Article

[Personal Branding] Semakin Eksis dengan “Social Media” # 2



Sambungan dari tulisan yang lalu di sini


Pada prinsipnya apapun hobi atau keterampilan apapun yang anda punyai saat ini akan bisa menjadikan anda lebih dikenal dengan cara memanfaatkan sosial media.

Caranya?

Pertama, fokus pada keterampilan atau minat yang anda sukai. Tidak peduli itu musik, gambar, desain, programming, menulis, menyanyi, memasak bahkan menanam sayuran. Perdalam semua itu sampai anda benar-benar memahami – meski tidak harus sedetail-detailnya. Intinya  fokus pada satu atau beberapa hal yang anda sukai.

Kedua, perbanyak berbagi. Ya, berbagi apa saja yang anda lakukan dan anda ketahui tentang hobi atau minat anda dengan berbagai cara yang ada di situs sosmed, entah dengan tulisan, foto, musik, film atau gabungan dengan semua itu. Bagikan kepada siapa saja yang tertarik semakin gratis semakin baik. Cara seperti ini akan memudahkan anda menjadi dikenal sebagai seseorang yang getol dibidang tertentu (yang anda sukai), dalam bahasa kerennya Anda melakukan personal branding. 
Personal branding itu ibarat menciptakan dan mempopulerkan merek bagi anda sendiri. Misalkan kalo bicara teh botol pasti pikiran orang akan menyebut sosro, kalau minuman bersoda, yag ada dibenaknya adalah coca cola. Dan seterusnya.

Dari berbagi itu nantinya anda akan dikenal sebagai apa? Misalnya kalau menyebut Tukul, pasti yang terlintas adalah pelawak terkenal dan seterusnya. Nah kalau orang menyebut nama anda kira-kira apa yang akan terlintas dibenak mereka

Ketiga, pahami prinsip, tak ada yang gratis di dunia. Ya, meski anda mengratiskan semua hasil kerja keras anda, saya yakin anda PASTI mendapat bayaran. Bayaran itu bisa beraneka macam hanya tanda jempol suka di FB, pujian, dikenalnya nama anda, sampai bertambahkan pertemanan anda. Ingat, meski hanya bentuk pujian dari orang yang tak anda kenal hal itu mahal harganya, karena anda tidak akan mampu (apalagi yang memang tidak punya uang) membayar seseorang untuk benar-benar menyukai karya anda sepenuh hatinya.

Keempat, perluas jejaring sosial (sosial network), jangan lupa seberapapun bagusnya karya anda tidak akan dikenal orang lain jika anda tidak memasarkan diri. Satu dari sekian banyak cara adalah dengan bergabung dengan komunitas yang sesuai minat anda tadi. Dengan bergabung dikomunitas anda juga akan mendapatkan banyak hal lain, misalnya mendapat dukungan, berbagi pengalaman, bahkan sampai mungkin mendapatkan tawaran untuk mendapatkan proyek yang berujung pada pendapatan bagi anda

Kelima, selalu perbaruhi keterampilan anda. Akhirnya jangan pernah bosan untuk selalu updateI keterampilan dan kemampuan anda, karena perkembangan dan kemajuan dunia selalu menuntut keterampilan dan pengetahuan baru.  Hal itu bisa anda lakukan dengan belajar mandiri dengan memanfaatkan google atau dengan mengikiuti kursus berbayar. Tanpa melakukan itu anda kan punah seperti punahnya Dinosaurus yang tak mampu mengikiti eveolusi  dan tentu saja anda tidak ingin ditinggal dan mendapatkan pekerjaan dari orang lain karena mereka sudah tidak membutuhkan keterampilan lama yang anda miliki. Contohnya seperti tukang reparasi mesin ketik yang nyaris tidak laku karena sudah banyak kantor yang mengganti mesin ketik dengan komputer.

Begitulah sedikit tips memanfaatkan sosial media untuk membuat kita semakin eksis!

***
Heri Mulyo Cahyo
Penggagas Komunitas Proyek Nulis Buku Bareng.
www.proyeknulisnulisbukubareng.com
*) Artikel ini akan dimuat di Majalah GAPMA – MAN MALANG 1 edisi Desember 2013

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "[Personal Branding] Semakin Eksis dengan “Social Media” # 2"!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.