Article

MUHAMMAD HAFIDZ KRUZNOV

 (Arti Sebuah Nama)

Sodara-sodara sekalian, apa yang kira-kira terbayang di benak anda ketika mendengar nama di atas? 

Akan segera terlintas di benak anda seorang muslim keturunan Balkan (rusia, ato bosnia  atau yang lainnya) benarkan? 

Selain itu posturnya mungkin tinggi besar, kulitnya putih dengan wajah yang cukup tampan dengan dihiasi kumis dan janggut indah, dengan kepalanya memakai topi wool khas rusia..

Yaaap! Salah!

Muhammad Hafidz Kruznov adalah murid istri saya di sebuah smp di dearah yang paling tinggi di kota Jombang Jawa Timur! Dia baru duduk di kelas 2 smpn wonosalam! 

Dan dia anak teman sekantor istri saya, seorang guru senior bahasa inggris di smp itu.. Nah lho?! 

Iya saya sendiri juga agak terheran-heran pas istri saya cerita si hafidz. Dan sebenarnya namanya masih ada tambahan satu kata lagi ASMARA jadi: Muhammad Hafidz Kruznov Asmara, nah kalo saya tulis lengkap pasti anda tidak pernah berpikir bahwa dia anak orang rusia.

Geli?!

What’s name? 

Kata mbak Aida Vasya (anggota milis FLP)

Does it Matter?! Katanya lagi,

Ya,  jelas matter bagi yang me-matter-kan? (bahasa apa ini)

Iya memang terkadang agak geli juga memperhatikan seorang memberi nama anaknya,  di desa itu juga (tempat istri saya ngajar) nama anak-anak yang seusia smp ke bawah cukup keren-keren kedengarannya: REGI, AMERTO, SADA, Willy, (tau apa artinya!)

Cuman yang bikin geli lagi ada yang diubah namanya jadi SAFRUDDIN karena sering sakit-sakitan, menurut mitos sih katanya namanya terlalu berat! {emang ada nama yang berat?}

Soal ganti namapun, konon nama saya juga sempet di utak-atik, Karena alasan yang sama tapi alhamdulillah gantinya masih punya arti yang baik

What’s a name?!

Tante saya (almarhumah) yang dosen poltek unibraw memberikan nama anaknya Stephani Michelle Madona, pertama kali mendengar namanya. 

Wuah, kok ngebarat bangeeet! 

Lha wong tante saya asalnya cuman pasuruan dan om saya (almarhum) asli malang. Cuman dia emang pernah tinggal di ostrali pas ngambil MA-nya. 

Dan anaknya yang ketiga lahir di irian jaya (papua), katanya sih pas mau minta persetujuan suaminya mau berangkat lagi ke Ausie untuk s3. Eh malah melahirkan. 

Apa Karena nggak jadi ke ostrali lantas anaknya dinamain seperti orang ostrali?

Ternyata? Nama tersebut cuma plesetan dan gabungan beberapa nama. 

Stephani: Karena lahirnya pas Sabtu Pahing (hari pasaran jawa)… wah jadi keingat banyolannya ludruk Kartolo cs. Sedang Madona kepanjangan dari M=Milwanda (anak pertamanya, A=Ajeng (anak kedua), DO= Dody (nama suami tante), NA=Novy Amarin (Nama tante) hanya “Michelle” yang saya nggak tahu artinya.

Temen saya sekantor dulu juga punya anak namanya KEVIN MAHENDRA RAHMADITA, juga hasil plesetan dari Kamis Paing (KEVIN) dan RAHMADITA (Rahmad+Ita: nama teman saya+istrinya) 

Tetangga saya juga namanya JODI = singkatan dari JOKO dan maDIyah (namanya bapak+ibunya).

So what’s name?

Ada lagi yang memberikan nama anaknya berdasarkan momentum tertentu… teman sebangku smp saya namanya PIKO, soalnya lahir pas hari KOperasi dan kebetulan bapaknya yang ABRI lagi PIket. 

Ada lagi temennya ibu saya namanya JIBNOWATI, tahu nggak sejarahnya… Karena beliau lahirnya di dalam mobil JEEP ketika dalam perjalanan menuju RS..

Kakak ipar saya juga punya hobi menamai anaknya dengan momentum tertentu.. Anak yang pertama namanya ANTI PASYRIKAN = soalnya mas saya ngengkel kepada mertua untuk menikahi kakak ipar saya pas tanggal 1 SURO (Muharram), tentu saja orang di desa pada geger… tapi mas ngancam kalo nggak boleh, ya gak nikah

Nah lho!  

