Article

Beginilah Indonesia di Tempat Saya

 Tadi siang seorang teman saya – yang berprofesi sebagai konsultan perencanaan pembangunan yang biasa mengikuti tender-tender di instansi pemerintah – silaturahim ke kantor.

Seperti biasa hanya cerita ngalor ngidul, kemudian sampailah pada cerita yang menjadi pembicaraan kami hampir selama dia di kantor saya.

“Kemarin saya dipanggil ke kejaksaan Pak..” katanya

”Lho memang kenapa Mas?” tanya saya.

”Ya, seperti yang pernah saya cerita dulu, masih terkait dengan temen saya yang pinjam PT saya untuk jadi konsultan ahli di kantor XXX.. dia harus berurusan dengan pihak yang berwajib..” begitu kata temen saya memulai cerita

”Lha salahnya dia kenapa kok sampai urusan gitu?” tanya saya.

”Sebenarnya sih, kalo menurut aturan dia nggak kena, cuman karena ada yang melaporkan – ya biasa ada pesaing yang kalah tender – akhirnya dia kena juga. Menurut saya kesalahan dia saat memberikan keterangan pada penyidik pertama kali, mungkin karena dia grogi nggak pernah urusan sama polisi dan kejaksaan jadinya kejebak dan keterangannya justru memberatkan dia..”

”Emang proyeknya masalah apa sih, berapa besarnya?”

”Sebenarnya nggak banyak nilainya cuma 150-an juta, wong tendernya cuman masalah sosialisasi progran pemerintah aja… nah memang dia bisa masuk ke kantor itu karena ada yang bawa.. dan secara prosedur administrasi beres semua, dan kalo mau dirunut juga, seharusnya kalo dia kena, kepala kantornya juga kena… tapi malah yang kena bukan kepala kantornya sebagai Kuasa Pengguna Anggaran, yang kena cuman PPK-nya [Pejabat Pebuat Komitmen] aja ..” jelasnya lagi

”Lho kok aneh, PPK-nya kena, KPA-nya enggak?” tanya temen se-ruangan saya yang biasa mengerjakan keuangan di kantor.

”Lha ya itu anehnya, kemarin saya tanyakan ke Jaksanya, kebetulan kan saya bolak-balik dipanggil nggak datang sampe saya dijemput ke rumah… ”

”Emang sampeyan dijadikan saksi?”

”Iya, cuman saya nggak diperiksa kayak dikepolisian, wong saya datang ke rumah jaksanya, saya ngobrol-ngobrol santai dengan dia sampai lama… ya kayak sama sampean ini..”

”Trus gimana kata jaksanya?”

”Dia bilang, sebenarnya dia malas ngurusin kasus ini, soalnya seperti yang dia bilang sama saya, kasusnya terlalu kecil, wong duitnya nggak seberapa, dia bilang gitu.. tapi dia bilang targetnya bukan teman saya karena dia ngejar target lain… khan nggak mungkin temen saya bisa dapat tender itu kalo nggak kerjasama dengan PPK, dan PPK khan juga nggak mungkin kalo nggak disetujui KPA…..

”Ooo jadi temen sampeyan cuman jadi target antara saja gitu?”

”Iya, benar, yang paling penting lagi jaksanya bilang, masalahnya ini kasus titipan… ya ada anggota dewan yang ngelapor, nah kalo nggak ditindak lanjuti bisa rame, makanya meski nilainya kecil ya dia garap juga kasusnya…”

”Walah susah kalo gitu…”

”Mangkanya, dan sialnya temen saya itu ternyata, kesalahannya BUKAN pada seperti apa yang dilaporkan, dia KENA DI MASALAH LAIN…”

”Apa itu?”

”Dia kan kontraknya sebagai tenaga Ahli dalam sosialisasi, dan di dalam kontraknya ada 18 orang ahli yang diajadikan tim konsultan, cuman khan tidak mungkin sebanyak itu orangnya, nah pihak kejaksaan ini nelponin satu-persatu orang yag dijadikan konsultan ahli… nah disinilah masalahnya sebenarnya nggak semuanya ternyata terlibat… ”

”Wah bearti pakai prinsip SEKALI DITANGKAP HARUS SALAH ya mas?” timpal teman saya.

