Article

Tour de Jogja

Tanggal 7-9 September 07 kemarin MAN Malang I mengadakan rangkaian kegiatan studi banding ke Jogja. Saya sebenarnya sudah mau membatalkan ikut karena sejak siang hari badan ini seperti nggak mau diajak kompromi untuk bepergian. Sebagai bagian dari ikhtiar akhirnya saya pijat di pakdenya Dedi yang tunanetra itu.. ada pelajaran yang menarik selama saya dipijat, tetapi lain kali saja saya ceritakan.

Setelah maghrib kondisi badan sedikit membaik, sekarang istri sedikit protes, kok tega-teganya nggak ngajak dia ke Jogja, dulu sih rencananya boleh ngajak istri dan keluarga, tetapi ternyata keuangan sekolah nggak mencukupi jadinya ya berangkat solo karir tanpa keluarga kecuali mau membayar 425 ribu.. wah mahal sekali…

Selepas isya’ badan saya menggigil… rasanya enggan sekali mau berangkat, akhirnya saya telpon sekolah, yang angkat bendahara sekolah, mbak Yayuk, saya bilang saya mau undur diri saja.. tapi dia bilang telepon sendiri aja ke hp-nya pak boss soalnya sudah ada lebih dari empat orang yang batal ikut padahal segala akomodasi udah dibayar. Dia saranin saya minum obat aja sapa tau mendingan…toh berangkat masih jam 9 malam. Akhirnya saya istirahat sejenak. Menjelang jam 9 saya berangkat nunggu bis di hotel niagara Lawang. Ketika berangkat lumayan dapat tumpangan ke pasar.. ketika turun… eh.. ada Pak Budi nunggu temen-temen mau pasang spanduk ramadhan.. setelah bincang-2 sejenak dia minta saya nunggu di depat hotel daripada ketinggalan.

Sebuah sms masuk ke ponsel, rombongan berangkat dari Malang jam 9 malam. Berarti ada sekitar 20-30 menit lagi. Akhirnya sambil temangu-mangu di depan hotel yang sudah sepi – biasanya rame jika sebelum jam 9 malam, soalnya kan tempat mangkalnya bis-bis malam.

Setelah termangu-2 beberapa saat bis Pelita Mas datang. Saya ikut bis ke-2, wah bisnya didominasi oleh ‘kaum urban’ dan ‘ahlul hisab’ semua! Sepanjang jalan temen-2 bermain musik dengan peralatan yang dibawanya, gitar, harmonika, kendang… bising sekali, apalagi semua mangkal di belakang di dekat smoking area!

Sedangkan ahlul hisab bergantian ke smoking area! Wah bis AC keluaran 2007 yang bagus itu tak mampu menahan bau asap rokok! Sampe-2 tur leader-(TL)nya ngingatin mereka untuk mengurangi produktivitas karbon monoksidanya!

Alhamdulillah saya bisa tidur, walopun beberapa kali bangun, teman-2 seperti nggak berhenti main musik! Sekitar setengah 5 pagi bis mencapai daerah prambanan untuk sholat! Wah rupanya sang TL nggak biasa ngantarin rombongan yang perlu solat di masjid, buktinya bis berhenti di sebuah masjid yang masih dipugar Total! Nggak ada kamar kecilnya, tempat wudhunya nggak memadai! Kalo nggak salah punya-nya Muhammadiyah dan setelah sampe Jogja saya baru tau kalo masjid terebut ternyata korban Gempa beberapa saat yang lalu, pantesan sebelumnya kami berpikir kok hebat sekali panitia pembangunan masjid ini, wong mbangun masjid kok dirobohkan semuanya! Padahal hal itu nggak umum! Tapi kalo kena gempa, ya pantas aja!

Habis sholat terus ke rumah makan yang ternyata jaraknya cuma 2 kilo, dan disekitar rumah makan tersebut ada 2 masjid! Nah, ketauan khan TL-nya nggak biasa ngantar rombongan ke masjid (sst..stt.. katanya travel ini milik mantan kandepag malang!, tapi apa hubungannya?)

