Article

NaD@MU # 18 : Ketika Rudi Choirudin berubah jadi Rudi Hadi Suwarno

 Oleh:

Isfiya

Prolog: cerita kali ini sumbangan dari tante Isna.. yang juga mantan karyawan MU Purwokerto.. pengin tahu ceritanya? Ikuti aja yang satu ini!

Eh… kalo ada yang mau nyumbang cerita laen juga gpp lho saya tunggu

***

Gak cuman Project Pop yang punya gaya acak-acak pas tampil manggung. Instruktur MU-pun juga punya, meski bukan goyang acak-acak, tapi gaya potongan acak-acak.

Beginilah ceritanya.

Jadi tukang kompor program siap kerja nggak seperti jadi pengajar tukang kompor pada umumnya. Kalo ngajar mahasiswa umum sih cukup modal intelek dan moral.

Nah kalo ngajari mereka yang akan terjun ke dunia kerja?
Nanti dulu!

Intelek dan moral aja nggak cukup! Kata penyayi amrik babe, sometimes love just ain’t enuf lho apa hubungnya :mrgeen:

Nah kalo ngajar di mahasiswa program siap kerja, maka anda harus juga tampil prima – minimal pakaian harus rapi, rambut klimis pake minyak goreng , pakai minyak wangi, jangan minyak nyong-nyong. Lha emang mau ziarah kubur apa kok pake minyak nyong-nyong!

Gini, intinya seorang tukang kompor instruktur juga punya performa layaknya seorang profesional.

Emang ada kaitan antara profesionalsime dengan penampilan?

Ya jelas ada donk!

Misalnya, anda ngajar sebagai tukang bengkel yang profesional, maka kalo anda memakai dasi, dan baju merek anak panah, dan minyak wanginya yang bikin emak-emak yang jualan ikan dipasar terpelet-pelet – ya kira-kira nggak pas!

Pasnya adalah kalo anda masuk kelas pakai serangam bengkel yang penuh noda oli, bahkan kalo perlu warna aslia dari baju anda sudah hilang tersamarkan dengan warna oli… nah itu baru pantes! :mrgreen:

Nah karena kisah ini ceritanya agar anak-anak itu nanti kerja ditemapt-tempat yang pakai baju rapi, jadinya pengajarnya harus rapi! Rapi pakaian, asesoris dan gak lupa potongan rambut yang juga rapi!

Nah..nah… kalo masalah rambut siapa itu…. Ada lagunya :mrgreen:

Sejak mulai orientasi peserta program udah mulai dididik tampil lebih rapi dan klimis. Kayak Steve Clark Si superboy itu, ya paling jelek kayak pemeran spiderman lah…

Nah agak mereka selalu tampil rapi, cara yang paling jitu adalah adalah diadakan inspeksi dan razia dadakan – emang ada razia yang pake pemeritahuan dulu? :mrgreen:

Razia tadi cuman untuk memastikan batas “normal” rambut para peserta program!

Kreterianya: tidak menutupi cuping telinga dan tidak berponi lebih panjang dari 1/3 jidat untuk pria. Kalo poninya melebihi ½ wajah malah nggak papa, soalnya bisa ikutan audisi pemeran film bangsal 13 hii..hii..

Dan kalo untuk peserta program wanita, kreterianya sederhana, pokoknya tidak terlihat acak-acakan dan rapi! Soalnya kalo rambutnya gak rapi apalagi gak pernah disisir ato malah diklabang kayak Bob marley dipastikan mereka bukan peserta program, tapi seniman yang lagi lepas dari RSJ :mrgreen:

Hampir semua instruktur suka jadi tim razia ini, kecuali yang nggak suka, dan untungnya aku masuk yang suka – [haduh ngomong kok mbulet].

Bagi sebagian korban tindak kekerasan acara razia ini cukup mengerikan. Pasalnya ada adegan potong-memotong di tempat, apa saja yang terlihat panjang pasti dipotong… misalnya tali sepatu yang kepanjangan pasti dipotong … :mrgreen:

Apalagi kalo cuma kelebihan rambut panjang, mudah itu!
Ttinggal bawa gunting dan penggaris dan diukur sesuai kreteria, dan sesi penjagalan dimulai!

Setiap peserta telah lolos razia diminta berdiri di tempat yang berbeda dengan yang “tidak lolos”. Begitu seterusnya sampai terjaring cukup banyak calon pesakitan yang memiliki “kelebihan” rambut. Ada rambut atas, bawah,tengah samping kiri dan kanan :D

Mulanya gak ada yang nyangka kalo yang tidak lolos sensor lebih banyak daripada yang lolos.

Padahal petugas jagal rambutnya cuma solo karir… Siapa dia?

Ikuti kusi siapa dia dulu!

