Article

NaD@MU 17 : Wisata Kuli neh, Just Another Gudeg Campur Part II

 Bicara tentang Jogja tanpa bicara tentang makananan serasa ada yang kurang. Bagi wisatawan yang suka menjajal kesaktian perutnya, memang mencicipi beragam jenis makanan akan jadi tujuan jika jalan-jalan ke Jogja.

Tetapi akan berbeda bagi mereka yang tinggal di Jogja sebagai kuli, maka selain mencoba-coba makanan yang cocok buat lidah dan bisa di-approve sama kesehatan perut, tentu pertimbangan lainnya adalah kesehatan kantong. Karena bagi kuli seperti saya kebutuhan akan rasa dan gengsi dalam memilih makanan kok ya jadi prioritas ke sekian gitu.

Nah, tempat yang paling tidak saya rekomendasikan untuk makan adalah Malioboro, terutama lesehannya. Sebenarnya sih mending makan di resto fastfood yang harganya lebih bisa dipertanggungjawabkan secara publik, sayangnya kebanyakan fastfood tuh pro yahudi jadi ya bagi saya mending enggak… ato kalo kepepet sudah kelaparan sekali, anda jalan sedikit ke belakang Malioboro di daerah perkampungan – kalo nggak salah namanya Prawirotaman – disitu insyaAllah lebih kuli friendly harganya. Atau ke pasar Beringharjo yang juga dekat Malioboro.. tapi yang bagian sisi timur.. kalo yang di depan jalan Malioboro ya sama aja harganya!

Tahu enggak harga kempalangan pedagang lesehan Malioboro? – berdasar referensi tahun 1997 – 2000 (waktu itu ongkos angkot di Malang cuman Rp. 500) :
- Segelas dawet Rp. 5000, – [ di daerah non Malioboro cuma 1000,- ]
- Ayam goreng lalap sealot karet ban – karena nggak laku dan digorengin terus tiap hari – Rp. 30.000,- [ di daerah Banguntapan tempat saya kos waktu itu sekitar Rp. 3000 sudah plus minum jeruk hangat ]

Nah cukup dua aja, soalnya kemarin (22 Januari 2009) saya ketemu orang yang barusan ngantar rombongan rekreasi ke Malioboro juga mengeluhkan harga makanan lesehan yang juga masih tetep gila, dan dia juga bilang mending makan di fastfood resto!

Ah.. kok jadi ngomongin malioboro.

Kembali ke makanan kuli :mrgreen:

Nah, bagi kuli yang berasal dari Malang seperti saya, rupanya agak susah nyari makanan yang pas dengan selera – dan tentu saja dengan harga terjangakau budget! .
Pasalnya di Jogja serba manisan. Ada manisan tempe, ada manisan tahu, ada manisan telor – bedanya orang Jogja bilang itu bacem .

Yang susah lagi nyari sambel trasi yang enak, soalnya juga di sana jarang yang jual trasi, apalagi petis yang biasa dimakan dengan tahu goreng, senjem (menjes) dan weji, jelas nggak akan ketemu. Nyari rujak cingurpun juga susah…. Hmmm.. jadinya kita sering nahan nafsu makan-makanan seperti itu, baru kalo ada kesempatan pulang dipuas-puasin atau kalo bisa dibekal ke Jogja pas kembali. Yang sering sih temen-temen satu kos-an pas pulang ke Jatim bawa trasi dan petis kalo yang rumahnya madura, di kosan kita bikin sambel sendiri dan makan pakai sayuran direbus dan beli nasi bungkus putih-an hmmm. Sedaapp!

Sayangnya nggak setiap hari kita bisa begitu, paling-paling pas akhir pekan aja – ketika rada nyantai sehingga bisa bikin masakan sendiri.

Kalo hari biasa? Nah ini yang hunting dari warung satu ke yang lain… nyari yang pas… Alhamdulillah memang dapet, yang jual orang Ponorogo, banyak masakan Jawa Timuran, sayangnya bukanya agak siangan dan kadang habis maghrib tutup, begitu juga akhir pekan libur…. Praktis akhirnya makan di warung itu cuman siang doang!

Malamnya menjelajah lesehan-lesehan dan warung angkringan.

Ya, angkringan, warung yang sengaja dibuat remang-remang dengan penerangan yang minim – biasanya pakai lampu minyak yang dibuat dari kaleng bekas. Sepertinya anti banget kalo pake listrik.

Saya juga heran ngapain warung kok suka gelap banget, bukankah lebih nyaman memilih makanannya kalau lampunya terang?

Tapi bukan itu nampaknya keasyikannya!
Justru dengan penerangan yang minim kita nggak usah perlu mikir makanan yang akan kita masukkan ke mulut kita….!

Ambil langsung telan… hluuup… ilang… diminumin kopi ato tehh tubruk… wusss.wusss. nggak usah dirasakan pokoknya langsung meluncur ke perut… :mrgreen:

Menu andalan warung angkringan adalah nasi kucing.

