Article

Relesead: IBSN 2.0

Kita tidak membutuhkan pahlawan-pahlawan besar untuk berkontribusi bagi kehidupan, yang kita butuhkan adalah inspirasi-inspirasi besar untuk tumbuh dan berkembang. (Sirozul Munir)
Minggu ini serasa kelabu bagi saya, ketika blog-walking saya baca postingan di beberapa blog banyak yang bernada sendu, yang tentang kematian, perpisahan, farewell dan sejenisnya. Tetapi yang paling membuat saya terkejut adalah kabar dari Mas Deni yang menyatakan kalau dia akan cuti dari blogspehere entah sampai kapan!?
Jujur saja saya cukup lama untuk bisa menerima kenyataan itu, karena sepertinya baru kemarin kami masih merencanakan berbagai hal untuk IBSN, yang terkhir adalah 1st IBSN Award. Padahal masih banyak lagi yang mesti dikerjakan. Dan 2nd IBSN award juga sudah diumumkan.
Hmm.. tapi seperti kata Mas Deni sendiri, kita hanya bisa merencanakan, tapi takdir terkadang harus berkata lain.
Ya…baiklah!
Saya tahu Mas Deni akan kembali! Dia hanya ”pergi” untuk sejenak merefresh dan mengasah segalanya. Ibarat pendekar suatu saat dia pasti akan turun lagi dengan jurus baru yang lebih dahsyat! Semoga! Amin
Kenapa saya bilang begitu?
Karena Mas Deni telah menyiapkan segalanya. Mas Deni sudah memberikan estafet itu pada orang-orang muda yang kompeten untuk melanjutkan IBSN.
Dalam bahasa lain yang lebih sederhana.
DeniHeri atau bahkan yang lain boleh nggak ada… tapi misi IBSN akan tetap ada!”
InsyaAllah IBSN dengan izin Allah akan tetap ada selama IBSN komitmen untuk membuat inspirasi kebaikan bagi yang lain.
Kata kuncinnya inspirasi dan saya yakin akan hal itu.
Saya telah menyaksikan bahwa orang-orang yang bergabung dengan IBSN adalah orang-orang yang memberi inspirasi.
Inspirasi yang mereka berikan ibarat cahaya bintang di malam hari.
Meski kecil tetap indah.
Meski kecil mereka banyak.
Dan banyak adalah dahsyat!
Tahukah anda jika sinar bintang-bintang yang kecil tadi kita kumpulkan jadi satu?
Dia akan menjadi matahari.
Dan sinar matahari adalah energi dan harapan bagi kehidupan.
Begitulah inspirasi itu!
***
Anda ingin tahu inspirasi-inspirasi yang telah ditebarkan para anggota IBSN?
Mari saya bantu anda merincinya
1. Inspirasi untuk tetap bersyukur
Saya selalu tergugah dengan postingan dari teman-teman yang menceritakan kondisi kesehariannya, permasalahannya dan bagaimana mereka mengatasi masalah itu. Apapun kondisi kita, memang sudah sepantasnya kita banyak bersyukur karena nikmat Allah begitu banyak diberikan pada kita, bahkan kita takkan mampu menghitungnya. Itulah yang membuat saya menulis hal ini. Mengingatkan lagi bahwa kita masih lebih beruntung daripada saudara-saudara kita yang lain.
Dengan bersyukur insyaAllah hidup kita semakin produktif dan semakin produktif mudah-mudahan kita semakin bermanfaat bagi sebanyak mungkin orang di sekitar kita.
Kalau anda masih kesulitan untuk bersyukur, saya mencoba membantunya. Bacalah postingan saya di sini.
2. Inspirasi untuk tetap berbagi
Seperti saya katakan, member IBSN adalah orang-orang hebat di bidangnya. Lihatlah blog ini. Dengan keahlian desainnya pemiliknya berusaha untuk berbagi. Dan saya tahu tidak hanya itu blog-blog yang lain juga sama.
3. Inspirasi untuk tetap optimis dan berharap
Beberapa kali saya dapat SMS dan pesan di YM saya, bahwa ada salah satu member IBSN yang saat ini menderita sakit yang mungkin mengerikan bagi orang lain. Tetapi saya kagum padanya, dengan sakitnya dia masih bisa ceria dan menyapa yang lain. Masih punya rasa optimisme untuk berbuat lebih banyak lagi dengan segala keterbatasan dan penyakit yang membelenggunya.
