Article

NAD@MU # 7: Jogja Macet? Inilah Tips Pak Herman!

 Kalo ditanya hal apakah yang paling membuat saya sebel di Jogja? Jawabannya ada tiga:

  • Satu, Makanan,
  • Dua, Malioboro,
  • Tiga, Macet!


Nah kali ini saya pengin cerita tentang Macet di Jogja. Saya tahu meski kemacetan di Jogja tidak semenyebalkan di Jakarta, tapi bagi karyawan Magistra Utama yang dari atau pernah hidup di Malang seperti saya pasti kemacetan pasti jadi isu penting .. tapi ingat itu taun 1997 – 2000an. Kalo sekarang jalan-jalan di Malang juga berangsur-angsur menjadi pusat kemacetan.. meski tak semacet Jogja dan Jakarta!


Salah satu penyebabnya adalah – paling tidak jika dibandingkan dengan Malang lho – banyaknya lampu merah (traffic light) dan jalur satu arah yang ada di jalan-jalan Jogja. Sebagai contoh aja.. posisi MU saat itu di perempatan Wonocatur – Gedong Kuning – Banguntan, kalo yang belum pernah kesana di sebelah utara UGL ( Unversitas Gembira Loka – Bonbinnya Jogja ). 


Kalo anda mau ke Malioboro yang jaraknya kurang lebih cuman 5 kilo maka anda akan mendapati banyak lampu kuning, pertama di perempatan itu sendiri, trus di perempatan SGM, trus di aduh lupa namanya – itu lho yang tembus jalan pramuka, trus di pertigaan UNPAD (Universitas Pak Ahmad Dahlan), trus di deket pasar pakualaman, trus di perempatan sebelum Shopping Center


itu kalo anda boleh terus padahal kalo mau ke Malioboro kendaraan pilihannya adalah terus tapi muter di sebelah barat malioboro atau ke kanan dari utara malioboro atau ke kiri yang ketemunya di barat malioboro juga.. nah pasti deh banyak lampu merah lagi..


Nah apalagi kalo perjalanan siang hari… wah subhanallah… panasnya bisa bikin kepala berdenyut-denyut dan mata berkunang-kunang dan pingsan.. bayangin aja kalo anda harus berhenti beberapa menit di setiap lampu merah maka akan terasa sekali panasnya..


Tapi, bagi Pak Herman, tokoh kita yang selalu banyak akal dan ide cemerlang…, hal itu mudah saja diatasi. Kalo anda tau pak herman… pas naik motor, dia sama sekali tidak mau berhenti hanya gara-gara lampu merah yang memang benar-benar menyala merah, sama sekali tidak!


Lha melanggar lalu lintas dong?


Tidak, sama sekali tidak?


Terus?


Nih caranya:


Kalo pas melintasi peremapatan disana ada lampu merah yang menyala tips pak herman adalah: BELOK KIRI – BELOK KANAN – BELOK KIRI!


Jelas?


Kan hampir semua rambu-rambu lalin membolehkan untuk belok ke kiri meski lampu merah menyala, nah beloklah kiri setelah dapat sekitar 10 – 20 meter belok ke kanan… pasti akan bisa belok ke kiri tanpa berhenti..


Masalah lain adalah terkadang orang yang mau jalan lurus ketika lampu merah menyala memenuhi badan jalan sehingga orang yang mau belok kiri tidak bisa.. ah gampang! masih banyak jalan menuju roma begitu kata bang rhoma irama… saran kedua pak Herman adalah.. LEWAT TROTOAR!


Nah.. masalah lewat trotoar… ini sempet membuat Almarhum Pak Mubin agak ketar-ketir ketika dibonceng pak Herman.


Begitu mengetahui lampu merah menyala dan badan jalan penuh motor dan kendaraan, maka dengan sedikit jurus taekwondonya pak herman mengalihkan laju motornya ke trotoar..!”


Lho..lho … Pak Herman… saya mau dibawa kemana…?” protes pak mubin


”Tenang saja Pak, dengan saya Bapak Aman!” kata pak herman sambil membetulkan kacamata hitamnya.

.

Tapi… jangan ditabrak-tabrakkan lho saya, saya nggak mau mati dulu, lampunya kan sedang merah kok sampean terus ..!”


Tenang..Pak saya nggak terus kok… !” kata pak herman sambil mengambil arah kiri..


Nah… begitulah potongan dialog pak Herman dengan Mantan Direktur MU.. yang sejak saat itu nggak mau lagi dibonceng Pak Herman menyusuri jalananan Jogja menggunakan motor GL milik kantor


Nah, kalo anda cocok dengan tips pak herman.. silahkan ikuti… tetapi sekali lagi baik pak herman maupun saya yang menuliskan SAMA SEKALI TIDAK BERTANGGUNG JAWAB jika terjadi hal-hal yang tidak anda inginkan selama mengikuti tips ini … :)


Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "NAD@MU # 7: Jogja Macet? Inilah Tips Pak Herman!"!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.