Article

Seberapa Taklid Dirimu?

 Kelak di yaumil hisab, semua orang diminta untuk mempertanggungjawabkan semua yang dilakukannya di dunia SECARA PRIBADI. TIDAK akan diterima alasan jika apa yang kita lakukan itu adalah semata-mata mengikuti orang lain, perhatikan cuplikan ayat berikut:

(Yaitu) ketika orang-orang yang diikuti itu berlepas diri dari orang-orang yang mengikutinya, dan mereka melihat siksa; dan (ketika) segala hubungan antara mereka terputus sama sekali. (Al Baqoroh:166)

Berkatalah orang-orang yang telah tetap hukuman atas mereka; “Ya Tuhan kami, mereka inilah orang-orang yang kami sesatkan itu; kami telah menyesatkan mereka sebagaimana kami (sendiri) sesat, kami menyatakan berlepas diri (dari mereka) kepada Engkau, mereka sekali-kali tidak menyembah kami.” (Al Qhoshos :63)

(Bujukan orang-orang munafik itu adalah) seperti (bujukan) shaitan ketika dia berkata kepada manusia: “Kafirlah kamu”, maka tatkala manusia itu telah kafir, maka ia berkata: “Sesungguhnya aku berlepas diri dari kamu, karena sesungguhnya aku takut kepada Allah, Rabb semesta Alam.” (Al Hasyr:16)

Saat ini sering kita jumpai banyak diantara kita sering dengan ngotot membela apapun dari orang-orang atau organisasi yang kita ikuti, tidak peduli apakah itu benar atau salah, “Right or wrong is my idol!” begitu kira-kira. Sebaliknya kita juga sering mati-matian menyalahkan pendapat orang lain – meskipun itu ada dasarnya – dan tidak menyisahkan sedikitpun di dalam ruang jiwa kita untuk berlapang dada dengan perbedaan yang ada. Kedua tindakan itu menurut saya adalah tindakan Taklid Buta yang sangat merugikan.

Berikut ini ada beberapa kuesioner, untuk mengetahui apakah kita termasuk orang-orang yang sangat taklid dengan apa yang kita yakini atau tidak. Hal ini semata-mata untuk kita jadikan cerminan untuk berbenah lebih baik. Mudah-mudahan bermanfaat!

 

JAWABLAH DENGAN JUJUR !

 

1. Apakah Anda mengetahui dengan baik latar belakang kehidupan orang yang anda ikuti pendapatnya?

a. Ya b. Hanya Sedikit c. Tidak Sama Sekali

 

2. Apakah Anda mengetahui bahwa orang yang Anda ikuti pendapatnya tersebut pernah melakukan pernyataan (berbuat) yang salah, menurut standar ilmu yang disepakati para ahli dibidangnya?

a. Ya b. Hanya Sedikit c. Tidak Sama Sekali

3. Apakah sikap Anda jika ada orang/organisasi lain yang menyerang pendapat orang yang anda ikuti – disertai bukti-bukti yang bisa diterima oleh ilmu yang telah disepakati?

 

a. Tidak masalah b. Marah c. Membela habis-habisan

4. Apakah Anda juga membaca dan mempunyai atau menyimpan buku-buku atau makalah yang isinya berbeda dengan pendapat yang anda ikuti?

 

a. Ya, selalu b. Kadang-kadang c. Tidak sama sekali

 

5 . Apakah yang Anda lakukan jika ternyata Anda mendapati ada pendapat lain yang disertai bukti-bukti yang sangat kuat tetapi bertentangan dengan pendapat yang Anda ikuti?

 

a. Mengikuti pendapat tersebut b. Mempertimbangkan c. menolak sama sekali

 

6. Apakah Anda pernah memeriksa (mengkaji ulang) pemahaman Anda saat ini dan mencoba untuk selalu mencari yang terbaik, darimanapun asalnya?

 

a. Ya, Selalu b. Kadang-kadang c. Tidak sama sekali

 

7. Apakah Anda menyebarkan (menyampaikan) begitu saja pendapat orang/organisasi yang anda ikuti kepada orang lain tanpa meneletinya terlebih dahulu atau memperhatikan latar belakang orang yang akan anda beri?

 

a. Tidak, saya teliti dulu b. Kadang-kadang c. Ya, tanpa pikir panjang

 

8. Jika Anda mendapati suatu kesalahan pendapat atau yang lainnya dari orang / organisasi yang Anda ikuti, apakah yang akan Anda lakukan?

 

a. Segera konfirmasi b. Pengin konfirmasi, tapi segan c. Tidak peduli

 

9. Apakah Anda mengambil pendapat orang lain (diluar organisasi anda) yang sesuai dengan orang/organisasi yang Anda ikuti?

 

a. Ya, pasti b. Kadang-kadang c. Tidak, kecuali organisasi melakukanya

 

10. Apakah Anda mengambil pendapat orang lain (diluar organisasi anda) yang sesuai dengan orang/organisasi yang Anda ikuti untuk ‘melawan atau menyerang’ pendapat orang lain yang berbeda?

 

a. Tidak b. Kadang-kadang c. Ya, pasti

 

  

****

JAWABAN:

  • Jika jawaban anda lebih dominan pada “A” maka Anda adalah tipe orang yang terbuka dan terus mencari kebenarnya yang hakiki.

  • Jika jawaban anda lebih dominan pada “B” maka Anda adalah tipe orang yang masih mudah terombang-ambing dengan banyaknya pendapat tentang sesuatu hal, tetapi hal ini memberikan kesempatan anda menjadi orang yang lebih terbuka.

  • Jika jawaban anda lebih dominan pada “C” maka selamat, Anda benar-benar orang taklid sejati!

  

NB: Jika Anda ingin menambahkan kuesioner di atas dipersilahkan, jika memang layak, maka akan saya tambahkan.

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "Seberapa Taklid Dirimu?"!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.