Article

To Live and Die [TLAD] @ SMANELA # 10 : Duhai ..Tasku Sayang!

 Prolog:

Alhamdulillah, pagi [27/07/2010] tadi di tengah ngerjain laporan buat di kirim ke kantor kemenag Kota Malang dapet SMS menggembirakan dari Irvan, berikut bunyinya.

“Cerita sadis sdh meluncur ke email Gan!”

“MantaB, Segera Dicek! Ntar segera dirajang, dibuatkan bumbu, dioven, dan segera disajikan dalam keadaan panas!” jawab saya, yang kebetulan nggak di ruangan. Tetapi begitu kembali ke ruangan dan ngecek email ternyata cerita yang dikirim nggak ada di inbox, segera saya SMS si Irvan. ”Email belum masuk!”

”RT dan RW mu pindah kali Rie..” reply SMS dari Irvan.

”Preet… dikau yang salah kali, atau nyasar ke emailnya Ali? Emailku hmcahyo@yahoo.com”

“Hehehe.. apal yo aku emailmu, wes 10 menit yang lalu Rie..” kembali reply SMS saya dapatkan.

“Foward ke hmcahyo@gmail aja, Pan…”

“OK, tapi aku masih di luar kntr..ntar ya…!”

“Oyi Bos… ditunggu!”

Setelah sholat duhur dan makan siang dapet SMS dari Irvan lagi,

“Kok susah masuk ya Rie?”

Segera saya cek inbox yahoo dan google. Internet kalo siang lagi lelet, penyakit bawaan supidy, maklum udah dari sononya bendwith di-sharenyampe di sekolahan di-share lagi udah gitu jam siang, jam anak-anak praktik dan guru-guru juga demen ngenet kalo siang. Ya udah lengkap sudah penderitaan, mbuka tampilan yahoomail serasa menunggu istri mau melahirkan!

Deg-degan! Bukan karena cemas segera ingin tahu isi emailnya, tapi deg-degan bisa dibuka saat itu juga atau harus nunggu anak-anak dan guru-guru pulang dari sekolah baru emailnya bisa dibuka.

”Updating status” gitu di halaman awal yahoomail muter-muter. Tapi tiba-tiba harapan itu masih ada..  di bawah gambar avatar yahoomail saya ada tulisan:

From: Irvan C Wardhana – no subject – attachment  tas rambak.docx

Alhamdulillah, segera saya SMS Irvan,

”Udah masuk kok lagi tak donwload…” kata saya sambil deg-degan lagi ngeliat si Google Chrome ngambil file yang besarnya cuman 130 KB itu lambat banget..

”Sudah..  Bos… neh lagi dibaca… ntar segera diposting setelah diracik…” SMS saya lagi..

Tiba-tiba saya ketawa sendiri ngeliat isi email dari si Ipan…

Eh penasaran isinya ya?

Yuk ikuti cerita sumbangan Si Ipan Yuk… yuk… yuk…

******

Duhai ..Tasku Sayang!

Seperti lazimnya setiap perkumpulan atau organisasi apapun di dunia ini pasti membutuhkan identitas untuk bisa dikenalin. Begitu juga dengan kelas 2-Sos-1, butuh sebuah nama yang mengidentifikasikan eksistensi mereka di lingkungan SMANELA. Kalo dulu di kelas satu ada PAZHIPAT a.k.a [also known as] Pasukan Zhiji Papat alias Pasukan Kelas Saru Empat.

Nah 2 Sos 1 –pun juga mencari-cari nama yang tepat untuk mengidentifikasi keberadaan mereka. Tentu bukan perkara mudah, karena nama adalah doa sekaligus menunjukkan seperti apa para penghuni kelas itu.

Setelah perdebata cukup panjang dan melelahkan, ternyata njeketek – duh apa bahasa Indonesianya njekethek – nama yang disepakati adalah :

KRAMAST alias KeRAjaan MAhluk imut Sosial aTu

Nah asbabun nuzul [sebab turunnya] dan asbabul wurud [sebab periwayatannya] nama itu ternyata didapatkan dengan dengan  tidak sengaja.

Konon  saat Ali – salah satu maskot sosial satu panik. Malam itu saat tidur di pondoknya dia mimpi – entah mimpi apa hanya dia dan Tuhan yang tahu. Karena mimpinya itu dia panik sekali, bukan karena dimimpinya dia ditagih utang dari warung dekat pondok tempat dia biasa ngebon makanan, kalo masih merasa lapar karena jatah di pondok cuman dua kali… bukan.. salah… tapi karena dia harus mandi keramas… sebelum subuh sebelum santri lain bangun. Nah sialnya saat itu tempatnya lagi kena giliran PDAM  – padahal pondoknya khan nggak langganan air dari PDAM – nah lho bingung khan.. hehehe… iya lampu mati trus nggak ada pompa air dari sumur, dan juga ember di sumur entah diembat siapa. Ah udalah detail cerita ini tidak tidak perlu  diceritakan lebih detail lagi dikarenakan ada beberapa dialog dan adegan yang hanya diperuntukkan orang yang sudah dewasa dan stabil secara emosional.

