Article

NAD@MU # 5: Segar Ya, Airnya..?!

Seorang pengunjung setia dan penikmat serial NAD@MU – yang mantan Manager Pertama Magistra Utama Purwokerto – menulsi SMS ke saya: “Cerita tentang (perjalanan) prensentasi dong..” 

Insya Allah jawab saya….. tapi saya juga minta ide dan komennya..” balas saya..

Nah untuk memenuhi janji saya tersebut kali ini saya ingin menceritakan tentang sedikit perjalanan kami pas presentasi ke sekolah-sekolah..

Tapi sebelum itu – jujur saja saya agak bingung kalo cerita pas presentasi.. nggak tau kok banyak yang lupa ya..padahal seharusnya banyak kejadian lucu di event presentasi tahunan yang dilakukan oleh MU ke sekolah-sekolah untuk mencari peserta pelatihan,,,

Ya..sekedar refresh.. kegiatan presentasi adalah kegiatan Marketing yang bertujuan untuk mencari calon peserta program yang ngedaftar di MU…biasanya kita pake cover Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Langit Tujuh.. yang mempromosikan MU… kegiatan ini biasanya keliling JaTIM, DIY, dan JATENG kala itu..

Saya sebenarnya saya sempat diharamkan jadi presenter oleh bigbos MU.. karena suara saya cempreng kayak kaleng kosong ditendang di aula dan mengenai kucing garong dan kucingnya teriak-teriak di aula yang kosong terus dikejar-kejar sama pak tukang kebun trus kucingnya lari naik-naik ke meja dan kursi.. pak kebunnya juga naik kursi dan meja… dan kursi dan mejanya terguling -guling.. he,,he.. gaduh pokoknya… tapi nggak tau kok lama-kelamaan dicatut juga… habis nggantin pak wirdan yang nggak pernah mau presentasi… saya terpaksa dengan segala kemampuan dan kemaluan yang ada saya jadi presenter…

tapi seinget saya kayaknya saya jadi presenter favorit deh dibandingin pak nur.. yang heboh.. ato pak ahmad… apalagi sama pak iksan…

nah… nyebut nama pak iksan jadi inget deh cerita pas presentasi di daerah tulungagung trenggalek dan sekitarnya…

wah.. suer sak umur-umur saya baru kali itu ke tulung agung dan trenggalek.. sepanjang jalan banyak gunung-gunung yang mencungul… sampe sampe pak kurniawan nyanyi lagunya Ninja Hatori…

Mendaki gunung susuri lembah… 

sungai mengalir indah di samudra..

bersama teman.. magristra… bertualang……

seru pokoknya ssuasana di dalem baleno ijo…metalik.. rame kayak anak teka yang baru masuk perutnya kenyang.. trus suruh nyanyi sama gurunya….

padahal kita kalo brangkat presentasi jam 3 malem lho.. masih kumus-kumus kayak tikus… trus hanya cuci muka… ngilangin… ketek…. trus cabut… uf.. lupa kalo pak duhri semprot sana–semprot sini.. wes..ewes.ss ewesss ilang ambu kringete…. :

***

setelah seharian presentasi keliling sekolah…

saat yang dinanti tiba… cari makan siang… biasanya kalo jawdal nggak padet hanya 5-6 sekolah… duhur udah selesai… trus cari makan.. eh iya.. kadang-kadang kita nggak pake sarapan lho… emang siapa yang mau nyediain sarapan jam 3 pagi… lagian sebagian besar waktu itu masih solo karir semua…. ya makan-makan sendiri.. cuci-cuci sendiri dan seterusnya..

setelah berpusing-pusing (pakai bahasa malesa nehh) cari warung yang cocok.. akhirnya ketemu juga… eh.. seinget saya ada kreteria tertentu untuk cari warung makan:

  • murah
  • meriah
  • makannya bisa banyak.
  • marem

sebuah warung makan ayam ingkung lodo khas tulung agung (apa trenggalek ya.. ah nggak penting diinget-inget)

warungnya luas.. tempat parkirnya lumayan.. dan yang penting ada tempat mandinya dan… musholah…

seperti biasa.. pak iksan ini bagian surveyor sekaligus pembuka jalan…

begitu turun dari baleno dia bergegas cari info tentang makanan dan fasilitas warung yang ada… sementara sebagian kita… leyehan kelelahan..

“ayo sana mandi sama solat… ada kamar mandinya… seger….”! kata pak iksan sambil mengibas-ngibaskan handuk di kepalanya yang basah..

bergantian kita mandi dan solat, saatnya makan siang…

wah… menunya ayam kampung bakar ingkung (utuh) dan kulupan… ah lezat deh… (sampe pas nulis perut saya jadi melilit… nginget ayam ingkung :)

tanpa dikomando dua kali… kami udah.. makan sambil cerita ngalor ngidul…ditengah-tengah asyiknya makan.. ayam ingkung pak iksan tanya, 

“Gimana airnya tadi seger ya…saya bisa kramas nih..”

“iya… enak..saya juga kramas..” jawab yang lain sambil nerusin makan

“…tapi sampean tahu nggak…?” tanya pak iksan lagi

“apa..?” tanya yang lain masih sbuk dengan makanan di mulutnya

“…saya tadi mandinya …nyemplung di kamar mandi….” ujarnya sambil menyeriangai menang..

seketika… semua berhenti makan dan ngeliat… pak iksan..melongo..

“huah…” perut saya munek-munek…”Sial banget pak iksan ini.. tadi di jeding kencing ya,….” protes saya..

“wah… untung saya nggak kramas.. cuman mandi doang..” timpal salah satu diantara kami..

“.. ya tapi sama aja mandi bekasnya pak iksan…” gerutu yang lain..

wuaaah… sebeeeeeeeeeeeeeeeell jadi nggak selera makan…

pas perjalannan pulang pak iksan cuman cengar-cengir sambil nyetir baleno

sementara yang lain menggondok….mukanya kayak kepting rebus… nahan mangkel..

dasar pak iksan nggak beradab….

sebel…sebel..sebel…sebel..sebel…sebel..sebel…sebel..sebel…sebel..sebel…sebel..

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "NAD@MU # 5: Segar Ya, Airnya..?!"!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.