Article

Beribadah Dengan Semangat Berbeda



Ketika saya menginjak SMP saya mengaji ke seorang guru ngaji yang kebetulan ‘agak beda’. Saya katakan agak beda karena, sejak kecil sebenarnya saya udah ngaji di langgar (mushola), tetapi karena jaman itu belum ada metode IQRO atau Qiroati atau yang cangih-2 kayak sekarang, jadinya ngaji saya waktu itu cuman hapalan saja… 

ya Alhamdululillah saya hapalan saya juz amma samape sekarang ini warisan dari almarhum guru ngaji saja pas kanak-kanak. Tetapi karena hapalan sampe usia SMP saya belum bisa baca al quran besar (istilah kami untuk al quran edisi 30 juz). 

Selain hapalan yang bikin kita sebel waktu itu adalah kalo pas ngaji rame ato telat ato nggak bisa ngapalin, pasti deh kalo nggak kena pukul tongkat penjalin (rotan), pasti terkena hukuman berdiri ngangkat dampar (bangku kecil buat ngaji) dengan kaki satu diangkat kayak di film-film shaolin dulu. 

Wah.. bayangin kalo ngajinya bakda asar berarti hampir satu jam lebih belajar jurus saolin  Nah, entah siapa yang mengundang, saat itu di langgar kami kedatangan seorang ustad yang usianya masih muda turut mengajar ngaji ditempat kami, meski hanya seminggu 2 kali – karena beliaunya waktu itu kerja di pabrik yang liburnya 2 kali seminggu – tapi sebagian besar kami suka cara mengajar beliau. 

Kami diperkenalkan dengan “huruf-huruf mangkok” – istilah untuk huruf ba, ta dan sejenisnya. Akhirnya kami mulai sedikit demi sedikit bisa membaca. Tapi sayangnya tidak begitu lama, beliau harus hengkang dari langgar karena – menurut sebagian orang tua pemahaman beliau tidak sama dengan tetua itu. 

Alhamdulillah pak RT masih mau menampung beliau, akhirnya sebagian besar teman-teman ngaji di rumah pak RT seminggu dua kali. Saat itu nggak hanya belajar baca qur’an tetapi juga diajarin dan diterangkan beberapa ayat-ayat yang pendek dan bisa bisa langsung diamalkan serta beberapa doa harian. 

Misalnya tentang kewajiban berbuat baik pada orang tua, membalas kebaikan dengan kebaikan dan seterusnya. Namun, sekali lagi beliau harus hengkang dari kampung kami, saya nggak tau kenapa, tapi saya yakin karena beliau ternyata aktivis muhammadiyah, sedangkan di tempat kami hampir semua nahdiyin. 

 Setelah kehengkangan beliau, saya sempat vakum mengaji, padahal waktu itu saya dan teman-teman belum lancar. Sebenarnya beliau mau mengajar kami ngaji asalkan kami datang ke rumahnya. 

Meski rumah beliau tidak sampai sekilo dari kampung kami, tapi karena godaan untuk maen lebih besar dari pada ngaji jadi kami akhirnya males juga ngajinya. Alhamdulillah, almarhum ayah memberi ultimatum kepada saya untuk segera bisa ngaji, waktu itu sudah ada ngaji di masjid desa seberang jalan yang di asuh seorang alumni pesantren. 

Adik saya ngaji kesana, tapi karena model pengajarannya hampir sama dengan guru ngaji yang lama, jadinya saya ogah… dari sini benih-benih ngaji ditempat yang berebeda mulai nampak. 

Setelah beberapa saat saya nggak bisa-2 baca qur’an dengan baik juga akhirnya ayah mengultimatum sekali lagi… agar saya bisa ngaji maksimal lulus SMP, dan yang paling membuat saya terkesan ayah mengatakan bahwa nggak peduli saya ngaji dimana aliran islam apa asalkan bisa baca qur’an ayah bisa menerima.

Akhirnya dengan berbekal itu saya mengajak beberapa teman untuk mengaji di pak ustda muda tadi. 

