Article

Not Every Gift is Blessing


Entah pertama kali "mendapatkan" kalimat itu... langsung saja nancep, meski saya tidak pernah tamat nonton filmnya [..eh sejak lulus SMA, saya sudah hampir sama sekali tidak pernah ke bioskop, padahal pas di SMP/SMA dulu minimal satu minggu sekali pada hari sabtu sepulang sekolah nonton bioskop - karena ada "pertunjukan murid" alias student show yang karcisnya cuma 100 perak :D ]

Ya, kalimat itu tag-line dari sebuah film yang fenomenal di tahun 90-an - judulnya "The Sixth Sense" - ()

Meski sudah lebih dari 12 tahun kalimat itu masih saja terngiang-ngiang di kepala saya, dan kadang saya seperti melihat "bukti" dari pernyataan tersebut.. meski dalam konteks yang berbeda dengan apa yang diceritakan di film yang saya sebutkan.

Eh sebelum saya menuliskan contohnya, baiknya - diterjemahkan dulu arti "Not Every Gift is Blessing" yang artinya menurut saya "Tidak semua karunia (pemberian Tuhan) akan membawa Keberkahan"

Nah, kalo sudah sepakat artinya, memberi ilustrasipun bisa mudah.

Begini, betapa banyak kita lihat di sekitar kita, orang-orang yang secara lahiriah "dikaruniai" banyak kelebihan dibanding kita atau orang-orang disekitarnya. Karunia itu bisa berbagai macam, mulai dari materi, keahlian, kekuasaan, kesempurnaan fisik dan seterusnya.. akan tetapi tidak semua karunia yang kita anggap "sebagai kelebihan" itu bisa menjadi berkah bagi pemiliknya.

Kok bisa demikian?

Banyak sekali contohnya, misalnya... ada orang yang mempunyai kepandaian atau keahlian tertentu yang tidak dimiliki oleh kebanyakan orang, tetapi dengan kepandaian dan ke-ahliannya itu dia justru membuat orang lain susah... atau bahkan celaka.

Misalnya saja, ketika masih jaya-jayanya aplikasi IRC (Internet Relay Chat) - saya diberitahu seorang teman bahwa ada forum-forum (kanal) di IRC tempat berbagi hasil crack (membobol) kartu kredit seseorang - umumnya orang non indonesia. Bahkan saya pernah "nemu" di warnet sebuah aplikasi yang berfungsi untuk digunakan sebagai semacam "key generator" untuk membobol kartu kredit. Tentu untuk membuat software semacam itu diperlukan keahlian khusus yag tidak semua orang mempunyainya.. begitulah, bahkan gara-gara menggunakan kartu kredit ilegal ini ada seorang mahsiswa di malang yang harus berurusan dengan pihak kepolisian.
..
Contoh lainya adalah, betapa ada seseorang yang secara materi sangat berkelimpahan tetapi keluarganya kacau balau. Atau seseorang yang punya jabatan dan kekuasaan yang banyak diincar orang tetapi - justru menjadi siksaan bagi anak buahnya, sampai-sampai anak buahnya merasa lega dan bahagia jika dia tidak ada di kantornya...

Lho, memang ada orang semacam itu?

Ya ada saja...

Begitulah, hidup ini... ada banyak "karunia" diberikan kepada orang lain - dan bahkan "karunia" tadi justru dikejar-kejar oleh banyak orang - tetapi sesungguhkan bukan membawa kebaikan bagi yang mempunyai karunia tersebut. bukannya membawa berkah tetapi membawa petaka. 

Lantas bagaimanakah contoh karunia yang membawa berkah itu?
Ketika saya masih kuliah - sekitar tahun 1990-an yang lalu, pada suatu ketika - saat hendak pulang kampung, saya biasa sholat diterminal sebelum melanjutkan perjalanan yang lama sekira 4 sampai 5 jam... pada saat saya hendak mengambil air wudhu.. saya tertegun dengan seseorang yang "mempunyai karunia" - yang justru karunia itu tidak disukai hampir semua orang. 

Iya, karena "karunia yang dimiliki" oleh orang tersebut adalah tidak mempunyai kedua belah tangan, tetapi ajaibnya adalah, dia bisa melakukan sesuatu yang hanya bisa dilakukan oleh orang yang memiliki tangan normal..

Jujur saya curi-curi pandang mengamati bagaimana orang tersebut saat berwudhu. Salah satu kakinya membuka kran, kemudian dia menundukan mukanya ke pancuran air kran, dan kakinya mengusap-usap wajahnya dibawah guruyaan air kran...

"Terkesima!" mungkin itu kata yang tepat untuk menggambarkan perasaan saya waktu itu.. Dia begitu cekatan dan setelah wudhu dia sholat, dan ajaibnya ketika dia ruku dan sujud tanda kedua tangan - dia bisa melakukan "dengan sempurna" - tanpa jatuh terjerembab ke lantai... kalo gak percaya coba saja anda sujud tanpa menggunakan tangan - kira-kira apa yang terjadi?

Mungkin itu "contoh kecil" dari bagaimana menjadikan sebuah karunia yang ada pada diri kita menjadi keberkahan bagi hidup kita.

Tentu saja masih banyak "hal-hal kecil" yang bisa kita lakukan semua agar semakin menambah keberkahan hidup kita,

*****
Definisi berkah yang saya pahami adalah : "...bagaimana menjadikan apa yang ada pada diri kita mampu membuat kita lebih baik - dan bermanfaat bagi diri kita dan lingkungan kita..." 

#renungan malam jumat

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "Not Every Gift is Blessing"!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.