Article

IBSN: Gila Membaca dan Menulis # 1

Suatu hari teman saya SMS : 
Bagaimana agar suka baca dan kemudian suka menulis
Jujur saya agak bingung juga menjawab pertanyaan ini. Karena seperti hal-hal lainnya, semua itu tergantung kebiasaan. Dan seperti kebanyakan tips dan materi pelatihan, seberapa banyak kita mengikuti pelatihan tersebut tidak akan membawa hasil apa-apa, kecuali kita memang berniat mau mempraktikkan atau tepatnya memaksa diri kita untuk mencoba merutinkanapa yang kita baca atau dapatkan dari pelatihan.
Di era ketika kita bisa lebih mudah mengakses internet saya kira menjadi lebih mudah bagi kita mengasah kebiasaan membaca dan menulis itu, sehingga keduanya – seperti kata Jonru pemilik penulislepas.com – menjadi gaya hidup.
Baiklah saya akan mencoba menjawab dua pertanyaan di atas sekaligus. insyaAllah.
Kiat suka membaca
1. Carilah AMBAK (Apa Manfaatnya Bagiku) :
dari kegiatan membaca kita. Mudahnya begini, bacalah apa yang anda suka dan memang anda butuhkan.
Bacaan-bacaan yang cocok bagi orang yang mulai membiasakan diri untuk membaca adalahbacaan jenis mujarobat – begitu kata Andrea Hirata si pengarang laskar pelangi – kalo dalam bahasa inggris buku-buku itu termasuk buku HOW TO
Sekarang cari apa minat anda?
- Katakan anda ingin tahu caranya bagaimana mengetahui teman yang online tetapi dia hidden Yahoo Messengernya. 
- Selanjutnya buka mbah gugel, cari artikel yang terkait dengan topik yang anda inginkan. Jika sudah ketemu simpan beberapa artikel yang menurut anda paling mudah dan menarik untuk dipraktikkan.
Cara lain lagi mencari bacaan yang provokatif bagi anda untuk membacanya…misalnya:
Teknik jitu menaklukkan lawan debat atau yang agak nakal-nakal dikit seperti tulisan Vincent Liong yang berjudul:
Teknik memelet Dosen dan judul-judul sejenis… pasti anda penasaran untuk membacanya.
2. Berinteraksi dengan Bacaan Anda :
Buatlah bacaan anda sebagaimana orang yang berbicara kepada anda. Artinya ketika membaca kalimat-kalimat tersebut cobalah anda memberi respon secara aktif dalam pikiran anda, seperti:
“Wah…ternyata cuma begini saja ya…” atau
“Ini tulisannya kok gak to the poin ya?” dan seterusnya
Nah kalau artikel itu anda dapatkan dari blog atau situs yang memungkinkan anda berkomentar dan memberi umpan balik, maka isikanlah umpan balik anda. Dalam memberikan umpan balik jangan cuma oneliner sentence seperti:
“Tulisannya bagus…dan bermanfaat..” tetapi cobalah seperti ini.
“Tulisannya bagus, dan sangat membantu saya yang pemula. Tetapi menurut saya pembahasannya terlalu rumit bagi saya…….” (anda bisa bisa menambahkan lebih panjang lagi)
3. Membaca Untuk Bercerita :
 cara lain yang bisa memotivasi anda untuk membaca adalah, anda membaca untuk menceritakan kembali apa yang anda baca kepada orang lain. Makanya cari bacaan-bacaan ringan yang ada hubungannya dengan orang-orang terdekat anda. Misalnya cari cerita anak untuk anda ceritakan pada anak anda, atau cari cara masak memasak yang cepat dan hemat di bulan ramadhan – bisa anda ceritakan pada istri anda… dan seterusnya.
4. Baca Apa saja, Dimana saja : 
jangan sedikitpun anda lepaskan diri anda dari bahan bacaan. Apa saja itu dimana saja anda. Sebuah nasihat dari Syafii Maarif, ketika kami pernah berkunjung ke rumahnya, Curilah waktu tidurmu untuk membaca - saya mengartikan jangan biarkan diri kita termangu-mangu tanpa membaca. Kalau anda berpergian beli koran, nggak usah yang mahal sekarang ada koran yang cuma 1000 rupiah, cari berita yang memang anda suka dan bacalah, sekali lagi apa saja!
Tahukah anda, rubrik yang paling saya gemari di koran atau majalah adalah Surat Pembaca atau Pembaca Menulis yang biasanya terdapat di bagian awal majalah atau di bagian tengah koran.
Bagi saya itu asyik, ringan dan terkadang menambah wawasan.
Contohnya saya mendapatkan resep yang alhamdulillah manjur untuk sakit ambien yang saya derita, berkat membaca di kolom pembaca menulis di sebuah majalah, singkat resepnya, hanya minum parutan labu siam (orang jawa bilang manisa) yang masih muda setiap hari sehari tiga kali.
5. Ikutan Milis
 ya tentu saja milis yang anda suka, saya kira banyak sekali topik-topik khusus yang di bahas di milis. Tentu sebisa mungkin ikuti milis yang terkait dengan kebutuhan anda – baik secara pribadi maupun profesi. Nah dari milis biasanya saya dapat banyak informasi menarik yang layak untuk dibaca. Atau anda mau ikutan milis IBSN? Gabung aja di ibsn@googlegroups.com
Oke itulah sedikit tips dari saya tentang agar anda gila membaca.
Insya Allah saya lanjutkan agar anda gila menulis :D

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "IBSN: Gila Membaca dan Menulis # 1"!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.