Article

Curriculum Vitae : Heri Mulyo Cahyo

Live, Love, Learn and Leave a Legacy

Halo, saya, Heri Mulyo Cahyo.

Untuk mengetahui tentang saya, kalian cukup ketikkan nama saya di Google, serius! Saya alumni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan jurusan Bahasa Inggris, Universitas Jember tahun 1996.

Selepas kuliah saya langsung bekerja di lembaga pendidikan yang mengharuskan saya untuk bisa berbicara di depan publik, suatu hal yang sangat saya selalu membuat saya berkeringat. Tetapi, karena saya harus melakukan itu maka akhirnya membuat saya menjadi “ketagihan” untuk berbicara di depan forum.

Pekerjaan saya saat itu menuntut saya mengunjungi sekolah-sekolah di pelosok Jawa Timur dan sebagian jawa Tengah dan Daerah Istimewa Jogjakarta, dan memberikan kuliah motivasi pada para siswa SMA yang hendak lulus.

Tuntutan lain dari pekerjaan saya adalah saya harus selalu belajar dan mempelajari hal-hal dan keterampilan baru.



Saat saya masih belum menikah, saya banyak menghabiskan waktu berjam-jam di depan computer untuk belajar software baru dan mampu mengajarkannya.

Selain belajar beberapa aplikasi standar, saya juga mempelajari internet. Jadi sepulang dari kantor, hamper tiap malam terutama akhir pecan saya pergi ke Warung Internet, yang harga sewa per-jamnya adalah 15 sampai dengan 20 ribu, itu sekitar tahun 1998-2000 . Jadi sebagian besar gaji saya saat itu habis untuk beli buku dan belajar hal baru di Internet.

Saat bersentuhan di internet itu, saya mulai menyalurkan bakat menulis saya dengan bergabung di beberapa mailing list (milis) dan forum-forum diskusi. Kebayang rutinitas saya saat itu adalah, hari ini browsing di internet tentang topic-topik diskusi yang ingin saya tanggapi. Sesampai di rumah saya menulis beberapa tulisan tanggapan dan pada ke esokan harinya saya posting di mailis dan forum diskusi.

Selain aktif menulis di forum, saya juga menjadikan internet untuk mencari bahan tulisan – terutama tentang teknologi – dan saya kirimkan ke majalah atau tabloid. Lumayanlah honornya bisa untuk membayar sewa di warnet.

Pada tahun 2003, saya lupa kejadian tepatnya, saya mulai aktif di forum lingkar pena, dan tidak berapa lama saya ditunjuk menjadi Pembina sampai sekarang! Wah sudah 17 tahun – ternyata!

Tahun 2005, saya mencoba membuat blog pribadi, tetapi karena waktu platform yang ada masih cukup ribet menurut saya, sampai pada permulaan tahun 2007 saya mengenal Wordpress dan mulai membuat blog pribadi saya, dan menuliskan apapun yang ingin saya tulis disana.

Saat itu adalah masa kejayaan blog, maka tidak heran ketika ada banyak perkumpulan blogger, biasanya sesuai minat : missal blogger otomotif, blogger travel , selain itu juga ada perkumpulan blogger berdasarkan daerah, blogger Malang, blogger Surabaya.

Tahun 2007, bersama seorang blogger yang suka desainer web dari Bandung, kami membuat perkumpulan blogger lintas platform, lintas minat dan lintas daerah bernama Indonesian’s Beautiful Sharing Network (IBSN). Dalam waktu singkat ratusan blogger bergabung dalam IBSN. Bersama IBSN kami menggagas berbagai event lomba menulis dan juga memilih beberapa tulisan blogger yang menginspirasi dan juga penggalangan dana social.

