Article

Kisi-Kisi Materi Karya Tulis Ilmiah Bagi Siswa SMP - MTs



materi karya ilmiah smp mts

Materi Karya Tulis Ilmiyah untuk SMP/MTs Beberapa waktu lalu mungkin temen-temen ingat ketika saya “Sempat Tanya” tentang materi apakah “yang pantas dan layak di ajarkan pada siswa SMP/MTs untuk pelajaran Karya Tulis Ilmiah?”

Status itu berkenaan dengan tugas anak saya yang saat waktu itu kelas 8 (sekarang kelas 9) – yang diberi tugas membuat karya ilmiah yang berdasarkan dari “hasil penelitian” (atau percobaan atau sejenisnya – kebetulan anak saya membuat percobaan membuat kulit buah naga menjadi selai)


Bagi saya bukan masalah percobaannya, tetapi tentang “pelaporannya” yang membuat saya “rada shock” karena panduan yang dipakai adalah milik universtitas ternama di Malang bagi siswa S-1 dan pasca sarjana… jadi harus ada BAB I – yang isinya latar belakang, dan sedikit teori – kemudian BAB II yang isinya tentang landasan teori, BAB III Metode penelitian, BAB IV isinya hasil penelitian dan BAB V, kesimpulan dan saran serta daftar pusataka. Dan minimal laporan yang dibuat itu sebanyak 15 halaman…


Tuing..tuing… anak saya sempat sambat dengan tugas itu.. namun untungnya dia bias mengerjakannya “dengan sukses” hehehe…


Bagaimana caranya?


Gampang aja, dia ijin gak masuk pondoknya dan mendekam di rumah selam 3 hari, kemudian buka laptop dan nyambung ke internet kemudian googling sana googling sini, baca sana sani, ambil dan salin paragraph sana-sini, kemudian tempel sana sini.. dan…. Jadilah laporan karya ilmiah untuk akhir semester ..


Wah… mantap juga ini anak


Tapi jujur saya sedih juga melihat hasil – sal-tem-nya (copas) – lah kadang ada yang gak nyambung antara paragraph satu dengan paragraph di halaman baliknya… wkkwkw


Nah, akhirnya saya kepikiran… bagaimana sih sebaiknya kisi-kisi materi pengajaran Karya Tulis Ilmiah buat anak-anak di SMP/MTs?


Sebelum menjelaskan menjelaskan materinya, sebaiknya saya jelaskan dulu Tujuan Instruksional Khusus (TIK) atawa hasil akhir dari pengajaran KTI buat siswa SMP/MTs – tentu saja ini versi saya loh.


Bagi saya permasalahan utama bagi sebagian besar siswa dan juga mahasiswa di Indonesia pada umumnya (maapken saya kalo terkesan menggebyah uyah alias pukul rata – tetapi ini dari pengalaman saya beberapa di rental dan dapat bagian ngetik skripsi, thesis dan juga disertasi) adalah RENDAHNYA KEMAMPUAN MENULIS –


Ya, kemampuan menulis siswa dan mahasiswa kita ini rendah, jangankan untuk menulis karya ilmiah, diminta membuat laporan kunjungan wisata saja saya yakin banyak yang belepotan nulisnya… gak percaya.. coba saja kalo anda punya siswa/mahasiswa suruh nulis tuh laporan mereka selepas liburan akhir semester… gak usah-banyak banyak 1000 kata saja (kurang lebih 2-3 halaman kertas A4) dan lihat hasilnya – heheh.


Melihat kenyataan pahit ini (hahah lebay banget) – maka usulan saya hasil akhir yang diharapkan dari pelajaran KTI adalah : SISWA MAMPU MENULIS TULISAN SEMACAM TULISAN ILMIAH POPULER


Mengapa ilmiah popular?



pelatihan karya ilmiah bagi smp mts



Karena ilmiah pupoler lebih nyaman dibaca dan siswa gak perlu diribetin dengan aturan-aturan menulis yang harus begini begitu, selain itu dengan tulisan ilmiah popular – siswa bisa menggunakan bahasa yang lebih fleksibel, tidak perlu takut dengan aturan tata bahasa yang baku.


Seperti apa tulisan ilmiah popular itu?


Ya, seperti tulisan-tulisan di majalah national geography atau tulisan yang ada di intisari, reader digest yang membahas berbagai macam tema, dari masalah teknologi, dunia tumbuhan, hewan atau yang “lebih berat” dari itu.


Nah, sudah jelas khan tujuan akhirnya?


Kalo belum jelas kebangeten sekali saya ini, menulis sampe orang lain gak paham yang saya maksudkan wkwkwk.


Oke baik sekarang apa saja kisi-kisi materinya?


#1 : Membaca Tulisan Ilmiah Populer:


Sumbernya dari berbagai macam sumber, bisa majalah, laman internet, atau buku-buku sains yang disajikan dengan renyah dan ringan seperti Komik Quark (map nyebut merek) . pilihan bacaannya bebas sesuai minat masing-masing siswa. Yang suka teknologi computer, ponsel, atau apa saja silahkan, yang suka tumbuhan dan tanaman bisa baca trubus (eh masih ada gak ya), yang suka perjalanan petulangan silahkan natgeo, bebas..terserah asalkan mengasyikkan mereka.


