Article

NAD@MU # 10: Balada Balado Telo

Setelah hampir seminggu terkena euforia Ayat-ayat Cinta, saya jadi merasa ada yang hilang, ternyata saya lupa untuk meneruskan serial Nights and Days @ Magistra Utama (NAD@MU)  oleh karena itu untuk mengobati rasa tersebut saya akan meneruskan lagi mulai kali ini .. insyaAllah.

***


Pertengahan tahun 1998 – tepatnya setelah beberapa saat terkena krisis moneter.. – kami dan saya kira orang lain begitu juga.. merasakan bahwa kehidupan semakin sulit dan mahal.


Bayangkan harga-harga naik tiga kali lipat.. yang paling saya ingat adalah saat itu saya suka sekali mengkonsumsi CDR (Calcium Deredoxon) setiap hari.. 


terutama pas siang hari, dengan air dingin dari dispenser kantor ah.. segar sekali kalo pas minum di tengah terik matahari di tengah kuburan deket VDK (vila dekat kuburan)dan disaksikan orang-orang he..he.. emangnya kuda lumping yang lagi atraksi?


Nah harga CDR satu slop (isi 10 tablet) sebelum krismon cuman 2750-3000 rupiah aja.. begitu krismon jadi 10-11ribu! Tergantung belinya kita bisa nawar ato tidak (emang beli CDR bisa nawar?). 


Karena tingginya harga yang cukup mencekik kantong saya.. akhirnya saya beralih ke beras kencur ato temulawak.. ya itung-itung warnanya sama-sama kuning .. hi..hi..


untuk penghematan listrik.. dispenser di kantor dicopot.. cukup diisi air isi ulang yang nggak jelas apakah dari sumber mata air di gunung ato sumber air lokal alias sumur! Trus printer laser nggak boleh dipake sembarangan.. kalo ngeprin satu lembar folio jadi dua halaman


nah kalo anak-anak MU mendapati modul-modul pelatihan mereka sekarang masih memaki satu lembar untuk dua halaman,


ketahuilah sejarahnya adalah masalah penghematan pas krismon.. ngetik kalo bisa pake huruf arial narrow kalo perlu ukurannya 8 ato 7 pt.. asal bisa diliat cukuplah..


anak-anak yang magangpun kena imbasnya.. ada sekitar 20 anak yang magang di sebuah restoran besar yang pelanggannya kebanyakan orang dari korea dan jepang..


nah baru seminggu mereka udah dipulangkan karena restorannya tutup karena para pengunjung dari manca pada membatalkan rencana liburannya..


malioboro yang banyak sekali turis kleleran disana sebelum krismon menjadi sulit sekali mencarinya.. apalagi kalo pas acara hunting turis.. 


jadi bener-bener hunting ngejar-ngejar turis yang mau diajak sekedar omong-omong.. tapi sialnya karena mereka merasa dikejar-kejar jadinya mereka ya lari.. menghindar.. ato kalo ada yang berani paling juga anak-anak kena semprot!


Tapi alhamdulillah kami masih hidup dilingkungan orang-orang yang kreatif.. seperti pak wirdan, pak herman, kang dung dan laen-laen.. 


menghadapi segala situasi seperti itu agar tetep bisa enjoy.. kita harus cari cara…salah satunya mencari energi alternatif pengganti sarapan nasi..karena kang dung telah lama tinggal di jogja maka dia tahu pengganti sarapan yang paling murah.. ya.. telo (umbi) rambat dan kayu (pohong)!


Nah mulailah hunting ke setiap pasar untuk mencari suplai telo yang cukup untuk persedian setiap hari.. dari pasar bering harjo, bangun tapan, giwangan.. akhirnya di pasar telo.. tugas baru kang dung pun tambah.. 


setiap minggu pagi setelah olah raga memborong sekarung telo untuk persedian beberapa hari..biasanya sih seminggu sekarung sudah abis.. 


soalnya selain dimakan telo-telo tersebut juga untuk eksperimen – maksudnya dibuat makanan beraneka rupa, dari sekedar dikukus dan digoreng sampe, dibuat kolak, dicampur supermi, dan dibuat balado.. tau balado telo khan? 


