Article

Merintis Bisnis Online dengan Modal Rp. 50.000,-

Pagi ini, seorang sahabat lama - kenalan di blogger sejak tahun 2008 - update sebuah status yang cukup menginspirasi. 

Saya ingat betul - kami waktu itu masih suka bermain YM-an - dan ketika mau buka usaha meja lipat dengan brand Silka Perdana. Dan seingat saya nama saya termasuk pelanggan pertama yang memesan produknya - hehhe.. kalo nggak salah juga nama saya terpampang di blog Silka Perdana

Alhamdulillah setelah sekian tahun berlalu usaha semakin maju...sebagaimana statusnya di facebook pagi ini"


Oleh : Hanafi


Beberapa tahun lalu, ketika mengawali membuat meja lipat, saya tidak pernah membayangkan bahwa usia usaha saya akan bertahan sampai sekarang. Berawal dari meja-meja kecil sederhana untuk anak-anak yang saya cat dengan kuas lukis seadanya saya beranikan diri untuk mencoba menawarkan ke teman-teman dan tetangga sekitar rumah. Alhamdulillah saat itu teman-teman dan tetangga menyukainya. 

Kemudian berpikir untuk menyewa tukang finishing untuk menyempurnakan tampilan "meja saya", (hati-hati mas mahmud, ilmu finishingnya saya curi hehe) kepikiran untuk mengiklankan di kaskus, alhasil saat itu beberapa orang membeli "meja saya" dan beberapa diantaranya menjadikan saya "recomended seller". Saat itu saya mendapat kepercayaan dari Pak Heri Cahyo untuk membuatkan 3 buah meja untuk putera-puterinya. Saya bertambah yakin kalau meja buatan saya bisa diterima orang banyak.


Tahun kedua, meja saya ini ditiru oleh seseorang dan dipasarkan secara retail di pusat perbelanjaan carefour di 5 kota, dan yang memberi tahu saya adalah para pembeli saya. Saya sempat kaget saat itu, tapi saya gak mau repot-repot memprotes peniru itu, karena saya pikir lumayanlah ada yang membantu mempromosikan model meja lipat yang saya buat. Sependapat dengan Pak Heri degan artikelnya di sini)


Pada tahun itu juga sebuah stasiun televisi menawarkan saya via telepon untuk meliput pembuatan meja tersebut. 

Saya tidak menyangka, meja tersebut akan tampil di televisi. Dalam 2 tahun meja tersebut ditayangkan 3 kali untuk 2 acara yakni laptop si unyil dan cita-citaku. Alhamdulillah sampai sekarang usaha ini masih berjalan berkat doa dan dukungan teman-teman. Yang saya ingat awal-awal saya membuat meja, hanya bermodalkan 50.000 rupiah saja..




Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "Merintis Bisnis Online dengan Modal Rp. 50.000,-"!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.