Article

NAD@MU # 4: Inspiring People # 3 : UMAR!

 NAD@MU # 4: Inspiring People # 3 : UMAR!

Seorang mantan murid saya di Magistra Utama (MU) setelah membaca serial NAD@MU mengirim email ke saya.. menyakan kabar teman dekatnya… si Umar yang sekarang – sepnajang yang saya tahu tentunya – jadi karyawan MU di Jogja.

Terus terang saya udah nggak pernah kontak-kontak dengan orang-orang MU Jogja… dan terakhir saya ditelpon lama sama Pak Duhri Manajer MU Jogja – malam hari pake no Indosat dapet gratisan.. katanya karena sama-sama penggemar Indosat (eh apa hubungannya..) tapi itu dua hampir 2 tahun.. sekarang hapenya tak sms dan tak call udah… nggak aktif… wah dasar bapak manajer kita yang satu ini suka pindah ke lain ati… (ato nunggak bayar matrix jadi di kejar-kejar debt collector trus normornya dibuang gitu.. he..he..  )

Udah deh kembali ke Umar.. saya nggak tau kabar dia… tapi ada hal yang dapat saya jadikan inspirasi… minimal buat saya.. tentag umar.. jadi untuk Aan.. saya nggak cerita kabat umar ya.. tapi cerita tentang umar aja.. ntar kalo ada yang kurang Aan tambahin ya..

***

Umar termasuk angkatan pertama MU Jogja.. tahun ajaran 1997/1998 – dimana waktu itu dapet booming peserta pelatihan .. kalo nggak salah 450 orang lebih…

Umar memang out-standing – beda dengan yang lain.. di jurusannya Informatika.. dia paling rajin.. dan sregep.. minimal datangnya paling pagi padahal.. rumahnya tuh.. paling jauh… di sleman sana.. kalo nggak salah dari bangun tapan hampir 20 kilo meter yah.. (tolong dikoreksi).. dan yang keren lagi dia pake sepeda onthel… wah.. nggak kebayang deh.. umar yang tubuhnya kecil – dan berambut keriting itu.. ngonthel sepeda onta dari sleman.. dan harus datang di kampus jam enem pagi karena ada praktik di Lab dengan bimbingan pak Herman.. (kalo nggak salah sering.. si umar udah datang duluan.. tapi pak herman masih ketiduran di lab.. he..he..)

Nah.. ketika waktu berlalu… dan waktunya dia lulus… umarpun ditawarin jadi laboran komputer di MU… dia mau.. dan dia tinggal di VDK bersama kami… para instruktur yang gokil…:) sekarang umar tau kalo pak duhri itu ternyata… suka nggak nyuci baju.. dan bajunya digantung berminggu-minggu trus kalo mau pake ke kantor di setrika.. dan disemprot pewangi…. (waduh.. jangan dilemparin cd kumel dong saya.. bau…he.he.. tapi itu dulu ketika pak duhri masih solo karir… kan sekarang udah duet dan punya buntut dua.. ato malah tiga yah..?)

Nah si umar ini.. kerjanya….. luar biasa… berangkat pagi.. pulang ketika lab.. dah mau tutup sekitar jam 9 malam… pulang hanya untuk solat dan makan.. itu pun sejenak aja… kayaknya selama saya kumpul dengan umar jarang deh umar tidur-tiduran siang.. padahal.. jogja tuh… luar biasa panasnya bagi saya.. dan paling asyik kalo siang abis solat duhur itu.. mandi trus tiduran…

Nah.. konon karena harus juga membantu adiknya yang masih butuh biaya si umar.. harus mengirimkan gajinya yang tidak seberapa itu untuk biaya sekolah adiknya… saya sering ngeliat dia makan cuman pake nasi putih dan garam.. wah… dan kayaknya makannya dikit banget gitu..
Wah.. saya jadi berpikir dengan anak-anak yang lain yang lebih berkecukupan dari dia.. saya aja yang ngerasa sengasara pas waktu ayah udah pensiun makan harus pake nasi kasar.. tapi seinget saya saya sekeluarga belum pernah sekalipun makan pake garam doang.. paling jelek ya pake lauk tahu tempe.. itupun masih ada sayurnya.. Ya Astagfirullah … saya kok kurang bersyukur ya…waktu itu… taunya ngeliat temen-temen yang bisa kemana-mana saya nelangsa banget… padahal biaya sekolah dan makanan nggak pernah kekuarangan… aduh jadi malu sama umar.. kalo nginget ini….

Trus ketika saya ninggalin MU awal tahun 2000-an dan tahun 2002-an saya pas maen ke rumah adik di Jogja… saya denger kalo umar juga kuliah.. wah… saya seneng deh… denger berita itu… umar memang luar biasa.. ditengah keterbatasan dan tanggung jawabnya kepada adiknya dia masih punya cita-cita untuk sekolah lebih tinggi… dan saya yakin sekarang udah lulus ya… mudah-mudahan deh.. selamat ya Mar, pasti ilmumu jauh lebih tinggi dengan yang saya ajarkan padamu dulu…

Udah..deh.. itu aja talk about umar..
Kalo umar pas baca postingan ini dan nggak berkenan jangan di hack- ya blog saya… cukup kasih komentar keberatan di bawah postingan ini.. 

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "NAD@MU # 4: Inspiring People # 3 : UMAR!"!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.