Article

Jenis Jenis Mastah

Lama gak nulis agak panjangan dikit, sekalian biar lancar lagi nulis panjang

Nah, kali ini akan membahas tentang jenis Mastah menurut saya. 

Tetapi sebelumnya saya jelaskan, meskipun istilah "mastah" yang merupakan bahasa slang/prokem bagi mereka yang digelari master (pakar) dalam bidang tertentu.

Saya mengenal istilah ini biasanya dikomunitas internet marketing (imers)..namun bahasan saya tentang mastah kali ini tidak spesifik di dunia imer tetapi untuk semua bidang..

Kemudian mengapa saya pakai istilah jenis bukan tingkatan atau level? Karena menurut saya memang ada orang orang yang dari sononya jenisnya memang begitu..mereka gak mau meningkatkan kualitas nya..makanya saya istilah jenis.

Oke berikut jenis Mastah menurut saya.

1. Mastah KW 3 : 

jenis ini baisanya bukan orang yang mahir dan bisa mengajarkan bidang yang 'dijualnya" .. sama sekali apalagi mengajar dan memcetak murid murid yang handal..tidak mungkin.. tapi ada yang bilang dia kok suskes..nah kalo masalah sukses (materi) itu kadang gak terkaiat dengan kompetensi dengan bidang ilmu yang dia jual. 

Ada banyak kasus orang sukses (materi) bukan karena kompetensi jabatan atau label yang dia sandang tetapi dia memang punya kecerdasan atau komptensi lainnya, yaitu ngglibet atau ubet comotence.. bahasan tentang itu lain waktu aja.

2. Mastah KW 2 


ini jenis mastah yang cuma bisa mengausai suatu skill buat dirinya sendiri..dia nggak bisa menjelaskan, menerangkan apalagi mengajarkan dan membuat panduan.

3. Mastah KW 1  


ini mastah yang menguasai satu bidang dan bisa memgajarkan saja..perkara muridnya paham atau tidak terserah..memang ada yang terbantu dengan apa yang dia ajarkan tetapi baisanya gak banyak..dia bisa buat panduan, tutorial buku manual tapi terserah mau paham atau tidak..

4. Mastah  


ini mastah yang pandai dibidang tertentu mampu menyederhankan ilmu yang rumit mampu mengajarkan dan mendidik orang jadi menguasai ilmu tersebut, tetapi dia tidak terlalu suka jika muridnya "menjual' atau "menyebarkan ilmu yang diajarkan" , bahkan kalo perlu melarang bahkan mencegah dengan cara halus atau kasar jika muridnya sampai berani jualan ilmu darinya, adakah orang sperti ini? 

Ada saya pernah menemui juga..

5. The Real Mastah 


ini seperi yang nokor 4, tetapi dia justru support full jika ada mutid muridnya yang pandai dan mendorong mereka untuk maju danberkembang jadi mastah baru, baik dari ilmu yang diajarkan atau bahkan variannya. Bahkan tidak segan segan mastah ini mempromosikan murid nya bahkan meminta muridnya menggantikan dirinya atau satu panggung denganya.
Bagaimana menurut anda

Pernah menjumpai salah satu atau semuanya?

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "Jenis Jenis Mastah"!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.