Ya.. dialah Miss Yuyun!
Ya, saya perkenalkan dulu Miss kita yang satu ini memang nggak pernah ikut-ikutan miss-miss-an. Baik miss madura, miss indonesia, miss universtitas apalagi miss universe… yang jelas kalo dia suka di miss call sama fans-fansnya :mrgreen:

Nah… berhubung cuman seorang eksekutor… jadi dengan berbesar hati aku memberanikan diri untuk unjuk keahlianku yang cukup lama terpendam .. ya itung-itung untuk show off force, sapa tahu kalo hasilnya bagus bisa diangkat jadi asistennya rudi hadi suwarno, atau paling apes ya rudi khoirudin – ya… sebagai tukang cuci-cuci piringnya lah….. :D

Hmm… cukup grogi juga mulanya… wong selama ini gak ada yang pernah mau ku jadikan korban potong rambut. Mana ada yang tega… rambutnya dijadikan ajang pecobaan, iya kalo coba-coba bikin kue kayak bang rudi choirudin… kalo gagal masih bisa dimakan…. Lha kalo potongan rambut gagal… wah… maunya ngirit bisa jadi ngorot-ngorot isi dompet plus tampang jadi kayak cuplis teman siunyil kutupret :D

Dengan langkah perlahan-lahan sambil mengelus-ngelus gunting dan alis kutarik-tarik dikit – dambil kerah baju kuangkat-angkat agar gak gerah .. kudekati calon mangsaku…

Anehnya semua calon korban lebih suka dibarisan Miss Yuyun.. yang udah terkenal rapi kalo motong rambut…. Jadi emang sama anak-anak dibuat kesempatan, apalagi yang uang kosnya udah habis…. Khan mending potong di kampus gratis.. daripada potong disalon bisa ngurangi biaya makan sehari…

Tapi kok gak ada yang calon mangsa yang mau mendekatiku? Hmmm apa mereka dah tahu track record-ku dalam potong-motong ya?

Nah… biar nggak keki.. aku tarik salah satu dari mereka yang baris tadi untuk kujadikan korban pertama… dengan sangat terpaksa peserta tadi nurut… lha gak nurut gimana wong aku sudah pasang tampang segalak mungkin..

Wah… kesulitan pertama kuhadapi, calon korbanku tingginya hampir 180 centi…. cukup tinggi juga…. Jangankan berdiri, duduk aja aku masih susah meraih kepalanya… hmmm masak kehabisan akal?

“Ayo tolong agak memubungkuk dikit gitu… gimana sih kamu ini… mau dipotong gratis kok malu-malu…?”

dengan enggan dia merundukkan badannya.

“Eit..eit jangan terlalu rendah ntar saya susah… motongnya… yang sedang aja…. Nah… gitu khan enak!”

Wah anak ini rambutnya model pelem eh polem itu poni lempar. Maksudnya kalo rambutnya jatuh ke hidung dengan sedikit menggerakkan kepala maka rambut itu sudah berpindah ke punggung :D .

Aduh poninya udah sampe hidung… rambutnya bagus… hitem gelap tebal dan sehat Hi…hi… dalam ati aku malu.. lha aku yang cewek aja rambutku nggak sebagus dia… maklum jarang keramas… untung pake kerudung.. jadi nggak keliatan.. :D

Kulitnya item…. Pas deh kombinasinya dengan rambut itemnya…tapi karena aku kelamaan memandangi rambutnya sambil pegang-pegang dagu… sambil mikir kira-kira nanti model rambutnya seperti apa.. ya…

“Aduh… Bu kok lama banget… saya udah membungkuk hampir sepuluh menit lebih,,, nggak diapa-apain… gimana sih.. khan capek… saya pindah ke Bu Yuyun aja deh….” Protesnya..

“Eh… bentar…bentar… bentar lagi juga udah selesai…. Kamu tenang aja…” jujur kacang ijo aku agak grogi… wong aku seumur-umur gak penah pegang kepala lelaki … seingatku terakhir kali pegang kepala lelaki yang pas di suruh bapak nyabutin uban di kepalanya..

Wah… untuk menentukan model potongan rambut ternyata bisa menghabiskan sarapan sepering pecel…

“Cihuiii….” seruku… setelah akhirnya kutemukan model potongan rambut yang sesuai dengannya… Miss Yuyun yang lagi asyik memotong anak-anak jadi menoleh padaku..

“Ada apa…. Emang nemu kutu ya…?” tanya dia curiga

“Weee… enak aja… rambut saya steril bu… dijamin 150% gak ada kutunya…!” protes… anak tadi.

“eh-eh… nggak … aku cuma ingat sesuatu aja…” seruku… Aku gak mau Miss Yuyun tambah curiga dengan rencanaku.

Guting kanan, sisir kiri. Potong depan dikit… sisir lagi..! Agar tidak curiga selama proses eksekusi kuajak ngobrol. Ya ngobrol apa saja yang penting dia gak memikirkan rambutnya… khan aku motongnya gak pake kaca… jadi dia penasaran sekali dengan hasilnya.

