Article

To Live and Die [TLAD] @ SMANELA # 12 : Andai Celana Bisa Bicara

 Pagi itu tak seperti hari-hari biasanya Zainal datang lebih awal.  Eric, partner sebangku dan teman senasib dalam urusan telat dan bolos sekolah, belum juga datang. Jam dinding di kelas hampir menunjukkan pukul tujuh kurang sepuluh  menit. Sebentar lagi bel masuk berbunyi.

Zainal masuk kelas dengan cengengesan, seperti biasa, dia hanya membawa dua buku tulis yang dilipat dan dikantongin di saku belakang celananya. Memang hanya ada dua di SMANELA siswa model seperti itu, tidak pernah bawah tas dan buku paket ketika sekolah, cukup buku tulis untuk  hari itu dan sebatang pulpen, kadang juga gak bawa minjem atau nyomot punya temen.

“Wah tumben dirimu datang pagi sekali Zen….!” sapa Ipan pada Zainal yang tidak langsung duduk di bangkunya – tapi muter-muter dulu ke bangku temen-temennya.

“Tapi, kalo kamu datang awal terus datangnya, ntar rekor  buku pelanggaran telatnya siapa Zen?” ledek Pairi yang tahu rekam medis -  eh rekaman pelanggaran di kantor  piket .

Zainal cuman senyum-senyum aja..

“Gak-e Zen, kamu senyum-senyum dari tadi emang sudah tambah ngganteng apa..?.” Ipan ngeledek Zainal lagi.

“Iyo, iki.. biasane datang kayak setan -sluman-slumut- gak pake senyum-senyum.. eh ini kok beda..?” kata Pairi lagi.

“Woiiii… nih… cap jempol  bagus buat celana baru,….” kata Dadang yang baru datang dari Kantin Sekolah, tangannya masih agak berminyak karena sudah menghabiskan beberapa gorengan pisang, tahu, tempe dan weci…

“Waduh Dang jangan … khan mbekas di celana…. “ seru Zainal terkejut.

“Walah Zen, celana baru toh? Pantas senyum-senyum… . wah selamat deh…..” kata Ipan yang baru  menghapus papan tulis dan tanngannya berdebu putih langsung diusapkan ke celana Zainal.

“Oitt..Pan.. kurang ajar kamu….” kata Zainal mencoba meninju Ipan. Tapi dengan sigap si Ipan udah ngeles duluan.

“Teeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeettttttt” bel masuk sudah meraung. Anak-anak segera bergegas ke tempat duduknya masing-masing.

Pelajaran jam pertama Akuntasi, yang ngajar Pak Faruk, anak-anak gak berani celometan.  Zainal masih duduk sendiri.

“Tok..tok..tok…tok..” terdengar pintu di ketuk.

Sejenak kemudian pintu terbuka. Dari balik pintu terlihat wajah Eric penuh keringat, bajunya yang tipis dan kedodoran juga penuh keringat, jadi persis seperti orang baru mandi tanpa lepas baju!

Dia melangkah ke meja Pak Faruk sambil menyerahkan kertas buram kecil [tanda bahwa dia telah lapor ke guru piket] sebagai tiket untuk bisa mengikuti pelajaran pertama. Pak Guru cuman menerima tanpa membacanya, soalnya dia sudah hapal dengan kebiasaan muridnya yang satu itu. Dengan wajah penuh sesal – emang wajah Eric selalu nampak penuh sesal dan rasa bersalah baik datang telat maupun tidak, jadi emang wajahnya ga gitu itu nggak dibuat-buat – dia segera duduk di bangku depan pojok kanan dekat pintu masuk.

Zainal cuman cengar-cengir   ngeliat Eric telat, soalnya dia juga biasanya telat,  jadi kali ini dia bisa benar-benar menikmati bagaimana nyamanya menyaksikan teman sebangkunya telat.

“Kok kamu datang duluan Zen?” tanya Eric setengah berbisik pada Zainal.

“Habis ngimpi… semalam!” jawab Zen sekenanya.

“Ha..? Ngimpi sama sapa Zen? Kok nggak bilang-bilang?” seru Eric, agak keras..

Ipan yang duduk di balakang Eric menendang bokong si Eric, memberi tahu kalo dia ngomongnya kekerasan. Seisi kelas mengarahkan pandangan matanya pada Eric dan Zainal.

“He, kamu baru datang sudah berisik…!” tegur Pak Guru.

Eric segera merundukkan tubuhnya yang jangkung, seperti kura-kura menyembunyikan kepala ke dalam cangkangnya, cuman karena Eric badannya kurus dan tinggi jadi  ya nggak cocok kalo dianalogikan dengan kura-kura. Lha tadi siapa yang bilang Eric kayak kura-kura.. ?

“Kamu ngimpi sama sapa Zen?” tanya Eric lagi kali ini dengan berbisik.