Tau nasi kucing?
Itu memang nasi bungkus yang besar bungkusannya cuman sekepalan tangan.

Isinya?
Macem-macem. Biasanya pembeli setia warung angkringan akan tanya: ” Nasi bandeng mana? Nasi tongkol yang mana? Yang tempe kering mana?”

Nah… anda penasaran berapa besarnya irisan ikan bandeng dan tongkolnya?
sebesar kelingking anak usia 10 tahun!

Kok kecil?
Namanya nasi kucing, besarnya Cuma sekepal tangan. Jadi makannya juga sekali atau dua kali telan saja. :mrgreen:

Harganya?
Cukup Rp. 500 perbungkus!

Apa kenyang?
Terngantung! Kalo sebelumnya anda sudah menghabiskan segelas sereal dan makan dua bungkus mie instan plus dua potong pisang goreng insyaAllah kenyang :mrgreen:

Tapi kalo anda belum makan apa-apa dan porsi makan anda kata temen saya selevel tukang becak atau kuli cangkul sumur, ya mungkin anda butuh minimal 10 bungkus atau mungkin 20 bungkus nasi kucing :mrgreen:

Menu tambahannya?
Sate usus, jerohan, mendoan, dan penganan goreng lainnya… nah itulah mengapa tempatnya di buat gelap agar anda nggak tahu apakah ususnya itu bersih ato nggak, mateng atu masih setengah ..hiii.hiii…hi…

***

Tapi meski kuli khan sesekali juga perlu cari variasi makanan – kalo saya sih suka ke warung bakso Malang, yang saya hapal baksonya Cak Alex dari Gondanglegi yang mangkal di Gedong Kuning saat itu dan baksonya Cak Hamid yang dekat Musium Jendral Sudirman.

Nah suatu malam Pak Ayik ngajak saya wisata kuliner. Setelah muter-muter agar bener-bener laper biar makannya bener-bener nikmat akhirnya, kami melihat sebuah warung yang cukup ramai dipinggir jalan. Posisinya sebelah utara IAIN Sunan Kalijogo berseberangan dengan sebuah gedung pertemuan terkenal.

“Wah… yang ngantri pada pake mobil….” kata saya

“Gak pa-pa… sesekali nyoba makanannya orang kaya….nggak pa-pa khan…”

“Ya deh…” kata saya sambil mengecek uang yang saya bawa… jangan-jangan harganya kayak di Malioboro…

Semua pembeli antri untuk dilayani.
Menunya banyak. Ada ikan rendang, ada sayuran, tempe bacem, ayam bumbu, mie goreng, ikan goreng dan banyak lagi. Menggungah selera banget deh… wah tambah laper saya!
Pelayannya juga banyak. Jadi bisa nggak lama antrinya.

“Makan apa Mas?” tanya pelayan pada pembeli di depan saya.

“Ini..ini… dan ini mbak…!” kaya pemuda itu sambil menunjuk beberapa menu makanan.

Sejenak saya perhatikan bagaimana pelayan itu mengambilkan pesanan sang pembeli.
Tiba-tiba saja saya jadi mual….

Walah lah kok ngambil makanannya pakai tangan… iya kalo makanan kering, lha ini rendang, dan sayuran pake tangan ngambilnya..

“glegek, glegek…glegek….” Saya nelan ludah… wah-wah saya langsung kenyang

“Mas panjenengan apa?” tanyanya pada saya.

“Hmm..hmmm …” saya jadi bingung tadi saya mau pilih rendang, kok jadi gak napsu. “Apa ya yang ngambilnya gak pake tangan?” pikir saya….. “hmmmm … mie aja Mbak…”

Sejurus kemudian… sang pelayan mengayunkan tangannya hendak mengambil mie goreng yang kelihatan sedap itu.

“E…ee… nggak jadi Mbak saya pakai lele goreng aja sama sambel…”

“Itu aja? Mi-nya gak jadi”

“Nggak, saya suka keringan aja..”

Sesampai di meja saya hanya bisa memandangi makanan itu sambil mencicipinya dikit-dikit. Saya jadi ingat cerita teman yang pernah bilang ada warung yang sangat laris, orang-orang nyebutnya “Warung Sego Cawuk”

Ya sego artinya nasi cawuk artinya cakupan tangan. Jadi warung itu cara menyajikan menunya semuanya diambilkan dengan tangan penjualnya dengan tanpa memakai alat bantu, mulai dari ambil nasinya yang tidak pakai centong, sampai mengambil lauk yang lain…

Apa ini warungnya, seingat saya bukan di daerah Jogja!
Apa ini cabangnya?
Entalah!

Yang jelas saya jadi gak nafsu makan!

Ah… saya ini apa terlalu priyayi..?

Perasaan saya dulu pas kuliah pernah tinggal di Ponpes tradisional, makannya bareng-bareng satu tampah berjamaah. Asyik aja… tapi sekarang kok jadi alergi ya…

Bagiamana dengan anda?

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "NaD@MU 17 : Wisata Kuli neh, Just Another Gudeg Campur Part II"!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.