Itu lho telo habis dikukus hangat-hangat dimakan pake sambel yang digerusin kepala ikan asin ato petisnya ikan dari madura punya pak herman yang warnanya coklat. Wah.. kalo udah makan balado telo kayaknya lupa anak istri deh.. soalnya memang waktu itu belum ada yang nikah.. hi..hi..


sebenarnya sih kita pengin banget ada perbaikan menu.. dan kita sih udah ngomong melalui jalur yang benar tentunya untuk memberikan teman-teman sedikit intensif buat tambahan uang makan


. namun nampaknya manjemen masih kesulitan.. akhirnya justru kita diminta piara ayam dikos-kosan atau apa ajalah yang penting kreatif..untuk meningkatkan gizi..


suatu ketika.. kita mendengar kalo (almarhum) pak mubin sebagai direktur utama dan pak nur mukminul (operational direktur mau ke jogja.. nah.. agar mereka mengetahui penderitaan teman-teman maka dibuatlah sebuah skenario

.

biasanya mereka datang dari malang pake travel.. tiba di jogja sekitar sebelum subuh..dan pasti mampir VDK.. nah kita semua sepakat untuk bangun pagi-pagi dan memberi dua tamu penting itu menu telo kukus dan kopi hangat.. begitu mereka datang. 


Wah sejak malam kang dung dan pak ayik udah sibuk ngupasin telo..dipilihkan yang terbaik dan bangun-sebelum ayam berkokok untuk mengukus telo-telo tadi.. selain itu disiapkan kopi..


pesannya kurang lebih demikian: “Ini lho makanan teman-teman.. masak sih bapak-bapak pimpinan ini tega.. mbok yao kami-kami ini diberi insentif untuk beli makanan yang lebih layak..”


menjelang subuh bunyi mobil travel dari malang mendekati VDK.


Assalamualaikum…!” terdengar suara khas pak nur dari balik pintu.


Setelah sedikit berbasa-basi.. mereka mandi dan mulai sholat shubuh.. begitu mereka selesai dan duduk di ruang nonton TV.


dua piring telo yang masih mengepul asapnya dan segelas kopi dan teh hangat sudah terhidang dengan manisnya.


monggo pak mubin.. pak nur.. dinimati..” kata jubir resmi kita.. mr. Wird


wah.. temen-temen ini kok sempat-sempatnya bikin kayak gini pagi-pagi..” begitu pak nur berkomentar sambil.. mengambil sepotong telo hangat dan memakannya, 

hm… enak hebat..” katanya kemudian

ini sarapan temen-teman setiap hari pak nur, ya itung-itung penghematan..” lanjut mr wird


wah.. ini luar biasa temen-temen ini…!” seru pak nur

..

***

seperti kebiasaan yang sudah-sudah kalo ada bos dari malang maka pasti ada rapat sebelum kantor mulai, jadi jam enem sudah rapat, semua karyawan ngumpul, dah  pada rapi semua kalo gini.

setelah ngobrol tentang program yang akan dijalankan dan melakukan evaluasi disana-sini.. akhirnya sebelum mengakhiri.. pertemuan pak nur berkata

.

Sebentar lagi.. saya dan pak mubin mau ke semarang dan purwokerto..nah.. saya mendapatkan suatu yang hebat di jogja.. temen-temen di sini kreatip dalam menghadapi masalah.. tadi pagi saya dapat suguhan yang sungguh lezat.. telo hangat dan kopinya.. saya kira ini patut dihargai dan diapresiasi.. oleh karena itu.. ada baiknya ide kreatif temen-temen disini ditularkan ke temen-temen di cabang lain.. bukan begitu pak mubin..?” 


sementara pak mubin hanya mengangguk.


Sementara seluruh pandangan temen-temen jadi tertuju ke pak wird. Pesannya sama:


Kok jadi gini? Kok kita jadi proyek percontohan? Aduh, Nasib!" Maunya nyindir minta intensif jadinya malah dibuat kelinci percobaan.


"nasib… nasib!”

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "NAD@MU # 10: Balada Balado Telo"!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.