“Kamu mau tahu aja !” elak Zainal sambil pura-pura ngerjain soal Akuntasi yang dia tidak tahu harus ngejawab apa, soalnya kalo pas ujian akuntansi biasanya dia minta contekan sama si Hindro yang duduknya di bangku belakang. Kok bisa ya minta contekan ke belakang? Ya ndak tahu wong saya juga nggak dikasih tahu. Katanya kalo saya di kasih tahu ntar ditulis di facebook ama blog. Khan gawat, ntar banyak yang nyoba tekniknya, nah kalo banyak yang nyoba berarti sama dengan menyebarkan kecurangan, kalo banyak nyebarkan kecurangan ntar ditangkep KPK. Walah kok sampe ke KPK segala!

“Ya paling sama si itu khan?” Eric mendesak.

“Ye .. salah..!” jawab Zen agak sengit

“Trus… Ma Sapa?” lagi-lagi Eric mendesak

“Ehm Pak Karyadi…!” Jawab Zen enteng

“Astagfirullah…..!” seru Eric kaget sampe ampir jatuh dari tempat duduknya, untungnya segera ditangkep Wawa yang mau maju ke depan ngerjain tugasnya Pak Faruq.

“Lho Ric, kenapa?” tanya Wawa

“Nggak Papa.. belum sarapan aja..” jawab Eric. “Bener Zen?” tanya Eric penasaran. “Gawat kamu.. harus dipriksakan ke psikolog.. “

“Lha iya.. bener.. wong aku ngimpi pas bolos sama kamu ketangkep lagi.. nah aku udah janji, nggak akan telat, akan datang pagi trus nggak bolos lagi.. gitu Ric!” jelas Zainal panjang pendek.

“Oo gitu ya.. hebat sekali mimpimu… sampe bikin kamu insyaf..” ledek Eric

“Ya begitulah, habis gimana lagi.. udah janji masuk pagi… ntar kalo ngimpi lagi trus ditagih gimana?” jawab Zen serius. Padahal aslinya  Zen pengin datang pagi biar banyak yang tahu kalo celananya baru, terutama si Eric.  Itu Aja! Kenapa harus tahu? Soalnya celana dia tuh sudah robek –atau tepatnya dibuat robek dengan cara kalo duduk pantatnya digesekin ke tempat duduk di taman di depan kelas yang terbuat dari semen pas siang hari yang panas.

Kok pake dirobekin segala?

Ya, soalnya waktu itu lagi ngetrend celana dirobek-robekin, terutama bagian pantatnya. Nah kalo robek ada alasan untuk ditambal. Ditambalnya macem-macem, bisa pake logonya grup musik favorit kayak rolling stone dengan lidah menjulur itu, atau juga dengan tulisan S milik supermen, atau yang seru lagi dikasih logonya Batman gambar kelelawar kehujanan terus dijemur. Nah kalo nggak nemu logo atau gambar menarik, cukup ditempelin pakai plester pembalut luka merek Tensoplast.

Lantas buat apa sih ditembel-tembelin gitu, pake tensoplast lagi?

Apa biar ketahuan kalo bokongnya ada bisulnya?

Iya kali?

Saya sendiri juga sudah lupa kenapa?

Yang jelas, para guru sudah nggak sekali-dua kali merazia agar anak-anak menambal atau menjahit dengan jahitan yang benar, bukan dengan tambalan-tambalan yang tidak diperkenankan sekolah. Tapi sekali lagi himbauan dan larangan tinggal himbauan. Seperti kata Dayyan – anak saya  “Semakin dicubit semakin tertawa..” lha kok jadi cerita Dayyan – khan belum lahir waktu itu – hehehe J

90 menit berlalu, pelajaran Akuntasi juga berlalu. Pergantian pelajaran, seperti biasa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Zainal dan Eric untuk keluar, mencuci muka dan rambut biar terlaihat basah dan fresh – maklum waktu itu belum ngetrend jel buat menata rambut, adanya cuman klerek.

Tahu klerek khan?

Itu tuh sejenis buah-buahan liar,  biasanya dipakai si Embah untuk membilas kain batik setelah dicuci, fungsinya agar setelah dijemur kain batiknya kaku dan mudah distrika. Nah, bagi sebagian anak yang ingin bergaya rambut model Punk Rock , klerek yang berefek membuat kaku kain, dipakai untuk membuat kaku rambut.

Caranya?

Basahi rambut kemudian, oleskan ke rambut, sebelum rambut kering bentuk sesuai dengan keinginan. Mau model buntut tikus atau sapi, atau bahkan buntutnya kelinci bisa, asalkan rambutnya mendukung. Setelah itu keringkan, kalo ada hair dryer lebih baik, kalo nggak ada minta teman-teman sekelas niup rambut bareng-bareng sehingga cepat kering. Semakin bau mulutnya semakin cepet keringnya.. hihihi.

Nah selama keluar itu, sebenarnya Zainal sudah berusaha menarik perhatian agar Eric memperhatikan celana barunya, dan dia mendapat apresiasi yang layak.. tapi kok sialnya Eric tidak tahu dan paham maksud Zainal.