Bersih diri dan makan pagi selesai menjelang jam 7 pagi. Setelah berfoto-2 dan bercanda ria rombongan melanjutkan perjalanan ke Jogja tujuan pertama ke SMA Stella Duce 1 Jogja dan MAN 3 Jogja (Mayoga).. Wah .. dah lama sekali nggak ke Jogja, terakhir sebelum pemilu tahun 2004! Lama sekali.. tapi nggak banyak yang berubah.

Setelah dari Stela Duce1 dan Mayoga (tentang kedua sekolah ini saya posting di halaman lain), kita makan siang di rumah makan ambarketawang – kalo nggak salah itu namanya! Di daerah sleman! Disini selain makan siang, diadakan perpisahan dengan Pak Badjuri dan Bu Lastri yang mulai Oktober bulan depan dah pensiun! Acaranya biasa saja nggak begitu seru! Temen-temen malah bikin acara sendiri saling ngledek di meja belakang!

Sekitar jam 2 siang acara selesai dilanjutkan ke puncak keteb! Wah.. jalannya menanjak sekali sampe-2 bisnya agak berat berjalan, kemiringanya sekitar 105 derajat (uff.. bisa jatuh bisnya!) nggak tau deh.. tanya temen-2 yang pernah kesana kira-2 berapa kemiringan jalannya, saya sempat kawatir bisnya nggak bisa sampe ke puncak malah!

Sampe dipuncak, ternyata biasa-biasa saja! Bahkan masih mending puncak payung di Batu! Saya sempat berpikir, nggak salah nih travelnya ngajak orang-orang malang ke tempat ini! Lagian temen-2 sudah pasti bisa membandingkan dengan daerah Batu yang asri! Tapi herannya banyak sekali turis lokal disana!

Banyak penjual jagung bakar, buah pepino, dan sayur-sayuran… ini persis di batu… bahkan lebih asyik lagi di pujon kalo yang mau niat belanja buah-buahan dan sayuran! Jadinya kita cuman ngobrol kesana kemari, tentang merapi, tentang mbah marijan! Ngambil foto pas di puncak keteb dll, tapi nothing special for me! Sebenarnya bagi saya agak rugi ke tempat itu, lha perjalanannya aja hamir 2 jam dari Sleman!

Akhirnya menjelang jam 5 sore kita balik… kali ini ke rumah makan terus ke hotel!.. Kepala saya sudah pusing sekali, leher rasanya kaku, dalam hati berdoa mudah-mudahan nggak mabok! Di tengah jalan ponsel bergetar.. nomor istri.. setelah ngobrol beberapa saat anak-anak berebutan pingin ngomong! Biasa terdengar tangisan diseberang sana, pasti habib dan dayyan lagi berantem! Nadia pesen dibelikan Binder! Dayyan minta belikan es krim! Habib juga es krim! Ups! Anak-anak mintanya selalu itu… nggak bosen-2. Kalo pas dikantor juga itu yang diminta, ini lagi di Jogja juga minta yang sama!

Perjalanan ke rumkan jauh juga menjelang isya baru sampe… pantesan.. wong tempatnya di daerah Wates, padahal kan jauh dari Hotel Mutiara yang ada di malioboro… ternyata saya baru nemuin jawaban setelah tahu nama rumkannya… ya ternyata masih satu grup dengan yang ada di Sleman tadi! Pantesan!

Menjelang jam 8 malam rombongan baru sampe di hotel mutiara malioboro! Wah.. pak boss kita memang selera tinggi! Ini sih hotel berbintang… seumur-umur tinggal di jogja hampir 3 tahun saya belum pernah masuk hotel ini, meski sering ke maliboro dan ke hotel sekitarnya, ngantarin anak-anak job training! Perasaan dulu ada deh yang OJT disini tapi lupa siapa ya?

Sebagian temen agak kaku tahu hotelnya yang mewah, rebutan naik lift.. padahal maksimal 5 orang! Pantes lifnya nggak mau jalan! Ada yang naik duluan padahal kunci kamar yang kayak ATM itu masih dibawah temannya satu ruangan! Jadinya turun lagi deh setelah sampe lantai teratas! Dasar!