Ya. Akhirnya nikah juga pas tanggal 1 suro, untuk “mengabadikan perjuangannya” anaknya dinamakan seperti itu. Yang kedua namanya adalah IBRAHIM KRISMON ZAMANI: nah dah tahu kan, nggak usah saya jelas kan karena emang lahirnya ya pas lagi krismon. 

So what’s name?

Keluarga kakek dari ibu mempunyai nama yang cukup unik. seluruh anak laki-laki dari mbah buyut. mempunyai nama depan BLEDHUG (Gajah Kecil), sayang saya nggak sempat tanya sama mbah kakung ngapain mbah buyut memberi nama seperti itu?

But what’s a name? 

Ketika gerakan dakwah yang berasal di timur tengah mulai memberikan pengaruh kepada generasi muda di Indonesia, juga berakibat kepada anak-anak para aktivis.

Biasanya sih nama-namanya diambil dari nama-nama sahabat nabi SAW ato para tokoh-tokoh islam yang di kaguminya, tetapi tidak jarang yang “bikinan sendiri”, tetapi ada juga yang namanya pakai bahasa indonesia atau gabungan Indonesia dan arab misalnya BELA SYARIAT ISLAM (nama murid adik saya di sebuah SDIT di Jogja), atao ada yang sangat heroik MUHAMMAD GEMPUR SUHARTO (wah, syerem deh) atao juga MUHAMMAD TOMBAK ISLAM

Selain pemberian nama pada anak, pengaruh dari gerakan islam juga mengimbas pada penggantian nama aktivisnya. 

Misalnya teman-teman dari HTI mempunyai tradisi untuk mengubah nama atau tepatnya membuat nama samaran (tauriah) dan boleh memakai gelar ustad/dzah begitu mereka bersumpah untuk setia pada jamaah tersebut. 

Jadi jangan heran kalo anda melihat teman anda sekampus lebih dikenal dengan nama yang justru anda tidak mengenalnya, saya pun sempat keki ada teman sekelas yang dikenal dengan nama ustadz NAFI. 

Wah ternyata teman sebangku pas kuliah…. !

Tahukah anda, ada makanan yang bernama ROBERT atau ROSYAD?

Di jogja dulu kita suka memberi nama makanan khas jogja yang punya nama2 agak ndesani (udik) diganti dengan nama-nama yang keren

ROBERT adalah pengganti dari makanan yang terbuat dari singkong yang udah di biarkan berjamur lama ato yang lebih dikenal dengan GATOT dan Thiwul (sejenis makanan dari singkong kering yang dihaluskan seperti tepung kemudian di kukus) diganti dengan ROSYAD, biar agak keren gitu!

Ngomong2 soal makanan.

Teman saya tuh, produsen kue onde-onde kering yang terbelah katanya namanya ONDE_ONDE AYU. Tapi ketika tak tunjukin istri saya yang asal ngawi katanya kalo di Ngawi nama kue tersebut RONDO KEPLENGKANG (Rondo = Janda, Keplengkang = artinya? … wah… bisa di sensor sama moderator milis kalo saya jelaskan). 

Masih ada lagi yaitu kue RONDO ROYAL (sejenis tape goreng). dst

Tetapi siapa peduli, What’s Name?

Bagi penulis lain lagi ,

Anda mungkin pernah menjumpai buku-buku agama islam yang dikarang oleh AHMAD SUNARTO, dkk

Menurut seorang ustadz kenalan saya, ternyata itu adalah nama samaran Almarhum. KH Kholil Bisri (Semoga Allah SWT memberikan tempat yang terbaik bagi beliau). 

Kita juga tahu HARUN YAHYA, yang punya nama asli ADNAN OKTAR. 

Memang macam-macam alasannya. Ada yang ingin tawadhu’ ada yang sekedar menyembunyikan nama aslinya, ada yang, Apa lagi ya? 

Saya bukan penulis sih! 

(mohon tambahin sendiri… )

Tapi kenapa saya peduli, toh What’s name?!

Nah ketiga anak saya pun juga punya cerita yang berbeda-beda ketika memberi nama. Yang pertama, karena belum pengalaman J

 Saya hanya siap nama laki-2 tetapi begitu lahir ternyata perempuan, wah sampe dua hari nggak ketemu nama yang pas, sampe-sampe ayah saya marah-marah koq saya nggak nyiapin nama, apalagi kebetulan ayah jadi perangkat desa yang sekalian mau ngurusin surat kelahiran untuk buat akte.

Prinsip saya sih kalo bisa pake nama yang nggak banyak dipake orang biar mudah diinget tetapi artinya tetep baik! 

Aakhirnya setelah berpusing-pusing, ketemu deh nama NURIL KARIIM itupun sebenarnya hanya terjemahan nama saya dalam bahasa arab. 

