Article

Ramadhan @ Radio

 Alhamdulillah, ramadhan kali ini saya diberi kepercayaan dari temen-2 rumah zakat malang untuk on air di dua radio! 

Nggak banyak hanya dua kali di radio XX dan sekali di radio XY. Tapi ini terus terang pengalaman baru ngisi pengajian di radio! Rada grogi juga sih! Awalnya saya mikir apa nggak salah mereka meminta saya? 

Lha wong banyak ustadz-2 berkeliaran.. ups emang ustad sama dengan kucing pake keliaran! Afwan para ustadz! Tapi ternyata RZI dapet referensi dari si Kukuh ketua FLP Malang. Ya sudah, wong sudah kadung dipercaya, ya dilaksanakan. Itung-2 nambah jejaring, siapa tahu kapan-kapan bisa manfaatin radio untuk program2 laen!

Berangkat dari rumah ba’da ashar, emang acaranya jam 5 sore, tapi pak Edi manajer cabang RZI Malang wanti-wanti kalo saya harus datang minimal 15 menit sebelum acara. Setengah lima saya sudah sampe di studio. 

Tidak ada orang di resepsionis, akhirnya saya melihat-lihat poster dan pengumunan-2 yang ditempel di dinding luar studio. Untuk mengusir kesendirian saya sms teman yang lagi belajar di IALF Bali, sekedar tanya suasana ramadhan di sana. 

Temen saya ini orang yang dibesarkan dipondok pesantren, sekarang dia akan mengambil S2 di Australi setelah mendapat beasiswa ADS. Tak lama kemudian muncul seorang perempuan muda menyapa saya, sambil memperkenalkan diri dan menjelaskan kedatangan saya dia langsung menemui saya di ruang tamu studio. 

Darinya saya tahu kalo dia yang akan menemani saya on air. Saya sedikit kaget membayangkan suasana di ramadhan di radio sama dengan yang ada di TV, paling tidak penyiarnya pake kerudung meski nggak sempurna menutup aurat. 

Tapi yang saya temui justru tidak seperti itu! Sebelumnya sih saya dapaet info dari temen sekantor kalo di radio tsb memang miliknya orang nasrani. Tapi saya pikir toh acara menjelang buka ramadhan kan penyiarnya mesti muslim, kalo nggak apa ya nyambung!

Akhirnya waktu on air tiba! Saya ditemani mas Abdurrazak dari RZI. Tidak ada yang spesial dalam acara yang cuma 30 menit minus iklan! Semua running smoothly. 

Setelah selesai penyiar tersebut (aduh lupa ya namanya siapa?, dasar!) meminta saya untuk berbuka di studio. Di dekat ruang administarsi sudah disiapkan ta’jil dan dua kotak nasi. Saya sedikit heran karena kok nggak ada orang lain yang juga buka puasa! Mungkin udah duluan! Setelah sekedar makan kolak kami solat jamaah. 

Mas Rozak menyarankan makanannya dibawa pulang aja, saya sih setuju, dan kamipun pulang. Tapi sepanjang jalan saya masih berpikir kok sampe kami pulang sekitar 45 menit setelah lewat adzan magrib dan menjelang isya’ koq ngngak ada orang yang keliatan sholat, ah mungkin sudah duluan.

***

Suatu sore ketika mau acara on air di radio yang lain saya telpon Kukuh minta temeni dia soalnya dia kan dulu sempat jadi relawannya RZI, kebetulan sore itu dari RZI tidak ada yang bisa menemani saya. 

Saya cerita pengalaman di radio beberapa saat yang lalu, di ujung telepon si Kukuh bilang kalo penyiar yang nemeni saya on air ternyata katholik! 

Walaah.. pantesan nggak ikut buka puasa bareng! Dan Kukuhpun dengan semangat dia cerita kalo dia jadi nggak leluasa ngejeplak [ngomong sembarangan-soalnya nih anak kalo ngomong tentang konspirasi yahudi-nasrani atau kristologi pasti menggebu-gebu!] pas dia giliran on air!

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "Ramadhan @ Radio"!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.