Setelah nama kelas sudah terbentuk, tentu sebagai wujud untuk mem-branding alias memperkenalkan pada kelas lain harus di-deklarasikan dan di iklankan besar-besaran dan menggunakan segala cara yang halal untuk melakukan kegiatan iklan itu supaya seantero SMANELA tahu dan kenal apa itu Kramast.

Langkah pertama yang dilakukan oleh Dewan Syura dan Penasehat KRAMAST adalah menciptakan stiker yang banyak, minimal semua anggota dan keluarganya dapat.  Lho kok pake anggota keluraga segala? Lha iyalah, mana ada pesen stiker cuman 38 biji – sejumlah siswa di kelas… khan mahal, padahal minimal pemesanan khan 100 biji, lebih banyak lebih murah.. begitu. Nah daripada stiker itu jatuh ke tangan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dan ditempelkan di sembarang tempat yang tidak layak.  maka mengingat nyarinya dana stiker  itu pake maksa-maksa anggota dan terutama yang suka punya uang saku banyak untuk nyumbang kayak si Hindro..  maka ya itu tadi sisa stiker untuk anggota keluarga kelas Sos 1, baik dekat maupun jauh, baik lokal maupun interlokal.

Namun, itu bukan, satu-satunya rekomendasi dari mukernas pengurus KRAMAST,  untuk mengenalkan kramast pada yang lain. Rekomendasi berikutnya adalah, semua anggota KRAMAST wajib mengenalkan, mengiklankan dan mensosialisasikan nama KRAMAST dengan semua cara yang dia bisa.. pokonya seperti kalo musim kampanye pileg itu deh.

Nah, rekomendasi ini tentu sangat disambut dengan baik oleh mereka yagn berjiwa sok seni, kayak Ipan. Sebelum temen-temen yang lain bikin kreasi mengenalkan KRAMAST, si Ipan udah duluan mendapatkan korban… ya  korban… Tasnya Pairie yang terbuat dari kain terpal lunak – seperti kain ranselnya tentara itu lho – dipinjem di bawa ke rumahnya. Entah disana di apakan, yang jelas dua hari kemudian tas itu bagian depannya sudah ada tulisan KRAMAST dengan Font Monotype Corsiva [silahkan buka MS Word dan cari kayak apa itu hehehe]  yang cukup mencolok karena ditulis dengan cat merah dengan background biru.  Ya, beberapa orang memuji hasil kreativitas itu. Tak hanya memuji tapi juga pengin dibuatin juga.

“Pan,…..” suara ali pelan…

“Hmmm….?” kata Ipan sambil tetap gak beranjak dari duduknya, sambil mem-finishing tulisan di tas sekolah pairi.

“Pan…..” kata ali lagi

Haduhhh….opo seh ? [haduhhh...apa sih ]  “ kali ini Ipan menghentikan kerjaannya dibarengi dengan pandangan ngamuk Pairi ke Ali, karena sudah mengganggu kelangsungan kerjaan menghias tas.

“Pan, ….ak…..”

Pan…pen…pan…pen aja, apa sih Li,….!” Pairi dan Ipan berbarengan teriak sebelum Ali menyelesaikan omongannya…

“Eng….anu…..ehmm…..ak…aku mbok juga dibikin tulisan KRAMATS di tas-ku po’o…..”, rayu Ali sambil nyodor-nyodor-in postman bag nya yg berbahan kain drill.

“Huh…ngganggu aja…” dengus Ipan dan Pairi bebarengan.

“Ya udah nanti aja pulang sekolah ke rumah Pairi buat ngerjain, soalnya cat nya ada di rumah Pairi” kata Ipan sambil niup cat di tas Pairi supaya cepet kering.

“Waduh….kok setelah pulang sekolah? Jatah lunch ku gimana nih.. ??” Ali mulai cemas, soalnya kalo pulang telat ke pondok pasti dia nggak kebagian jatah makan siang, mana makan malam sudah sholat isyak. Kalo terpaksa ya ngutang di warung deket pondok, tapi kok ya ngutang terus, yang bulan kemarin belum dibayar.

“Ya wes, mau di tulis-i gak tas nya ..?? “ ancam Pairi.

Dengan terpaksa akhirnya Ali menyetujui kesepakatan yang tidak menguntungkan bagi dia demi sebuah tulisan kebanggaan kelasnya. Eh kenapa sih Ali ngebet bikin tulisan di tasnya… usut-punya usut dan selidik punya selidik…  ternyata nantinya tulisan itu dipakai Ali sebagai sarana PeDeKaTe dengan cewek adik kelas … hehehhehe….