Hhmmm cukup…. rambutnya kusisir..sret..sret… kurapikan belahan rambutnya, kuambil sebaris, seperti yang kulihat di salon, kucoba membuat trap. Kres..kres..kress…

Nampaknya dia masih tegang… sampe-sampe temennya yang ngeliat tertawa terpingkal-pingkal… dia semakin nggak nyaman… badannya berkeringat…

Aku cuek aja.. seolah-olah Rudi Hadi Suwarno aku potong … sret-sret-sret. Putar kanan, putar kiri, Balik badan, nunduk dikit, ndongak dikit…

“Aha… selesai!” seruku ini the best cut yang pernah aku lakukan… bak sang seniman yang sudah menghasilkan masterpiece kupandangi dari depan, belakang, sudut kiri, sudut kanan. Dan aku puas.

“Sudah… ayo yang lain…!”

Tapi dia tidak beranjak.. dipandanginya sisa potongan rambut yang tercecer di depannya dengan hati yang sangat luka… mungkin di dalam hatinya sudah nyanyi lagunya Betaria Sonata – hati yang luka yang sempat dilarang menteri penerangan Harmoko pas jaman Mbah Suharto!

“Wah kamu keliatan lebih fresh dan lebih ganteng” pujiku padanya.

Sementara temen-temennya semakin terpingkal-pingkal mendengar pujianku padanya.

“Ayo yang lain….!” Seruku.

“Sret..sret… kres… kress!” akhirnya berhasil juga mengkesekusi tiga korban.. wah ini bener-bener hat-trick… padahal seumur-umur aku nggak pernah motong rambut orang… dan hari ini sekali potong tiga kepala terlampaui.

Kalo Miss Yuyun sih… emang udah master… jadi gak heran kalo dia bisa dapet sepuluh kepala… cuman yang bikin agak kecut ketika Miss Yuyun bilang

“Eh… ntar… punyamu dirapikan di luar ya…” katanya pada korban-korbanku…

Dan mereka cuman menganguk dengan wajah yang kuyu sambil meninggalkan kantor.

****

Masa orientasi selesai sudah.

Aku mengerjakan beberapa tugas rutin di Front Office.

“Asalamualaikum… Pagi Bu…” begitu sapa setiap peserta program yang berlalu di depanku.

“Waalaikum salam… Pagi juga ya… udah salam saya ini untuk semuanya…” kataku habis… capek… lha berapa puluh orang selalu mengucap hal yang sama. Mulanya setiap siswa yang melintas menyapa dan aku balas menyapa dan tersenyum sampe tapi kok lama-lama mulutku capek ya :D

“Lagi sibuk nih, Bu…?” sapa seseorang.

“Eh… iya, biasa … ehhh haduhhh jadi salah ngitung nih….”, jawabku tanpa melihat dia. Soalnya tadi lagi ngitung-ngitung pembayaran peserta program.

“Sibuk amat sih, Bu” protesnya masih tak bergeming meski melihat aku tidak melihatnya sama sekali.

Aku curiga kenapa dia masih berdiri di depanku meski aku cuekin. Setelah selesai menghitung, akhirnya kuangkat mukaku dan kutatap wajahnya

“Hmmmm kok kamu ngeliatin saya kayak gitu? Emang ada yang aneh dengan wajah saya?” tanyaku sewot.

“Ahh… gak papa kok Bu”, jawabnya malu.

Setelah aku pandangi beberapa saat. Kok aku mengenal wajah ini..

“Aaaaaaaaa…….. kamu yang kupotong kemaren yahhh, kok bedaaaa…..”, ujarku agak kaget melihat penampilannya.

Sambil malu-malu dia berkata “Iya..Bu… ini saya beri gel depannya biar tidak kelihatan jatuh”

“Wahhh sekarang bener-benar kelihatan beda loh… tuh kan lebih kelihatan segar dan lebih macho ya…” ujarku memberi semangat supaya dia lebih percaya diri.

“He..he.. iya Bu” jawabnya lagi masih tersenyum tidak jelas

“ Ya sudah sana masuk nanti terlambat” ujarku sedikit mengusir.

***

Hari-hari berikutnya dia masih juga suka nongkrong di front office sambil nungguin aku!

Karena bete akhirnya kupekerjakan saja dia.. daripada diem tidak jelas!

Ahirnya aku dapet asisten untuk pekerjaan administrasi. Yang nulis jurnal kek, kasih nomer faktur dan pekerjaan ringan lain.

Lumayaaaannn, daripada nunggu staff lain yang kadang-kadang sok sibuk.

***

PS: Yang nggak tahu Rudi Choirudin – si doi itu tukang masak terkenal… Nah kalo Rudi Hadi Suwarno.. si doi tukang tata rambut yang terkenal juga.. Cuma yang saya nggak tahu apakah Rudi Choirudin pernah motong rambutnya Rudi Hadi Suwarno, dan Rudi Hadi Suwarno pernah bikin roti mariyam apa bikin kebab turki itu :mrgeen:

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "NaD@MU # 18 : Ketika Rudi Choirudin berubah jadi Rudi Hadi Suwarno"!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.