Menjadi blogger membuat saya dipertemukan dengan berbagai orang dengan berbagai latar belakang profesi yang sama-sama “berprofesi” sebagai blogger, salah satunya adalah Professor Ewa, sang tukang kompor menulis (TKM) yang akhirnya saya juga mendapat gelar TKM dari teman-teman blogger. Teman-teman sesama blogger tidak jarang bertemu atau yang sering disebut KOPDAR (Kopi Darat)

Menjelang tahun akhir 2010, kejayaan blog semakin pudar dengan hadirnya Facebook. Dengan adanya fitur “notes” pada facebook, menjadikan banyak blogger berpindah ke facebook, selain itu facebook juga mempunyai banyak fasilitas seperti Grup tempat diskusi dan berbagai fitur lain.

Pada tahun itu pula saya mulai belajar mendapatkan uang atau yang lebih keren disebut internet marketing – melalui yang gratisan hingga membeli kursus online, dan menghabiskan ratusan hingga jutaan rupiah. Tetapi belum mendapatkan pemahaman yang baik dan maksimal.

Sampai pada suatu ketika saya bertemu dengan Agus Piranhamas – melalui komentar di blog saya, dan akhirnya kami sepakat untuk bertemu.

Dengan pertemuan sekitar 3 jam di rumahnya, akhirnya saya memahami mater-materi yang pernah saya pelajari melalui kursus online. Satu hal yang menarik diajarkan oleh Agus Setiawan adalah, Kalau ada yang gratis (untuk mencari uang lewat internet) mengapa harus yang berbayar. Dia juga mengajarkan bagaimana memanfaatkan berbagai platform yang ada di internet, mulai mailinglist, forum diskusi, media social sebagai sarana untuk mempromosikan jualan kita.

Dari pertemuan itu juga saya membuat peta konsep (MindMap) dari ilmu internet marketing yang dia ajarkan, dan akhirnya peta konsep ini dikembangkan dan diupdate oleh murid-muridnya hingga sekarang.

Berbekal ilmu dari Agus Piranhamas tersebut, maka saya menjadikan blog yang sebelumnya hanya berisi berbagai macam tulisan yang jumlahnya mencapai seribu lebih, sebagai media untuk promosi berbagai produk. Selain itu saya juga mulia membuat banyak blog dari berbagai platform untuk media jualan. Berbagai macam produk, mulai produk digital dan afiliasi dari produk tersebut, sepatu bordir. Pelatihan online hingga jasa penulisan Curriculum Viate/Resume, Personal Statement hingga Ghost Writer. Seiring dengan naiknya popularitas dari facebook, maka pada tahun 2011 saya besama beberapa teman facebook atau yang kami sebut Jamaah Fesbukiyah, membuat sebuah komunitas menulis bernama Proyek Nulis Buku Bareng (PNBB) yang beranggotakan mulai mahasiswa, dosen hingga eksekutif perusahaan nasional.

Bersama komunitas ini kami menghasilkan beberapa buku cetak dan memotivasi para anggotanya untuk menerbitakan puluhan ebook. Beberapa orang dari anggota PNBB berhasil menjadi penulis produktif bahkan ada yang sekarang menjadi penulis naskah serial komedi situasi (Sitkom) di televise nasional. Karena beberapa pegiatnya sibuk dengan kegiatan masing-masing dan klien dari usaha penulisan resume dan jasa ghostwriter semakin menyita waktu akhirnya komunitas tersebut vakum dalam waktu yang cukup lama.

Hingga akhirnya pada saat pandemic melanda Indonesia dan sebagian dari kami dituntut untuk bekerja dari rumah, beberapa orang berinisiatif membuat komunitas menulis baru lagi dengan nama OrangRamai.

Di komunitas ini kami membuat grup Facebook, Website dan juga kanal video di Youtube. Dan mulai saat itu juga saya dan teman lainya juga mulai mengembangkan sebuah kanal yang merupakan trahsformasi dari materi dari situs Jobhuntingcenter.com yang kami kelola sejak tahun 2014.

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "Curriculum Vitae : Heri Mulyo Cahyo"!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.