Article

[Challenge # 1] Some Time With No Facebook !




Sebenarnya saya sudah lama baca tulisan Leo Babauta – yang berjudul My Month of (Almost) No Internet dan Unwired dan A Month With Limited Internet, Now No Cell Phone – serta beberapa lainnya yang terkait dan saya ingin mencobanya. 


Mengapa, karena saya akui internet adalah distractor yang baik ketika kita hendak mencari informasi yang terkait dengan pekerjaan kita, wa bil khusus adalah media sosial – baik itu facebook, maupun yang bersifat blog portal. 

Saya sudah mencobanya untuk tetap focus dan melakukan yang memang ingin saya cari tetapi dan tidak sepenuhnya berhasil. Saya katakan tidak sepenuhnya berhasil karena – untuk beberapa hal saya sudah berhasil, misalnya dulu saya suka sekali membaca portal-portal berita seperti Detik, Okezone, Vivanews dan lainnya tetapi lambat laun saya merasa bosan dan jengah membaca media massa online karena isinya kadang-kadang sudah tidak bermutu dan terlebih lagi sangat – sangat bias – apalagi kalau sudah menyangkut isu poltik dan SARA.

 Setelah itu saya mulai selektif memilih media massa online, saya hanya baca dua – Republika dan Kompas – yang saya anggap lumayan bagus beritanya. 

Tetapi belakangan – setelah menjelang pemilu dan pilpres ini saya sudah capek membaca berita yang menurut saya tidak lagi mencerdaskan pembaca. Akhirnya saya jadi sangat selektif lagi – dan bahkan bisa jadi selama seminggu cuma dua tiga kali saja baca headlinenya dan kalopun baca agak lama saya pilih ke kanal teknologi. Alhamdulillah saya berhasil… mengurangi cukup drastis pemberitaan-pemberitaan yang tidak saya sukai. 

Namun, yang parah sekarang media online yang sudah saya jauhi beritanya – berpindah ke halaman dinding facebook saya yang disebar oleh pendukung capres-capres yang lagi kampanye… 

Mulanya saya tolelir tetapi lama-kelamaan saya harus melakukan tindakan untuk me-remove atau sekedar unfollow. Sayangnya semakin mendekati pilpres sudah tidak nyaman lagi – bahkan saya menjadi terbawa arus.

Alhamdulillah pagi ini, ketika membuka email saya mendapat sebuah pemberitahuan sebuah artikel menarik yang ditulis oleh Yodhi Antariksa – di blognya strategi manajemen. Judulnya sangat pas dan sesuai yang selama ini saya pikirkan : Kenapa Kampanye Capres Kali ini Bersifat Destruktif terhadap Kesehatan Otak Anda? 

Setelah saya baca artikel tersebut beserta sarannya – akhirnya saya umumkan untuk meremove sementara beberapa friendlist yang selama ini saya pandang banyak menyampaikan propaganda kampanye – baik yang negatif maupun yang kampanye gelap – banyak sekali tanggapan yang masuk dari teman-teman yang sudah lama terhubung dengan saya bahkan sudah pernah bertemu di darat, Jujur banyak komentar yang tidak saya baca sampai saya menulis ini,  karena saya punya pikiran lain – daripada saya meremove dan capek mending saya yang off beberapa saat dari facebook – sampai pilpres selesai atau lebih baik lagi sampai ramadhan selesai. 

Loh terus bagaimana dengan grup yang saya kelola - hehe… iya saya juga mikir – kata cak lontong – apalagi saya juga baru saja diberi amanah oleh teman-teman di jawa timur sebagai humas untuk forum komunikasi kelompok kerja di lingkungan kementerian agama dan satu dianatara medianya adalah menggunakan FB Group. 

Ya sudah terpaksa saya pantau via email saya saja – dan diserahkan admin yang lainnya - dan buka facebook jika memang harus saya yang melalukan. 

Trus ngapain kalo off di Facebook? 

Banyak sih, itu beberapa blog perlu dioptimasi – dan beberapa proyek menunggu diselesaikan, dan yang penting lagi bisa focus nulis lagi hehhe.

 Lah kalo mau menghubungi saya? 

 Itu ada nomor saya di situs:


Jadi mohon maaf kalo ada pesan yang tidak terbalas di inbox FB – silahkan saja langsung ke email hmcahyo at gmail dot com  


Salam


NB: Tulisan-tulisannya saya dari beberapa blog memang saya set-up untuk bisa tampil di dinding FB saya

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "[Challenge # 1] Some Time With No Facebook ! "!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.