Article

Bagi Yang Ingin Jadi Freelance Writer


Bagaimana memulai untuk menjadi sebagai seorang freelance writer?
Begini jawaban saya: Baiklah agar tidak bertele-tele saya berikan beberapa tips yang sudah saya lakukan dan dari orang-orang yang memang berprofesi sebagai freelance writer tersebut.
 1. Membangun Personal Branding (citra diri/merek):  

Pertama kali saya dapat tawaran menulis untuk orang lain melalui internet pada tahun 2010, hanya gara-gara orang tersebut melihat “profil” di blog gratisan milik saya - Sayang blog tersebut sudah almarhum, tapi Alhamdulillah anda masih bisa membacanya di backupnya di http://hmcahyo.blogdetik.com Saya mulai aktif ngeblog pada pertengahan tahun 2007 dan aktif mengisi blog tersebut dengan beraneka macam tulisan hingga mencapai sekitar 1300-an tulisan sampai blog tersebut dibunuh oleh Wordpress.com pada pertengahan tahun 2010. 

Selain menulis di blog sebelumnya saya juga aktif menulis artikel – tutorial pendek – di tabloid komputek dan tabloid PcPlus sejak tahun 2002/2003

 Waktu itu saya juga menjadi pemburu lomba menulis, entah sudah berapa kali saya ikut tetapi yang jelas sekitar 5 kali saya jadi juara dan memperoleh hadiah baik berupa uang dan juga berlibur ke Bali selama 3 hari bersama istri dan anak, Gratis! 


Untuk mengetahui seberapa berhasil anda melakukan Personal Branding di dunia maya caranya cukup mudah, bukalah Google dan ketikkan nama anda secara lengkap dan nama panggilan (nama brand anda) dan berapa banyak nama anda tersebar dan di rekam oleh google.

 Semakin banyak maka tentu semakian baik, jika kurang maka anda perlu meningkatkan lagi usaha anda 






 2. Networking - Membangun Jejaring: – baik di dunia nyata dan dunia maya. 

Caranya? Membuat komunitas, bergabung di komunitas dan yang paling penting berkontribusi positif bagi komunitas tempat anda bergabung, jika anda Cuma bergabung tetapi tidak pernah berkontribusi sehingga keberadaan anda sama dengan ketidak beradaan anda maka ya sama saja tidak akan menambah “portfolio” anda.


 3. Berbagi-berbagi-berbagi! Poin ini terkait dengan poin yang kedua. Sudahlah kalo anda masih belum apa-apa sudah pelitnya minta ampun untuk berbagi ilmu – baik melalui tulisan atau melalui pelatihan – maka silahkan cari cara lain agar anda bisa dikenal pada orang lain. 

Saya paling sebal ketika mengusulkan pada penulis-penulis pemula untuk banyak menulis dan menyebarkan tulisannya melalui blog, ebook atau media lain, jawabannya, “Kalo dibajak bagaimana?” 

Ya, sudah kalo takut dibajak … gak usah nyentuh dan berurusan dengan internet. Dan berarti dia gak paham bagaiamana seorang Maher Zain – begitu dikenal di dunia dan terutama di Indonesia sehingga sampai berkali-kali dating ke mari dan bahkan main sinetron segala. 

Maher Zain itu, dikenal di Indonesia karena banyak orang yang “ngunduh tanpa ijin” (bahasa halus dari mbajak) baik mp3-nya dan Videonya melalui Youtube. Dan hebatnya lagi begitu maher zain dikenal di Indonesia, maka manajemennya bukan memusuhi penggemarnya di Indonesia tetapi malah membuatkan beberapa lagu maher zain versi Indonesia dan membuatkan video klipnya dengan kualitas HD dan disebarkan di Youtube… makanya fansnya di Indonesia tambah tergila-gila, udah gitu ketika mengeluarkan album terbaru… eh hampir semua lagunya dibuatin Video Klip dengan kualitas HD dan lagi-lagi disebar di Youtube dan tentu saja bisa di unduh…. 


 Nah, kalo masih tidak percaya dengan cara berbagi tersebut … silahkan cari cara lain, misalnya dengan menyewa agen iklan dan membuatkan anda iklan dengan biaya besar untuk dipasang di billboard di seantero Indonesia dengan tag line “I’m Professional FreeLance Writer” – pasti deh nanti anda dianggap caleg gagal heheheh.

 4. Menulislah di Media Sosial dan Portal yang Banyak pengunjung dan penggunanya. Jujur saya sebenarnya paling sebal dengan kebijakan portal media warga buatan kompas yang terlalu rese… tetapi jujur juga saya masih memanfaatkannya karena saya tahu bahwa disana tempat yang bagus untuk membangun brand kita dan tentu saja menjadi sumber traffic bagi blog saya. Begitulah, silahkan bergabung di forum-forum, dan media warga serta media social dan berbagilah dengan hal-hal yang bermanfaat bagi orang lain.

 5. Buat dan Sebarkan “Kartu Nama Digital”

  Jadikan Blog, Facebook dan akun Media Sosial Anda sebagai kartu nama yang bisa anda tautkan disetiap tulisan dan berbagai aktivitas di dunia maya. Jadi kalo anda menulis artikel di Kompasiana atau di Kaskus misalnya, jangan lupa berilah tautan ke alamat Akun FB, Twitter dan Blog anda.


 6.Pantang menyerah dan terus berlatih.  

Adalah lucu ketika ada orang yang baru menulis 70 artikel di blognya – kemudian dia berharap mendapat order dari orang lain untuk membuat tulisan - hehehe… yang benar aja, tetapi kalopun ada itu sebuah keajaiban. 

Sekedar informasi saja, Onibalusi – seorang anak remaja di amerika berusia 17 Tahun keturunan Afrika yang sukses sebagai freelance writer dengan penghasilan bisa sampai 4000 dolar perbulan (atau setara 40 juta) – dia mempunyai kebiasaan yang cukup membuat kita yang berharap dapat order melalui menulis BENAR-BENAR MALU! 

Mengapa? Karena dia mempunyai target menulis minimal 10 artikel perhari dan menulis sebagai Guest Blogging (penulis tamu di situs-situs tematik ) sebanyak 280 artikel dalam 8 bulan – fyiuuuhh…. 

Berarti dia menulis sekitar 35 artikel perbulan ! Nah sekarang mari kita berkaca – sudahkah kita melalukan itu semua? 

Baiklah, mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat bagi yang ingin jadi freelance writer.

Jika ada yang perlu didiskusikan silahkan kontak melalui email atau akun FB atau bahkan dengan diskusi di komunitas. 


Selamat mencoba! 

Malang, 23 Mei 2014  

Heri Mulyo Cahyo 

Professional Cover Letter and Resume Consultant at

Daftar Bacaan:
Tulisan Onibalusi Bamidele -

  1.  Lesson Writing For Income 
  2.  270 Article in 8 Months  
  3.  Income and Traffic Report Failure Freelance Writer

Baca Juga 

From Ebook to Book 

2 komentar:

  1. Thank you for considering my post and allow me to post this on your site Beauty Blog
    https://sauvewomen.com/beauty-guest-post/

    BalasHapus
  2. Thank you for considering my post and allow me to post this on your site Beauty Blog
    https://sauvewomen.com/beauty-guest-post/

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca tulisan "Bagi Yang Ingin Jadi Freelance Writer"!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.