Namun syaratnya HANYA SATU: pada tahap ini siswa hanya boleh baca tentang satu tema saja, kalau yang suka perkembangan teknologi ponsel, maka dia hanya boleh baca-baca tentang hal itu.


Berapa kali pertemuan untuk materi pertama ini?


Batasannya bukan pertemuan, tetapi minimal mereka harus baca artikel tentang bidag yang diminati minimal sebanyak 10 artikel (lebih banyak malah dianjurkan) dalam waktu misalnya satu minggu atau 2 minggu.


#2. Mindmap


Siswa diberi pelajaran tentang bagaimana membuat mindmap.. dan bagaimana aplikasinya untuk membuat rangkuman dari buku artikel yang dibaca – juga bagimana membuat kerangka menulis (atau poin-poin sebuah tulisan).


#3. Membuat Rangkuman


dari bacaan yang paling dia suka. Misal dia membaca 10 artikel, ada dua artikel yang dia suka, maka dia buat dua rangkuman dari masing masing artikel itu. Dia bisa memanfaatkan mindmap yang dia buat saat membaca artikel tadi


Untuk kegiatan ini bisa diulang beberapa kali, dan bisa juga dengan tema berbeda kalau mereka mau ganti tema.


#4. Brainstorming Ide Tulisan


setelah anak-anak sudah terbiasa membuat rangkuman hasil membaca mereka atas beberapa tulisan dan mungkin juga beberapa tema.. maka saatnya pembimbing mengajak mereka melakukan – brain storming (curah gagasan) – tentang ide –ide apa yang bisa mereka tulis dari membaca sekian banyak artikel itu.


Brain storming ini bisa dibuat berkelompok sesuai minat siswa.. yang suka teknologi kumpul jadi satu, yang suka biologi/tanaman – kumpul jadi satu dan seterusnya.


Hasil akhir dari brain storming ini, mereka menemukan sebuah ide atau tema untuk dijadikan tulisan.


#5. Mindmap Kerangka Tulisan


setelah menemukan ide atau tema tulisan mereka membuat mindmap yang berisi bahan (poin-poin) apa saja yang akan dituliskan dalam tulisannya nanti. Mereka bisa mendiskusikan dengan teman satu grupnya seberapa banyak poin poin yang akan dibahas.



kisi kisi pembinaan karya ilmiah



#6. Riset Bahan tulisan


Setelah mindmapnya jadi, maka riset yang dilakukan adalah – mencari artikel-artikel yang terkait dari masing-masing poin tulisan, sebaiknya jangan terlalu banyak artikel untuk masing-masing poin, yang jelas ada referensi pendukung.


Mengapa tidak perlu banyak referensi? Karena target utamanya bukan membuat mereka semakin sulit menulis, tetapi mengajari mereka menulis berdasarkan referensi.


#7. Merangkai Hasil Riset


setelah bahan sudah dikumpulkan mereka diminta membuat tulisan dari hasil riset tadi menjadi artikel yang utuh.


Jangan pernah mengkritik hasil tulisan pada tahap ini, karena ini tahapan pertama..karena targetnya adalah mereka bisa menulis dari berbagai bahan yang mereka kumpulkan


#8. Presentasi Tulisan


tulisan sebaiknya berkelompok dulu, tapi jangan lebih dari 3 orang, tetapi jika ada yang sudah bisa mandiri – dipersilahkan.


Presentasi hasil tulisan ini, dengan cara mempublikasikan tulisannya via media social, baik berupa blog, facebook note, atau bahkan bisa dicetak jika ada dana.


#9. Umpan Balik


masing-masing siswa memberikan umpan balik yang positif untuk perbaikan tulisan temannya


Bagaimana umpan balik positif itu?


Misalnya, jika ada yang merasa kalimat yang terpapar dalam artikel itu kurang efektif atau mbulet alias berbelit-belit, maka jika ada yang bisa membuat lebih ringkas dan sederhana – maka mereka dipersilahkan mempublikasikan hasil revisinya pada kolom komentar (kalau via facebook atau blog).


#10. Revisi


– jika memang ada umpan balik baik dan pantas dijadikan untuk perbaikan dari artikel yang ada..maka siswa tadi membuat revisinya – dengan cara MEMBUAT POSTINGAN BARU bukan mengganti postingan yang sudah ada.. fungsinya apa? Agar teman yang lainnya bisa mengambil pelajaran dengan membandingkan antara sebelum dan sesudah direvisi.


Nah, itu materi dasar-nya – setelah kegiatan ke #10 tadi selesai , maka bisa mengulang lagi mulai kegiatan ke #5 sampai dengan ke #10 untuk membuat tema baru.


Pada tahap selanjutnya jika memang ada tulisan siswa yang bagus dan orisinal idenya, Pembina bisa menyarankan mengirimkan ke media masa baik offline atau online.. atau dikirim ke portal-portal khusus yang membahas sesuai tema dari tulisan


Saya kira itu gambaran materi Karya Tulis Ilmiah (KTI) buat siswa SMP/MTs – jika ada masukan silahkan.. jika manfaat silahkan digunakan dan dimodifikasi sesuai kondisi – tidak perlu ijin ke saya lagi.


Selamat mencoba!


***


Ngalam, 21 November 2017


Catatan: Ilustrasi gambar sengaja dibuat seperti ini agar anda tertarik hahaha




Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "Kisi-Kisi Materi Karya Tulis Ilmiah Bagi Siswa SMP - MTs"!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.