Article

Khutbah Jumat Untuk Remaja: Berbakti Pada Orang Tua

Bismillahirrahmanirrahim,

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Pujian syukur ke hadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala, yang telah memberikan kita nikmat sehat dan kesempatan untuk berkumpul di masjid ini pada hari Jumat yang penuh berkah. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya.

Kita telah memasuki bulan suci Rajab, yang di dalamnya terdapat malam Isra' Mi'raj dan terkandung banyak keutamaan. Di antara keutamaan tersebut adalah kesempatan untuk memperbanyak ibadah, termasuk di dalamnya adalah berbakti kepada orang tua.

Sebagai muslim, berbakti kepada orang tua adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan. Allah Subhanahu Wa Ta'ala telah menegaskan hal ini dalam Al-Quran Surat Al-Isra' ayat 23, yang artinya:

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah kamu membentak keduanya dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang mulia.”

Dalam ayat ini, Allah Subhanahu Wa Ta'ala menegaskan bahwa berbakti kepada orang tua adalah kewajiban yang harus dilakukan dengan sebaik-baiknya, tanpa terkecuali. Kita diwajibkan untuk menghormati, mengasihi, dan merawat orang tua, terutama jika mereka sudah lanjut usia dan membutuhkan perhatian khusus.

Contoh tentang bagaimana berbakti pada orang tua adalah dengan membantu mereka dalam menghadapi pandemi COVID-19 yang saat itu sedang melanda dunia. Saat ini, orang tua kita adalah kelompok yang paling rentan terhadap virus ini karena sistem kekebalan tubuh mereka yang melemah. Oleh karena itu, kita bisa membantu mereka dengan membelikan kebutuhan sehari-hari, mengatur jadwal vaksinasi, dan memberikan dukungan moral. Kita juga bisa mengajarkan mereka tentang protokol kesehatan yang harus diikuti untuk menghindari penularan virus.

Dalam hadist riwayat Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda,

 "Sesungguhnya, orang yang taat dan patuh kepada Allah, maka ia harus taat dan patuh kepada orang tua, karena keduanya (taat kepada Allah dan taat kepada orang tua) akan membawa kebaikan kepadanya di dunia dan akhirat."

Dari hadist ini, kita dapat mengetahui bahwa berbakti kepada orang tua adalah tindakan yang sangat penting dalam Islam. Dengan berbakti kepada orang tua, kita bisa mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat.

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "Khutbah Jumat Untuk Remaja: Berbakti Pada Orang Tua"!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.