Tapi kok kurang sreg, kalo nggak ada tambahannya jadilah istri saya mengajukan NADIA (tapi bukan terispirasi sama mbak asma nadia lho ? 

Cuman nama itu belum ada yang pake di lingkungan saya,  (walopun belakangan hari ternyata banyak anaknya temen-teman yang pake nama nadia).

Yang kedua, udah persiapan, eh tapi pas lahir, Laki-laki!

Nama-nama yang saya sodorkan, istri saya nggak ada yang cocok , udah deh akhirnya browsing ke internet dan ngumpulin nama-2….. 

Akhirnya ketemu 2 yang menarik, yang satu udah saya kenal Dayyan yah nama ini udah saya kenal sejak saya masih bujangan dan kerja di jogja. 

Waktu itu saya dapat bulletin jumat yang memuat nama itu.. di bulletin itu dikatakan Rasul SAW dijuluki Dayyan artinya penakluk sebuah negeri yang tidak merendahkan martabat dari warga negara yang ditaklukkan, Yah kayak ceritanya nabi sulaiman yang menaklukan ratu bilqis cs. 

Ttapi kalo menurut www.muslim-names.co.uk artinya Mighty Ruler

Wah asyik ini, akhirnya nama itu sering saya pakai untuk nickname kalo bikin email, daftar di ICQ dll , - jadi email saya di softhome sudah lahir sebelum anak saya yang kedua lahir -,

Yang kedua Dannish: artinya masih menurut situs di atas artinya wisdom. 

Nah keduanya tak ajukan sama istri, yah ternyata dia cocok Dayyan!

yah udah, tinggal cari sambungannya yang pas. Utak-atik sana-sini akhirnya ketemu Nashirul Haq = Defender of the truth , gitu kira-2 artinya!

Yang ketiga, juga ternyata harus kelimpungan. 

Cari nama padahal sebulan sebelum lahir sudah usg 2 (ato bahkan 3 kali) bahkan seminggu sebelum lahir juga di usg (maklum Karena harus di operasi, anaknya nggak mau lahir dng normal, posisinya melintang), akhirnya kami cari2 di internet

Sampe lahir juga masih nggak ada yang cocok! Bahkan sampe seminggu setelah kelahiran juga belum dapet! 

Setelah pulang dari rumah sakitpun, juga belum dapat yang pas! Padahal sudah mau aqiqoh (itu sudah hari ke 14) 

Setelah menimbang sana-sini akhirnya kami ambil kata-kata yang paling banyak masuk di hp kami melalui sms, misalnya 

"selamat datang mujahid kecil …" kata teman saya dari banyuwangi, 

….. semoga menjadi mujahid sejati

semoga jadi  pejuang agama dan pembela islam, 

…. dst

akhirnya kita beri nama Mujahid,  saran seorang ustadz, tambahan namanya memakai gabungan nama Allah tetapi yang bermakna “Gagah, Perkasa dst” seperti Abdul Aziz, Abdul Qowwiy,

Tapi rupanya istri suka yang bernada lembut, akhirnya di tambah Habiburrahman.

So what’s name?

Yang jelas for my children names are: hopes, wishes, prayer and identities

So do you still ask me what’s name?

* yang lagi rada-seneng

* malang, ramadhan 13, 1425h

PS: 

tak pikir-pikir ibu saya itu lucu ketika saya tanya mengapa saya dinamakan seperti sekarang, katanya sih nama saya sudah disiapin sebelum lahir  yaitu: "HARI"  

Tapi ternyata beberapa hari sebelum saya lahir, ada tetangga yang melahirkan dan memberi nama anaknya Hari! 

Akhirnya dari pada repot-repot, diplesetin sedikit, jadi Heri, biar nggak sama dengan anak tetangga!

Wah… ! 

Tapi kata istri saya sih itu sesuai dengan kondisi fisik saya heri dalam bhs inggris ejaannya HAIRY : berambut.

soalnya kalo saya nggak membersihkan muka saya seminggu aja.. maka rambut kumis, jenggot dan di pipi tumbuh kayak rumput liar

Aaduhhh!

NB: 

Untuk yang nama-nama yang saya sebut di atas, tidak ada maksud sedikitpun saya melecehkan nama –nama itu, saya hanya ingin memberi ilustrasi dari tulisan saya.

Kalo ada yang tersinggung mohon maaf yang sebesarnya, tapi paling tidak… nama anda jadi lebih dikenal orang kan? 

Eh… nggak maaf… cuman guyon 

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "MUHAMMAD HAFIDZ KRUZNOV"!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.