai saat ini jumlah buku ini sudah beredar kurang lebih 10.000 x 500 = 5.000.000,- (itu jumlah dari yang penerbit resmi, padahal bisa jadi yang veri pak tani alias bajakan lebih banyak lagi.



Buku Wannabe


Sekedar informasi tambahan, menurut teman teman di facebook ada beberapa fakta menarik tentang buku ini


  1. Buku ini ada versi sakunya, selain versi yang original
  2. Buku ini harganya sekitar 4000 (untuk versi saku) dan 8000 (versi original) - (info dari Mas Alfan)
  3. Karena kesuksesan buku ini, maka ada buku versi wannabe yang sampul dan warna bukunya mirip buku ini (Info dari mas Iyan)
  4. Saking populernya buku ini, disyut dalam film pengabdi setan ( versi tahun 80an ).. pada  adegan ustad ngasih buku tuntunan shalat ini kepada tokoh ( lupa namanya ). intinya, kalau rumah ingin damai penghuninya taat ibadah gitu. (info dari mas Sutono)
  5. Ada yang memiliki buku ini sejak tahun 90-an. (info dari mas Ahadian)
  6. Buku ini dijadikan souvenir pengajian - (Info dari Lutvyana Yana Sari)
  7. Ada yang mulai belajar shalat pertama kali dengan buku ini - setelah sekolah di yayasan nasrani sejak 8 tahun - (info dari Pak Mudji Santosa
  8. Banyak yang memiliki buku ini sejak usia SD 
  9. Ada yang jualan ini dan selalu laris (info siti Zumaroh)
  10. Banyak sekali keluarga muslim era 80-90 dan awal 2000an punya buku ini.

Pernah punya buku ini?

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "Best Seller nan Tawadhu' (Rendah Hati)"!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.