Article

NAD@MU # 1 : dan Imam-pun di-KUDETA!

Seperti kebanyakan kaum muslim lainnya ketika bulan ramadhan datang, maka kami – karyawan MU – juga menyambutnya dengan suka cita.. salah satu kegiatan rutin yang kita lakukan bersama saat ramadhan adalah sholat tarawih bersama (jamaah). Terkadang kita lakukan bareng anak-anak di kampus, kadang di masjid dan juga kadang di kos-kosan kami tercinta VDK – ( Vila Dekat Kuburan ).

Saat itu, karena pada capek setelah kekenyangan berbuka (yee.. siapa yang paling banyak makannya pas buka puasa ngacung !) – kami sepakat untuk solat tarawih di VDK, agar lebih santai dan agar makanan yang di perut turunnya sempurna :) ) dan yang penting bagi pak Herman bisa ngopi dengan nyaman dan menghabiskan beberapa batang rokok..

Setelah istirahat dirasa cukup dan makanan sudah pada turun ke kaki (emang makanan turunnya ke kaki?) kami bergegas-gegas untuk solat taraweh berjamaah..

Setelah siap untuk solat Isya, saya jadi imamnya.. setelah itu solat taraweh jamaah.. tapi baru dapet dua rokaat, pak Herman mengajukan somasi, katanya kalo saya jadi imam saya terlalu lama (padahal sih cuman bacaan dari juz amma – emang apalnya cuman yang di sana :) – maka dia meminta dia yang jadi imam biar cepat. Sebagai teman yang baik kita siah oke..oke aja..

Majulah si Bapak penggemar petis madura ini ke depan.. setelah siap dia..mulai membaca al fatihah..
..begitu mendengar lagu bacaannya… alamak saya nggak kuat nahan.. habis baca al fatihah nadanya gabungan lagu ndangdut, qasidah dan ebiet GAD.. benar-benar terasa aneh.. dan saya nggak kuat.. dengan perlahan saya mengundurkan diri dari shof… dan masuk kamar dengan pelan-pelan..

Yang parah ternyata temen-temen yang lain rupanya sehati dengan saya.. satu persatu mereka meninggalkan shof dengan perlahan.. sampai tidak ada satupun jamaah di belakang pak Herman yang khusyuk jadi imam..

Sampailah pada ayat terakhir al fatihah… (dan seharusnya makmum mengatakan Aaamiiin…)
Tapi.. pak imam kita satu ini tidak mendengar sepatah katapun dari makmumnya… untuk beberapa saat beliau berdiri… (mungkin memberi kesempatan sekali lagi pada makmum.. untuk mengucapkan Aaamiin..) tapi kok nggak nggak ada suara sepatah katapun lagi…

Karena nggak sabar dengan apa yang terjadi… maka pak Imam kita pun menoleh ke shof jamaahnya sambil berkata..
“…lho kok nggak ada yang njawab…”

Seketika tawa temen-temen di dalam kamar meledak…

Pak Herman sewot bukan kepalang..

Tapi kamipun juga nggak bisa terus-terusan berdiri di belakang imam yang bacaannya gabungan dari berbagai aliran musik kayak gitu…

*****

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "NAD@MU # 1 : dan Imam-pun di-KUDETA!"!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.