Article

MacPup : Linux rasa Machintos

Setelah beberapa hari lalu mencoba LighhousePup - sebuah distro turunan dan Pupply Linux - kali ini saya mencoba sebuah puplet (turunan dari pupply linux)
yang lain yaitu MacPup .
Tetapi untuk download distro ini perlu usaha extra karena dari situsnya tidak mendukung resume download - artinya kalo koneksi internetnya byar pet seperti di tempat saya, bisa-bisa gagal terus.. Alhamdulillah setelah googling sejenak saya menemukan file torrent dari MacPup meskipun ini versi 4. Gak papa yang penting bisa mencicipi. setelah download selama dua hari dengan utorrent - akhirnya saya bisa mendapatkan distro itu. tidak besar memang, file iso-nya cuma sekitar 100 MB.
Yang selalu membuat kagum saya dengan OS linux adalah kemampuan mendeteksi hardware dan ketersedian driver. Bayangkan distro yang cuma 100MB dan berisi bermacam-macam aplikasi itu ternyata mengenali semau driver yang ada di laptop HP-Compaq Pressario yang sering saya pakai. padahal windows XP saja masih membutuhkan beberapa driver tambahan yang untuk bisa
memfungsikan laptop baru milik kantor itu.
Selain kemampuan mendeteksi hardware, yang membuat saya terkagum-kagum adalah desainnya yang mirip Mac betulan. Namun ada lagi yang paling membuat saya semakin cinta sama MacPup adalah dia bisa memutar film kartun Madagascar 2: Escape to Africa yang berhasil saya download beberapa waktu yang lalu, tetapi tidak bisa saya putar dengan baik di windows
meskipun sudah saya pasangi codec berbagai macam. Ya format dari film itu MP4. tidak semua
distro linux mendukung format ini. Apalagi ubuntu :mrgreen:
MP3 nggak masalah.. karena yang pertama kali saya coba adalah memutar Mp3. Dan yang membuat Macpup berbeda dengan Pupplet yang lain adalah ketika kita mau mematikan OS tersebut, tampilannya keren sekali.
Pingin tahu? lihat skrinshut beriku

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "MacPup : Linux rasa Machintos"!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.