Article

Apresiasi

Apresiasi terhadap sebuah karya itu terkadang bukan karena karya tersebut tampak bagus, wah atau luar biasa dari kebanyakan karya sejenis. Apalagi harus membandingkan dengan karya karya dari maestro di bidamg tersebut.

Tetapi apresiasi juga bisa diberikan pada prosesnya dalam pembuatan karya tersebut yang bisa jadi membutuhkan waktu, waktu biaya dan pikiran dalam mewujudkan karya tersebut.
Seperti juga apresiasi saya terhadap Aquascape karya anak kedua saya ini yang baru berumur 14 tahun ini.

Kalau saya mau membandingkan hasil karyanya dengan aquascape yang dijual di toko toko, ya jelas gak ada apa apanya, baik dari segi penampilan, harga dan mungkin nilai seninya.

Tetapi saya sangat menghargai karyanya ini, sehingga saya harus tetap merawatnya karena anaknya memutuskan untuk tinggal di pesantren beberapa hari setelah menyelesaikan ujian nasional di sekolahnya dan nanti insya Allah juga tinggal di mahad ketika masuk MAN setelah lebaran.

Kenapa?

Karena saya tahu untuk membuat aquascape yang tampak ecek ecek ini dia mengorbankan banyaknya. Mulai berjam jam menghabiskan waktunya untuk browsing di internet guna mendapatkan ilmu bagaimana membangun sebuah aquascpae yang ternyata banyak sekali "teorinya", seperti jenis tanaman apa saja yg bisa bertahan hidup di aquarium, berapa keasaman airnya, bagaimana "menghitung" komposisi tanah, batu, tanaman dalam aquarium, bagaimana membuat filter sendiri jika dananya tidak mencukupi, bagaimana menjaga kejernihan air, jenis ikan apa saja yg cocok untuk karya ini dan masih banyak lagi. Ketika anak saya menjelaskan tentang hal itu semua, maka saya paham bahwa saya sudah seharusnya menghargai jerih payahnya "menimba ilmu" berjam jam di internet untuk masalah ini yang mungkin tidak semua anak mau melakukan hal itu.

Berikutnya adalah saya juga sudah seharusnya menghargai usahanya untuk mengumpulkan bahan bahan aquascape ini dia rela harus berminggu tidak membelanjakan uang sakunya yang tidak seberapa itu untuk membeli, filter yang dipasang di dalam aquarium, batu hias, media tanam tumbuhan, serta ikan yang ternyata harganya satu ikan bisa setara dengan uang sakunya selama sehari.

Ketiga, saya harus mengapresiasinya karena dia sudah menghabiskan waktunya berjam jam untuk merakit aquascape dari bahan bahan tersebut, melakukan bongkar pasang letak tanaman dan seterusnya hingga jadi seperti yg ada pada foto ini.

Jadi bapak/ibu sekalian mari mulai hargai karya ecek ecek anak kita karena disana ada banyak pelajaran bagi mereka dan kita.

membuat aquascape mudah

aquascape murah
Add caption

aquascape dayyan
Add caption

aquascape kecil








Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "Apresiasi"!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.