Article

Obrolan itu!

 Sudah dua hari ini saya menemani Nadia opename terkena DB di RSUD Lawang.

Menemani anak kecil sakit ternyata butuh kesabaran ekstra. Saya sendiri heran, wong Nadia selama ini kalo dirumah cuek sekali dengan apa yang saya lakukan. Eh selama di rumah sakit, dikit-dikit tanya:

”Bi ngapain?” tanyanya kepada saya kalo lagi diam nggak ngajak dia bicara. Belum lagi kalo saya ke kamar mandi, meskipun masih di dalam ruangan yang sama Nadia protes,

”Bi, ngapain lama sekali di kamar mandi?” wah bener-bener bikin keki.

Ketika saya tertidur duluan di satu-satunya dipan kosong yang ada di ruangan itu Nadia protes lagi,

”Bi.. jangan tidur duluan…aku kan belum ngantuk….”

Akhirnya saya agak sewot bilang, 

”Duh Nadia sayang, abi khan nggak kemana-mana, khan tetap di kamar ini, abi khan juga capek, pengin tidur sejenak… kamu khan udah seharian tadi tidur… kalo butuh apa tinggal bilang aja khan… ntar kalo Nadia gitu terus… abi pulang lho…” kata saya sambil menaham kantuk yang sudah nggak tertahankan.

”Tapi Bi… itu diluar berisik sekali…” katanya. 

Sejenak saya memfokuskan pendengaran saya pada suara yang ada di luar..

”Ya.. Nadia benar.. berisik sekali mereka..”pikir saya. Saya mencoba melihat jam pada hape.. hampir jam 10 malam.

”Siapa sih mereka?” saya bertanya dalam hati, sambil mencoba mengira-ngira darimana asal suara itu.. ternyata dari ruangan sebelah, ruangan tempat perawat dan dokter co-ass 

Saya mencoba memahami mereka… ya mereka masih muda.. pantes lebih suka menghabiskan waktu dengan ngobrol..apalagi saya coba dengarkan yang diobrolkan ya cuman seputar kegiatan mereka dengan teman-temannya.

Paginya, setelah subuh mereka juga masih berisik Nadia protes lagi.

Saya kok jadi ketularan Nadia, jadi sebel sama mereka, batin saya “eh anak-anak ini pagi-pagi mbok ya ngaji atau olahraga sana..atau apa ngapain.. wong juga yang diomongkan nggak penting-penting banget..”

Saya jadi ingat tulisan yang saya buat saat kuliah dulu, judulnya, antara Ngobrol, Nonton Tivi, dan Cangkruk-an. Inti dari tulisan itu adalah, mencoba menganalisa mengapa banyak mahasiswa tidak produktif dalam memanfaatkan waktu mereka. 

Untuk itu saya mencoba menelurusi kegiatan-kegiatan utama yang dilakukan mahasiswa saat itu (ingat jaman pertengahan tahun 1990-an) belum ada internet, PS2 apalagi fesbuk. lha wong saluran tipi aja hanya dua: TVRI dan TPI..)

Akhirnya saya simpulkan bahwa kegiatan mahasiswa saat itu ada 3, yaitu: Ngobrol – bisa di kosan atau di manapun juga, kemudian kalaupun tidak menghabiskan waktu dengan ngobrol mereka nonton tipi, naha kalau tidak nonton tipi.. ya menghabiskan waktu dengan kongkow alias cangkruk-an yang tidak lain biasanya hanya dugem, pacaran atau yang lainnya.

Nah jika ditanya alasannya adalah, daripada saya cuman nonton tipi kan mendingan ngobrol, yang ngobrol alasannya daripada nonton tipi dan begitu yang suka cangkruk-an.. jadinya ya mbulet mbulet

Nah pertanyaannya bagaimana dengan mahasiswa sekarang?

Apakah masih seperti saya dulu, yang masih suka ngobrol menghabiskan waktu, atau sudah lebih produktif?

Dan saya tiru-tiru pak Ersis, bagiamana menurut sampean?

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "Obrolan itu!"!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.