Article

Ke Apa Adaan Saat Ini


 

oleh: Andreas Pasolympia

(Copas dari WAG Pejalan Keajaiban)

Selamat siang, para sahabat keajaiban!

Saya ingin mengajak para sahabat semua untuk merenungkan dan mengenali "Ke Apa Adaan Saat Ini" atau hakikat kini di dalam diri kita, tepat di sini dan sekarang. Seperti yang dikatakan oleh Dogen, "Jika para sahabat ingin merealisasi Ke Apa Adaan Saat Ini, praktikkanlah keadaan saat ini secara langsung." 

Jadilah apa adanya, beristirahat tanpa menggenggam atau menolak pengalaman. Pendek-pendek namun sering. Apa adanya itu juga bukan hanyut ke emosi atau pikiran. Tapi apa adanya itu memberikan pelumeran kepada genggaman pikiran dan emosi, seperti es meleleh menjadi air. Karena hakekat pikiran dan emosi memang bebas, memang meleleh dan lumer dalam Ke Apa Adaan itu.

Pada saat ini, mari kita buka mata dan hati kita untuk mengamati keajaiban yang ada di sekitar kita. Dengan mengenali keberadaan kita di momen ini, para sahabat dapat memahami bahwa kehidupan ini penuh dengan kecantikan dan potensi yang tak terhingga.


Setiap langkah yang para sahabat ambil, setiap napas yang para sahabat hirup, mengajarkan kita untuk menyadari Ke Apa Adaan Saat Ini. Jangan biarkan kekhawatiran tentang masa depan atau penyesalan tentang masa lalu menghalangi kita untuk hadir sepenuhnya di dalam momen ini.

Mari kita berlatih menghargai kehidupan kita dengan sungguh-sungguh. Menghadapi setiap kejadian dan pengalaman dengan kehadiran penuh. Dengan demikian, para sahabat dapat mencapai kebijaksanaan dan kedamaian sejati.

Mari kita menjelajah bersama dan mengenali Ke Apa Adaan Saat Ini di sepanjang perjalanan kita. Jadikan momen ini sebagai titik awal untuk menghargai kehidupan dan menemukan keajaiban di setiap detiknya.

Selamat mengeksplorasi dan merasakan keajaiban yang ada di dalam dan di sekitar kita!

Terima kasih, dan semoga perjalanan kita penuh dengan kesadaran dan kebahagiaan.

Berkah mengalir selalu,


Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "Ke Apa Adaan Saat Ini"!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.