Article

IBSN: Orang Miskin Dilarang Nyaleg!

Wah… sekarang ini kalo anda jalan-jalan di seantero indonesia raya, yang paling banyak anda jumpai adalah foto-foto artis tiban eh caleg.. ding ! :mrgreen:
Seperti yang saya tulis sebelumnya… tak ada sudut jalan yang luput dari tempelan gambar sang caleg!
Tapi beberapa waktu yang lalu saya agak keki melihat sebuah bendera partai dengan dasar hijau dan ada gambar benda langitnya dua buah. Seingat saya gambar itu posisi bulannya menghadap ke atas bukan ke samping kanan kayak begitu! Apa ini ada partai baru?
Ternyata tidak!
Masih partai yang dulu!
Cuman ini sengaja dipasang miring sambil ujung-ujungnya diikat tali plastik berwarna merah yang diikat diantara dua pohon!
Kok bisa begitu?
Ternyata… bendara tersebut dipasang karena dibagian sisi yang lebar yang seharusnya berada di samping ditulisi dengan tulisan dari cat dengan nama seseorang. Mending kalau tulisannya dibuat dengan sablon hingga tampak rapi, lha ini ditulis pake tangan dengan cat semprot.. jadinya amburadul… kok nekat dipasang ya?
***
Secara tidak sengaja saya bicang-bincang dengan teman saya dari lain desa.. ternyata yang masang adalah tetangga temen saya ini.
“Wah Pak… itu tukang ojek di tempat saya….” Jawab temen saya
“Lha nggak papa khan tukang ojek jadi anggota dewan…” balas saya
“Walah… Pak.. Pak… sampean ini… lha dia itu nyalon jadi ketua BPD di desa aja nggak ada yang milih… lha kok ini malah nyalon anggota dewan… ngimpi kali…” kata temen saya lagi
“Ya… sapa tahu perbaikan nasib….” Kata saya
“Walah Pak… jadi anggota dewan bukan untuk mengubah nasib diri sendiri, tapi ngubah nasibnya orang banyak…. Wong ngubah nasibnya sendiri aja gak bisa, mana mau coba-coba ngubah nasib orang lain…”
“Lho kalo jadi khan lumayan…” kata saya sambil mesam-mesem
“Halah… emang jadi anggota dewan saat ini kayak dijadikan kesempatan cari kerjaan aja…”
“Lho kok gitu…”
“Lha… sampean gak liat tah… yang fotonya besar-besar di jalan si..V***I itu tetangga saya… masih kecil baru lulus kemarin…lha anak kecil baru lulus sekolah aja kok nyaleg.. lha kerja aja belum….lha emang dia mau cari kerja apa mau jadi anggota dewan?”
“Dua-duanya khan gak papa…” gurau saya
“Pak, Pak… kalo mau jadi anggota dewan itu harus kaya dulu… baru nyalon… jadi jangan pas kere nyalon anggota dewan… bisa gawat tuh… bukan mikirkan nasib rakyat… tapi mikirin nasib sendiri…!
“Wah…memang begitu?”
“Lha iyalah Pak… manusiawi itu…. Siapa sih yang tahan dengan uang yang sliweran kesana kemari di depan mata… kalo selama ini nggak pernah pegang uang sama sekali… hayyaah… mana tahan….”
“Hmm… benar juga sampean…” kata saya. “Tapi khan diskriminasi itu…. Orang miskin gak boleh nyaleg…”
“Bukan diskriminasi…Pak… itu realita dan tindakan preventif… Lha Wong gusti Allah aja dah bilang ujian manusia itu, harta, tahta dan wanita….! Jadi ya wajarlah kalo anggota dewan itu pada terlena dengan ketiganya… sampean ini kayak nggak tahu aja… di tipi khan banyak pak kasusnya.”
“Iya… sih…”
“Lha iya… wong mereka yang kena kasus itu ada yang dulunya udah kaya…apalagi yang kere Pak… mana tahaann…”
“He-eh… mungkin sampean benar…” kata saya
****
“Kemarin saya pas jalan-jalan sama Pak Khair ketua Yayasan saya diajak mampir ke warung… tiba-tiba … ada temennya Pak Khair yang jadi caleg dari partai yang gambarnya matahari kecebur laut itu…. Kita makan sambil ngobrol kesana kemari…. Eh…. Pas dia selesai pamit duluan… bilang minta dibayarin makanannya… walah caleg kok minta traktir…. Bukannya nraktir kita… malah kita yang suruh bayar… payah-payah…” kata temen saya ketika ketemu di kantor Depag beberapa hari lalu
“He..he..he… Memang caleg harus nraktir-nraktir gitu…?”
“Ya… kalo nraktir aja gak mampu dapat duit darimana kalo kampanye trus kalo jadi kayak apa…mbok ya kalo kere gak usah nyaleg…. Kerja aja yang bener…” kata temen saya bersungut-sungut…
“Wah… nyaleg itu hak asasi lho Pak…”
“Iya.. tapi ya ngaca dulu kalo mau nyaleg…”
“Begitu ya?”
Bagaimana dengan anda pembaca?
Apa orang miskin gak boleh nyaleg?

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "IBSN: Orang Miskin Dilarang Nyaleg!"!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.