Article

Sekolah Dulu VS Sekolah Sekarang

Saya selalu kasihan melihat Nadia, anak saya yang pertama yang baru kelas 4 SD, kalau pulang sekolah. Sampai di rumah biasanya jam sudah hampir jam 3. Sudah terlihat capek sekali.Ya semenjak kelas 4, pulangnya jam 2 siang. Meski jarak sekolahan cuman sekutar 4 kilo tapi karena naik angkot yang suka ngetem nunggu penumpang, jadinya ya mesti telat sampe rumah. Akibat pastinya Nadia jadi jarang ngaji ke Pondok, karena ngajinya dimulai jam 3 sore atau sesaat setelah Ashar. 

Alasannya ya capek! Padahal dia sangat rajin sekali kalau berangkat ngaji ketika sebelum kelas 4 dulu. Saya maklum dengan alasan itu, apalagi kalo ngeliat bagaimana mukanya yang terlihat penuh keringat kecapekan yang pas datang sekolah dengan tas punggung yang berisi buku-buku tebal - duh saya heran banget kenapa ya kok buku-buku sekolah anak sekarang tebal-tebal? -

 [ah jadi ingat tulisan Prof. Imam Suprayogo Rektor UIN Maliki Malang yang memperrtanyakan kok bisa-bisanya para pengarang buku dan kurikulum termasuk guru-guru itu mewajibkan anak-anak membawa buku2 tebal, semakin tinggi jenjang sekolahnya semakin banyak buku tebal dibawa, sungguh suatu ironi di era terbuka dan mudahnya informasi didaptkan - mengenai tulisan beliau bisa dibaca melalui Link di bawah]

Alhamdulillah, Nadia sudah lancar ngajinya, jadi meski nggak sering ngaji ke pondok yang penting sudah bisa ngaji dengan makhraj dan tajwid yang benar. Yang saya khawatir justru pada Dayyan dan Habib yang sampe sekarang baru Iqra 3 gimana kalo mereka kelas 4 nanti?

Wong sekarang aja sudah malas ngaji meski datangnya sekolah jam 12.30 Tapi melihat Nadia pulang jam segitu masih mending. Teman saya bercerita anaknya yang baru kelas 2 SD pulangnya jam 3 sampai di rumah jam 4, itu berlangsung antara Senin-Rabu, Kamis- Jumat sampai rumah jam 2.30. tetangga saya, anaknya meski masih SD, pulangnya sudah hampir maghrib, karena setelah sekolah masih harus ada les.. dan macem-macem. 

Dari kondisi di atas saya kadang-kadang jadi maklum kalo anak-anak sekarang jadi individualis dan tidak peka lingkungan, karena memang sudah tidak ada waktu lagi untuk bersosialisasi dengan teman-teman dan masyarakat sekitarnya.

Akh, saya kadang bingung. Jangan-jangan anak-anak sekarang tidak sebahagia waktu saya kecil dulu. Dimana pulang sekolah saat SD maksimal jam 12, terus bisa main layang-layang atau tergantung musing apa saat itu. Bisa main sepuasnya sampai menjelang maghrib, terus ngaji, setelah Isyak baru belajar.

Anak-anak sekarang, pulang dari rumah kecapekan. Habis maghrib harus bergelut dengan PR yang bejibun buat esok hariSaya juga bertanya-tanya. 

Kira-kira bagaimana jadinya generasi sekarang ini 20 tahun mendatang?

 Apakah lebih baik dari generasi kita atau sebaliknya?

Bagaimana menurut anda? 

**** 
Berikut Tulisan Prof Imam :Keharusan Mempelajari Diri Sendiri Terlewatkan 




Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "Sekolah Dulu VS Sekolah Sekarang"!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.