Article

Original Rice Milk

RICE MILK ORGINAL

minuman ini favorit saya saat kecil dulu. Saat itu belum populer orang punya magic com, magic jar, atau rice cooker.

Jadi untuk menanak nasi pun dilakukan secara "manual". dan berbagai versi..

Ada yang versi "keroncong" ..yaitu beras yang sudah "dipususi" (dicuci) langsung ditaruh di atas dandang yang tutupnya bentuk kerucut (apa bahasa indonesianya) yang ada sarangannya (saringan)..dengan air mendidih dibawah sarangannya.. 
Ya ditaruh situ..sambil sesekali "dijenguk" untuk disiram air panas..
Hasil nasi dari model ini adalah "pero dan kepyar" alias kasar dan ambyar biasanya untuk hajatan dan anti basi (kalo masaknya pas).. cocok buat nasi goreng karena nasinya terurai ndak lengket satu sama lainnya.. tapi sy ndak begitu suka model ini.

Yang kedua model "ngaru" (apa bhasa indonesianya) 
Jadi beras yg habis dicuci dimasukkan dalam air yang mendidih di panci.. diaduk beberapa saat diangkat setelah kesat.. kemudian didiamkan agak dingin setelah itu ditanak di dandang.. hasil nasinya empuk..dan lunak.

Nah pada saat proses ngaru ini..ada yang airnya ke banyakan. Agar tidak jadi bubur atau nasinya nanti kempel alias lengket maka  pas sudah mendidih dan berwarna putih..sperti susu diambil..dibuat minuman legenda..bernama TAJIN.

Sekarang ini TAJIN ternyata diproduksi masal dan dijual dalam kemasan..harganya silahkan tanya mbah google..

Tapi kalo saya suka yang original


Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "Original Rice Milk"!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.