4. Inspirasi untuk tetap memberikan kebahagiaan
Anda sudah tahu Pak Heru yang calon guru besar itu? Cobalah baca postingannya. Anda takkan menyangka ternyata pemilik blog yang juga dosen di beberapa universitas di Malang itu mampu membuat orang yang berkunjung ke blognya untuk bahagia. Bacalah tulisan-tulisannya yang kocak penuh makna… saya bersyukur masih ada orang yang sesibuk beliau mampu dan mau-maunya meluangkan waktunya untuk membuat sekedar tulisan yang membuat orang lain bahagia.
5. Inspirasi untuk tetap rendah hati
Siapa yang tidak kenal orang ini di Malang? Ya Beliaulah Pak Husnun Djuraid, Pimrednya koran Malang Pos. Selain itu beliau juga pengurus organisasi sepak bola di Malang, juga dosen di beberapa universitas.
Tapi di tengah kesibukan beliau, masih sempat untuk melayani kami yang suka meribeti untuk menimba ilmunya, masih mau menemui saya yang bukan siapa-siapa. Mau mengundang saya makan bersama di rumahnya. Mau memberikan karyanya kepada saya. Padahal tahukah anda? Saya hanya mengenal beliau melalui blog. Dan baru bertemu 4 kali! Subhanallah! Dan yang paling membuat saya selalu berhutang pada beliau adalah beliau dengan ikhlas mengingatkan saya untuk selalu solat duha tiap hari melalui SMS!
Ya inilah inspirasi dari orang-orang besar yang rendah hati. Maka akankah kita jadi sok somse padahal bukan apa-apa?
6. Inspirasi untuk memperluas silaturahim
Kalau ditanya siapa anggota baru IBSN yang gencar promosi? Tanyakan Mas Agung atau Mas Odi, dan Mas Didin yang mengelola portal ini? D
Teman kita yang satu ini sangat aktif jadi tukang kompor baru. Alhamdulillah kita punya petugas Public Relation baru yang insyaAllah IBSN akan semakin dikenal dan mempunyai ide-ide baru.
Cobalah kunjungi blognya!
7. Inspirasi untuk berkorban
Tahukan anda? Betapa orang-orang di balik munculnya blogsite ini rela begadang malam-malam hari, untuk sekedar membuatkan tempat yang layak bagi kita untuk berkumpul disini.
Ya, saya tahu itu, karena kadang menjelang tengah malam jam 01.00 dini hari dia masih menemani saya ceting J
8. Inspirasi untuk terus belajar bersama
Satu-satunya yang bisa membuat kita bisa bertahan dalam segala kondisi adalah ketika kita selalu memperbaruhi keterampilan hidup kita agar sesuai dengan jamannya. Tanpa itu kita akan punah dan tersisih di arena kehidupan ini.
Dari IBSN saya bisa belajar banyak hal. Belajar memahami orang lain, belajar untuk rendah hati, belajar untuk lebih ikhlas dan belajar untuk tetap optimis dan berharap, apapun kondisi saya!
Nah itulah beberapa sumber inspirasi dari IBSN.. saya tahu akan lebih banyak lagi inspirasi itu jika kita mau dengan sabar dan cermat merenungkannya.
Yang jelas inilah yang membuat alasan bagi saya mengapa saya memberi judul tulisan ini dengan embel-embel 2.0 di belakangnya.
Kalau dalam dunia software, kode angka di belakang nama perangkat lunak tersebut menunjukkan bahwa di versi tersebut ada perbaikan dan penambahan agar perangkat lunak tadi lebih baik dan sempurna sehingga diharapkan bisa memenuhi kebutuhan pemakainya.
Bagaimana dengan IBSN?
Yang dengan saya releasenya versi 2.0 ini saya hanya ingin menegaskan bahwa disana ada kemajuan, di sana ada sesuatu yang baru dan di sana ada hal yang lebih bermanfaat
Dan versi ini update itu adalah pada INSPIRASI!
So, selamat menginspirasi
Salam hangat dari Malang!
***PS: Terima kasih untuk sahabat saya Sirozul Munir, SKM, Msi, widyaiswara (trainer) di Balai Diklat Kesehatan Murnajati di Lawang, yang telah memberikan presentasi yang akhirnya saya jadikan isnpirasi bagi tulisan ini. Semoga Allah membekahi ilmunya dengan menjadikan semakin bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "Relesead: IBSN 2.0"!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.