Beberapa saat ketika mau masuk lift, eh adik nelepon mau menjut dan sudah hampir sampe mailoboro! Wah ya sudah saya serahkan kunci ke teman sekamar! Padahal pengin sekali mandi air hangat trus jalan-jalan ke Shopping Berburu buku! Tapi sudahlah.. mudah-2an kapan-kapan bisa kesana!

Tak berapa lama motornya udah didepan hotel.. langsung saja kabur… ternyata sekarang mereka kontrak di daerah bangun tapan! Deket sekali dengan tempat saya tinggal pertama kali di jogja dulu!

Setelah mandi air hangat dan solat, adik nawari ke Jogja Expo Center! Ada pameran buku! Wah asyik, tapi udah jam 9, adik dan suaminya sempat berdebat kecil tentang jam tutup expo.. suaminya bilang karena malam minggu dan mau hari terakhir kemungkinan tutupnya agak malam..

Akhirnya berangkat juga… sampe di JEC, ternya emang dah mau tutup.. sebagian pengunjung dah meninggalkan tempat pameran beberapa stan udah ditutupin kain, wah.. sempat ragu.. mau masuk enggak! Tapi nanggung nggak masuk… akhirnya masuk aja… dah banyak yang tutup tapi ada beberapa yang masih baru mau tutup! Ke stan gramedia beli komik Tom Jeri, dan komik nabi nuh… trus ke stan lain ada buku murah cuman 3000-an kalo dua biji malah 5000. Ambil beberapa, ternyata habis 43 ribu! Ohh nggak semua di jual 3000-an ya sudah… akhirnya pulang! Sampe di parkiran adik disapa tukang parkirnya, tenyata anak kepanduan dari dpc setempat… dari obrolan mereka kok ada sedikit masalah dengan banser di sleman! Apalagi ini… tapi pas dalam perjalanan adik tak tanya juga nggak tahu!

Sampe di rumah adik liat-2 bukunya.. wah ternyata buku nabi nuh-nya versi nasrani… pantas kok nggak ada ceritanya anaknya yang durhaka! Dan yang paling parah di halaman terakhir Nuh dan keluarga bersyukur dengan membuat persembahan di altar! Whelaa… ini sih keliru beli…. Ya udah… untung cuma 5000!

Selepas sarapan saya telepon ke koordinator bis-1, eh iya saya pindah ke bis 1 dalam perjalanan ke puncak keteb!.. ijin mau pulang duluan, selain badan saya sudah nggak nyaman lagi sakit semua, saya juga males acara hari ahad cuma belanja dari bringharjo, kota perak, pasar klewer trus pulangnya tak lihat sekitar magrib! Wah… jam berapa sampe malang?! Padahal senin masuk… apalagi harus ngantar istri juga.. wah bisa nggak kuat badan ini kalo kecapekan! Ya udah akhirnya pulang!

Adik mengantar ke terminal baru, mampir ke kota perak beli oleh-2! Truk naik bis eka… jurusan solo.. sepi sekali! Ketika hampir sampe sragen istri SMS putra mbah rasyid tetangga sebelah yang berada di kalimantan meninggal! Innalillahi wainnailahi rojiun! Saya sms balik tanya penyebab kematiannya? Gak ada SMS balasan, baru sekitar nganjuk dapat balasan kalo mas sutris meninggal sehabis main golf! Ah umur orang nggak ada yang tau, kapanpun bisa dipanggil… nggak tua nggak muda… nggak sakit, nggak sehat semua bisa! Ah hati.. jadi bergetar!

Perjalanan melelahkan! Sampai lawang pas ketika adzan maghrib! Sehabis sholat saya sms ke dua teman di bis yang berbeda, tanya mereka sampe mana? Ternyata baru sampe ngawi dan menuju rumkan!

Senin, ketika di sekolah saya baru tahu mereka sampe di Malang menjelang jam 1 dini hari! Pelajaran jadi jam pendek, akhirnya pulang awal jam 2!