Article

[Ide Bisnis] : Transfer Pulsa Antar Provider!

Jika anda mengamati prilaku konsumen indonesia - saya termasuk juga heheh - dalam menggunakan layanan provider / operator baik untuk kepentingan sambungan suara, text atau data, PASTI milih yang TERMURAH dari segi harga dan TERBANYAK dari segi pulsa atau kuota yang didapatkan. 

Buktinya?

Banyak orang indonesia mempunyai nomor ponsel LEBIH dari SATU, bisa dua atau tiga. Dan yang unik lagi - mungkin tidak terjadi di negara lain - ketika paket data sedang booming seperti sekarang ini, maka tidak jarang orang yang mempunyai 2 Ponsel yang satu KHUSUS diisi PAKET DATA dan yang satunya lagi KHUSUS untuk telpon/sms (yang sudah mulai jarang terpakai, karena aplikasi pesan instan seperti WA, BBM, LINE dll, sudah bisa dijadikan alternatif untuk mengirim pesan secara suara bahkan gambar gerak (video call).

Yang paling menarik lagi adalah, meskipun sudah ada ponsel khusus yang di isi paket data, tetapi BANYAK SEKALI yang memperlakukan kartunya *SEKALI PAKAI*, artinya, begitu paket datanya habis, bukannya diisi ulang tetapi kartunya diambil dan dibuang. Uniknya lagi, dalam membeli kartu perdana yang dicari adalah yang memenuhi syarat di atas, murah dan dapat banyak.

Bagi sebagian orang tentu gonta-ganti kartu perdana untuk paket data ini tidak menjadikan masalah, tetapi bagi sebagian orang lagi (termasuk saya) - bisa membuat bete, karena untuk membeli kartu baru kadang harus melalui ritual : *_memotong kartu (karena menggunakan micro sim), kemudian mendaftarkan kartunya, setelah itu kadang masih perlu mengaktifkan paket datanya_* . sekali lagi bagi saya ini sangat menganggu. akhirnya saya sekarang tidak lagi mengkatifkan paket data pada ponsel saya, karena baik di rumah maupun di kantor sudah ada akses Wifi, jadi untuk kepentingan browsing dan bersosmed hanya di rumah dan di kantor.

Masalah?

Ya, pertama kali jadi masalah, tetapi sekarang menjadi nyaman, karena saat di luar rumah, baik sedang beraktivitas atau tidak, saya tidak terganggu oleh derasnya pesan-pesan yang masuk melalui aplikasi pesan instan. Dan asyiknya anda bisa menggunakan waktu anda lebih produktif, untuk menulis, bercengkerama dengan teman atau mengenal orang baru dan sebagainya.

Kembali kepada judul tulisan di atas, lantas apa ide konyolnya?

Karena hampir semua pemilik ponsel pintar sudah menjadi sangat tergantung dan kecanduan dengan gawai (gadget)-nya, maka tentu ini peluang bagi provider / operator dengan memperhatikan prilaku konsumen seperti saya sebutkan di atas.

Apa itu?

*Transfer Pulsa antar provider/operator!* 

Sekarang ini, kan kebutuhan akan pulsa (data) seperti kebutuhan pokok, sementara sudah banyak inovasi baru ketika pulsa yang kita miliki bisa jadi *alat pembayaran* _(dengan cara potong pulsa)_ bagi transaksi tertentu, seperti beli aplikasi atau ebook di google play, atau beli suatu layanan di internet, bahkan untuk transaksi di beberapa toko waralaba yang punya jaringan nasional.

Nah, masalahnya adalah, bagaimana jika seseorang sedang kehabisan pulsa atau data sementara provider / operator yang dia pakai berbeda dengan yang dimiliki teman-temannya?
Jika sesama provider/operator sih sudah banyak yang bisa, tetapi kalau antar provider / operator?

Tentu ini jadi inovasi yang baru bukan?

Karena pasti akan membuat konsumen senang, dan tidak kebingungan saat dia berada jauh dari penjual pulsa/data - karena dia cukup meminta temannya - meski beda provider / operator.
Tentu saja, ada pembebanan biaya untuk malakukan transfer ke provider/operator yang berbeda, seperti halnya ketika kita menukarkan mata uang asing, karena ada perbedaan harga jual dan beli. 

Namun saya yakin hal itu membuat pelanggan bahagia.

Bagaimana menurut anda?

****
Lawang, 07 Agustus 2016,
20:53 WIB
_Jumlah kata pada tulisan ini: *539 kata*_






















Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "[Ide Bisnis] : Transfer Pulsa Antar Provider!"!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.