Article

Insight From MAN 3 Jojakarta

Lain stella duce lain Mayoga! Mayoga menurut saya luar biasa (paling tidak jika benar-benar seperti yang disampaikan oleh Humas Mayoga pada rombongan MAN I).

Hal-hal yang membuat mereka mempunyai competitive advantage dengan sekolah lain adalah:

1. Mereka berani membuat segmentasi yang jelas tentang siswa yang masuk ke Mayoga! Menyadari bahwa ‘tidak mungkin’ bersaing merebut siswa-siswa pintar yang sudah ‘kepincut (tertarik) ‘ ke sekolah yang lebih dulu favorit. 

Mereka bisa menerima siswa dengan nilai UAN hanya 15. Luar biasa ada sekolah negeri di kota mau menerima NUN seperti itu. Dan merekapun berpresentasi ke daerah pesisir pantai utara yang secara ekonomi tergolong menengah ke bawah.

2. Menyadari hanya sebagian kecil alumninya yang melanjutkan kuliah mereka membuat dua program unggulan: Program Pengembangan Potensi Akademik yang bertujuan menyiapkan mereka yang mau kuliah dan Program Pengembangan Hidup Mandiri khusus bagi mereka yang tidak melanjutkan kuliah, ya seperti SMK dalam sekolah umum, karena mereka membagi beberapa jurusan bagi siswa yang memilih progran kedua ini: seperti teknisi komputer, tatabusana dan permebelan! Sebagian yang lulus selain mendapat modal kerja berupa mesin jahit merek a juga berkelompok untuk membuka usaha bareng.

3. Kegiatan olahraga dan kesenian tidak dimasukkan dalam kelas, tetapi dibuat ekstra (sore hari) dan setiap siswa sejak kelas satu dampe kelas tiga menekuni satu bidang saja, misalnya sepak bola saja atau main gitar saja. Dan setiap dua bulan ada pentas seni sebagi wahana penyaluran bakat ini. Total ada 15 cabang olah raga dan 15 cabang seni yang diajarkan dengan memanggil pengajar profesional.

4. Program unggulan lain yang cukup bagus menurut saya adalah pengelolaan perpustakaan yang ‘tidak seperti biasanya’ paling tidak untuk ukuran sekolah, pengelolan perpus seperti perpustakaan umum. Buku-buku pelajaran tidak tampak berkeliaran yang ada adalah buku-buku pengetahuan umum dan sastra justru yang nampak menonjol. 

Di majalah dinding diluar perpus informasi buku-2 terbaru dan resensinya plus gambar cover bukunya tercantum rapi. Pengunjung jadi tahu buku apa saja yang menarik untuk dibaca! Ruangan perpus yang tidak begitu besar dan koleksinya yang saya yakin belum sebanyak perpustakaan umum malang tapi bisa didayagunakan dengan baik! 

Terbukti mereka dapat juara I nasional untuk pengelolan perpustakaan sekolah. Tetapi yang paling asyik adalah adanya pelajaran penelusran dan peningkatan minat baca! Ini yang ada ditempat lain.

5. OSIS yang namanya disana DEWA (dewan siswa) hanya terdiri dari 9 orang. Tetapi mereka sudah mampu menjadi event organizer dari kegiatan-2 yang ada disekolah, seperti yang disebutkan diatas termasuk juga programh SKN (Sekolah Kerja Nyata), semacam KKN di perguruan tinggi Cuma waktunya 2 minggu dan hanya siswa02 pilihan saja yang dikirim ke suatu tempat untuk mengajar ngaji dan macem2 di desa yang dituju!

Nah begitulah sekilas MAYOGA… mudah-2an kami dapat mengambil spiritnya untuk menciptakan keunggulan yang lain!

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "Insight From MAN 3 Jojakarta"!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.