Jam, berikutnya pelajaran bahasa Jerman

Wah pelajaran yang paling disenangi sama Zulfikar dan Ida, soalnya pas lulus sekolah Ida tuh daftar ke jurusan bahasa Jerman di IKIP Surabaya sana. Nah tetapi pelajaran bahasa Jerman ini tidak begitu disukai oleh Zainal dan Eric, pasalnya kedua anak ini selalu mendapat rangking teratas dari bawah. Ya, kalo jumlahnya anak sekelas 38, Eric kadang dapat rangking 36 Zainal Ranking 37 atau 38 atau sebaliknya. Sebenarnya kalo selalu pas dapat contekan pasti dapat nilai lebih bagus, cuman masalahnya Bu Guru-nya nggak percaya kalo kedua anak ini dapat bagus, jadi pasti pas pembahasan ujian di suruh ke depan, nah sialnya mereka nggak bisa, jadi daripada di suruh maju nggak bisa ngerjakan mending menolak contekan. Iya menolak contekan, sampe yang memberi contekan frustasi membujuk agar kedua anak itu menerima contekannya. Tapi mereka bergeming! Lebih baik nggak nyontek daripada di suruh maju ke depan kelas! Lebih baik tidur di bangku dariapada tidak tidur!

“Teeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeet,” bel istirahat berdering.

Seperti yang diceritakan sebelumnya, kwartet Eric – Zen, Ipan – Pairi – segera melesat, melintasi kerumunan anak-anak yang sedang keluar dari kelas untuk istrirahat, targetnya cuman satu, mencapai Aula sebelum ada orang lain yang kesana. Kemudian menyelip diantara sempitnya pintu besi aula yang dikunci, dan setelah itu main olah raga ekstrem: SEPAK BOLA TUTUP KALENG [ baca cerita serunya di serial TLAD @ SMANELA: yang judulnya Extreme Sport – silahakan bongkar catatan yang lalu atau meluncur di ini]

Saat main pun sebenarnya Zainal sudah berusaha menarik perhatian Eric agar dia tahu kalo celananya baru. Caranya setiap kali Eric menggiring tutup kaleng Zainal selalu meloncat-loncat setinggi muka Eric, karuan saja Eric bersungut-sungut,

“Zen, kalo maen jangan gitu… kamu nggak mandi kayaknya pagi tadi, bau…” protes Eric.

Tapi yang diprotes nggak perhatian malah semakin menjadi-jadi. Karena protesnya nggak didengerin, Eric yang badannya lebih tinggi juga membalas meloncat-loncat di depan muka Zainal. Kali ini pembalasan lebih kejam, karena pas mau berangkat sekolah Eric sarapan dengan bothok teri dan daun simbukan jadi mudah sekali kentut, nah setiap meloncat ke atas pas dimuka Zainal kentut! Karuan Zainal jadi sumpek… karena Eric kebanyakan kentut Zainal sampai muntah-muntah dan mau pingsan. Gara-gara itu pula, permainan sering Time-Out. Ipan dan Pairi, juga kena getahnya, karena kentut Eric berputar-putar dalam Aula.. jadi setiap kali habis menggiring tutup kaleng, mereka cepat-cepat mencari udara segar di luar Aula dengan cara mengeluarkan kepala mereka di sela-sela pintu AULA.

***

Jam terakhir, pelajaran tidak begitu mengasyikkan. Karena pelajaran Matematika. Ndak tahu kenapa pelajaran matematika anak-anak SOS tidak suka. Tapi nggak bisa ngantuk soalnya Pak Gurunya keliling terus kalo ngajar.

Tapi yang paling resah adalah Zainal.

Pasalnya sampai jam terakhir Eric tidak tahu kalo celanannya baru. Mau menarik perhatian Eric, nggak mungkin soalnya pelajaran matematika, bisa gaswat kalo dia macem-macem.

“Teeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeet” bel pulang berbunyi, seluruh kelas bersuka cita, kecuali Zainal.

Dadang ketau kelas sudah memberi aba-aba untuk berdoa. Tapi zainal tidak bisa khusyuk berdoanya. Dia masih cari cara bagaimana agar Eric tahu celananya baru.

Begitu Dadang memberikan aba-aba ucapan selamat kepada Guru, dengan secepat kilat.. Zainal meraih leher Eric, memitingnya dan memasukkan di bawah meja.

“Zen..zen… haep-haep…” Eric meronta-ronta. Tapi Zainal tidak melepaskan.

“Zen..Zen..ups…sakit—oi..sakitt” Sekali lagi Eric protes keras.

“Udah liat belum?” tanya Zainal, sambil tetap memiting Eric

“Liat apa?” Eric balik bertanya

“Celanaku?” jawab Zainal

“Iya.. bau..bau,,” jawab Eric

“Bukan itu…”

“Apa…?”

“Celanaku baru..!”

“Waduh…bentar..lepasin dong.. biar jelas…!”

Zainal melepaskan pitingannya. Eric bernapas lega.

Mana yang baru… ? Ooo ini tah.. iya baru Zen.. sip.. gitu aja paki acara miting-miting segala” kata Eric sambil mengusap –usap mukanya yang berkeringat.

Zainal cuman nyengir.

“Traktik aku ke Wak Moek.. hayo….!”

“Beres….”

Berdua mereka meninggalkan kelas.


Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "To Live and Die [TLAD] @ SMANELA # 12 : Andai Celana Bisa Bicara"!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.