”Seperti kalo polisi nilang di jalan itu ya? Pokoknya kalo ditangkep harus ada kesalahan, surat lengkap, yang diperiksa spion, kalo nggak ada lain bisa-bisa cuman pentilnya ban… hehehe…!” kata saya becanda.

” Makanya saya bilang sama jaksanya, Pak kalo sampean niat memberantas korupsi kenapa yang nilainya lebih besar miliaran kok nggak sampean periksa, tuh di kantor XYZ, ada pengadaan nilainya miliaran tapi nggak pake tender… sampean pasti tahu.. kok nggak sampean jadikan masalah…” begitu cerita teman saya

”Trus jaksanya bilang apa Mas?” tanya saya

”Dia bilang, gini loh, kita ini bergerak berdasarkan laporan, kalo nggak ada laporan masak ya saya mau datang ubek-ubek kantor itu nyari-nyari kesalahan…ya nggak bisa itu.. harus ada laporan…” lanjut teman saya

”Wah benar-benar dodol kalo gitu jaksanya..”

”Iya saya juga bilang, lah kalo gitu payah dong pak yang kecil-kecil gini sampean urus, yang besar malah dibiarkan. Trus jaksanya bilang, begini mas, pertama karena yang punya kasus ini tidak komunikasi dengan kita jadi ya harus kita proses terus, kemudian yang jadi masalah lagi ya itu tadi ini kasus titipan, dari anggota dewan, kalo tidak kita proses bakalan rame…. Tahukan pak yang dimaksud dengan komunikasi sama jaksa tadi?” tanya teman saya.

”Apa mas?”

”Maksudnya jaksa, kok tidak diredam, saya gimana caranya biar bisa damai nggak masuk pengadilan…” jelas teman saya

”Begitu ya?” tanya teman saya yang lain.

Anehnya lagi, ketika pengacaranya teman saya protes karena yang jadi tersangka cuman dua orang, yaitu temen saya dan PPK tadi, padahal khan tidak logis kalo kepala dinas selaku KPA tidak jadi tersangka, nggak mungkinkan PPK bisa tanda tangan tanpa persetujuan KPA. Jaksanya cuman bilang, itu kita buktikan di pengadilan nanti. Tapi kelihatannya nanti akhirnya diredam, soalnya kepala dinasnya sepertinya sudah mau turun tangan, ya paling cuman sidang sekali, terus hilang… gitu kelihatannya…

”Ooo yang penting kelihatan ada sidang dan laporan ditindaklajuti, perkara nanti mau terus atau damai itu belakangan… yang penting biar gak rame gitu mas?” tanya teman saya

”Iya, soalnya jaksa khan juga ngejar kredit poin, kalo nggak ditangani bisa-bisa dikomplen sama anggota dewan dan bisa-bisa diusulkan mutasi sama pimpinan daerah… masih mending kalo tetap jabatannya, kalo turun khan dia pasti nggak mau…” jelas teman saya.

”Wah ternyata nggak di pusat nggak di sini sama aja ya mas, siapa yang punya kuasa dan uang tetep yang bisa membeli keadilan…” keluh saya

”Ya, memang begitu, yang Pak, cuman nggak enaknya, Jaksanya bilang, seharusnya sampean berterimakasih karena tahu kasus ini sehingga tahun depan sampean bisa masuk ke kantor itu kalo ada tender, masak orangnya itu-itu aja. Saya jawab, wah, nggak mau Pak, nanti jangan-jangan sampean permasalahkan..” kata teman saya mengakhiri cerita karena saya harus mengerjakan tugas lain.

Dalam perjalanan pulang saya cuman ingat, sebuah kalo nggak salah sebuah hadist yang kurang lebih artinya, suatu saat kelak di hari kiamat, salah satu ummat Rasulullah s.a.w yang dapat perlindungan Allah SWT adalah hakim yang adil.. ah… kalo ingat kasus tadi dan kasus-kasus lain di negeri ini, emang ada sekarang ini hakim yang adil?

Ya, begitulah sedikit cerita tentang Indonesia di tempat saya?

Apa di tempat sampean juga sama?

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "Beginilah Indonesia di Tempat Saya"!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.