Begitu bel pulang meraung-raung. Segera ketiga anak itu bergegas pulang dan ditengah jalan berhenti di Warung Wak Moek. Di sana mereka mengganjal perut dengan minum sirup coca-cola bajakan dan beberapa  podeng - podeng adalah sejenis makanan yang dibuat dari gabungan sisa-sisa kue yang diolah kembali menjadi satu. Rasanya yang juga beraneka ragam, dominasinya sih manis, dengan tekstur padat dan mengenyangkan, saking padatnya mungkin bisa membuat memar kaki apabila dilemparkan ke kita … huehehehe

****

“Waduh….cat nya dimana ya Pan?” tanya Pairi cemas dari dalam kamarnya, disertai bunyi gedubrakan dan benda-benda yang dilempar ke sana-kemari.

“Lha ? mana tau Rie, iki lah omahmu seh ? (ini khan rumahmu sih )”  Ipan dibuat bingung dengan pertanyaan Pairi.

Wajah Ali sudah menunjukkan ke-cemasan dan kepanikan yang amat sangat, merah, hijau, kuning dan kelabu, merah muda dan biru, bergiliran warna itu berganti di wajahnya. Betapa tidak  takut akan hal terburuk terjadi atas nasib tas-nya wong Ipan sudah mengoleskan tinner ke permukaan tas selain itu dia sudah mengorbankan waktu tidur siang dan jatah lunch nya di pondok.

“Pan….cat minyaknya habis, adanya cuman cat ini” kata Pairi sambil bawa 2 warna kaleng kecil cat besi bergambar bebek renang.

“Hah..?? Cat besi Rie ?…. Gimana nih Li?” Ipan meminta persetujuan Ali.

“Beda nya apa sih Pan, kalo pake cat besi?” tanya Ali polos

“Gak ada beda sih, cuman ‘sedikit’ gak lentur aja”

Ya udah kerjain aja

“Siap bos….”

Ipan mulai ngerjain tulisan pesanan Ali. Tapi ternyata Ali permintaannya lebih dan macem-macem, dia minta ada blok warna putih di tulisan nya nanti, trus di kasih efek shadow dan macem-mcaem pokoknya, tukang air brush aja paling nggak mau  ngerjain. Saking baiknya Ipan aja diturutin semua permintaannya. Karena permintaan yang aneh-aneh dan banyak itu dengan terpaksa dilakukan pengecatan total di bagian penutup postman-bag nya itu.

Saat  Ipan ngerjain dibantu oleh Pairi. Sementara Ali malah tidur di teras rumah pairi dengan gaya pendekar menanti setetes air alias….

Akhirnya lewat proses yang memakan energi 3 potong podeng tadi siang, selesai juga proyek tas nya Ali. Karena gak punya pengering ostosmastis maupun hair dryer, maka buat proses pengeringannya mengandalkan panas alami matahari. Ditaruhlah  tas itu di atas tanaman bunga di halaman rumah Pairi.

Sambil menunggu tas kering sempurna, Ipan dan Pairi istirahat ditemani es lilin dari beli di warung sebelah rumah Pairi.

“Ssttt….sstt…rie…Rie….” panggil Ipan pelan-pelan supaya Ali gak kebangun, Pairi pun mengampiri Ipan yang sedang megang-in tas yang sudah sempurna keringnya.

“Rie, keras banget jadinya tas ini yo, jadi kayak kerupuk rambak yo – weh enaknya ini bukan dibawa keseolah tapi di goreng … wekekeke..!“ kata Ipan sambil tetap pelan suaranya, Pairi ngakak gak brenti-brenti sambil megangin perutnya…..

“Iya Pan, gara-gara cat besi ini, gimana ngomongnya ke Ali ya ?“

“ Iya…..gimana ya ?…..eng….ehhmmm….gampang wes” kata Ipan sambil masih bingung cari alesan nantinya.

Sejam kemudian ketika hampir adzan magrib  Ali bangun…

“Lho pan, kok kaku tas nya jadinya?” tanya Ali polos dan melas

Gubraks…!!!!! Pairi nyodokin badan Ipan buat jelasin ke Ali.

“Eng…iya Li, soalnya bahan tas mu yang beda, ada reaksi kimia yang gak pernah kita temuin selama ini, antara bahan tas mu dengan materi dari bahan cat nya, sehingga membuat kohesi dan pertukaran amplitudo yang berbuah adanya resonansi terhadap molekul kepadatan tas mu berubah” jelas Ipan sambil sesekali mengernyitkan dahinya karena bingung cari istilah-istilah sulit lainnya agar dimaklumi Ali. Sementara Pcuman berbalik badan sambil jongkok nahan ngakak.

“Ooo….gitu ya pan… tapi bagus kok” katanya sambil nahan ngenes liat tas hadiah ultahnya dari seseorang yang spesial berubah kayak krupuk rambak.

***

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "To Live and Die [TLAD] @ SMANELA # 10 : Duhai ..Tasku Sayang!"!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.