Kami menemui beliau dan mulai meminta mengaji, beliau tidak keberatan mengajar kami tetapi beliau hanya punya waktu malam hari bakda maghrib hingga malam seminggu dua kali ketika beliau libur. 

Ayah tidak mempermasalahkan kami ngaji sampe malem. Rata-rata kami pulang sekitar Dunia Dalam Berita di tayangkan di TVRI artinya sekitar jam 9 malam.


Di episode ngaji malam hari ini saya ketemu beberapa temen yang juga semangat ngaji, akhirnya kami semakin rajin ngaji dan jadi militan. Cuma yang bikin jengah orang-orang (terutama teman-teman kami) suka mempraktikkan sesuatu yang dianggap berbeda di lingkungan kami. 

Saya ingat sekali ketika kami mendapatkan materi bahwa menurut beberapa pendapat bahwa tersentuh wanita bukan muhrim pun nggak membatalkan wudhu. 

Wah salah seorang temen saya sangat demonstratif sekali mempraktikkan hal itu, saat menjelang sholat jum’at dia selalu wudhu lebih awal, seperti kebanyakan temen-teman cewek SMA kebanyakan mereka menggoda temen-temen cowok yang sudah wudhu dengan memegangnya. 

Tapi teman saya tadi dengan santenya tetep sholat tanpa wudhu lagi, yang bikin mereka yang nggoda tambah keki. Lain kali dia juga baca qur’an tanpa wudhu terlebih dahulu dan seterusnya. Pokoknya semakin beda semakin dipraktekin.. wah saya kalo ingat saat itu jadi malu sendiri..


Nah sekarang ini saya melihat ada sebagian temen-temen kita sepertinya juga suka begitu.. apalagi menjelang ramadhan 2 bulan lagi.. temen-temen yang kebetulan sering ber-ramadhan dan ber-idul fitri lebih awal dari kebanyakan kaum muslim di indonesia dengan semangat yang sama dan dengan cara yang demonstatif serta provokatif mengajak orang untuk mengawali dan mengakhiri ramadhan bersama mereka, karena mereka menganut rukyat global hampir sering mendahului daripada bersama-sama. 

Yang lebih bikin jengah adalah ketika salah seorang dari tokoh temen-teman ini mengganggap pendapat Ibnu Abbas yang ‘membolehkan rukyat lokal’ sebagai bathil. Wadhuh… jantung saya serasa jedot ketika membaca tulisannya… bagaimana mungkin dia menganggap pendapat Ibnu Abbas bathil, padahal setahu saya para ulama yang berbeda pendapat dari kalangan madhab empat yang terkenal itu tidak pernah saling membathilkan pendapat mereka yang berbeda. 

Wah… kalo suruh milih, saya ya mending piling Ibnu Abbas yang secara keilmuan lebih deket sama Rasulullah s.a.w Memang Ibnu abbas juga manusia yang bisa salah tapi saya yakin beliau r.a juga punya hujjah yang kuat.


Bagi saya perbedaan pendapat nggak masalah, tetapi bukan niatnya asal beda. Kalo mau konsisten dengan rukyat global sih harusnya tiap bulan juga menyerukan dan mengingatkan kepada kaum muslim sekitarnya tentang tanggal 1 tiap awal bulan qomariah, karena setiap bulan ada ibadah-ibadahn sunnah yang terkait dengan penanggalan qomariah seperti puasa tiga hari tiap tengah bulan. 

Soalnya saya pernah liat temen beberapa temen puasa ayyamul bidh dengan permulaan yang berbeda… karena mereka kesulitan mendapatkan tanggal yang pas untuk mengetahui kapan harus mulai ayyamul bidh.


Waahh.. sudahlah… kok jadi ngomong ngalor ngidul… yang penting adalah…. Mudah-mudahan… kita terhindar dari melakukan ibadah hanya asal beda…. Gitu aja kok repot! Lho kok kayak gus dur.

****
NB: Kalo mau komentar yang baik dan dengan cara yang baik… karena ini blog saya jadi ya jangan marah kalo nanti saya delete 

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "Beribadah Dengan Semangat Berbeda"!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.