Article

Mengapa Saya Menulis dan Mengumpulkan In Memorian Untuk Hefie ?


"Perjalanan Meraih Khusnul Khotimah"

(Antologi kisah kehidupan sang Penjaga Quran: Almh. Hefie Setyarini Al Hafidzah)

Datar Naskah yang sudah masuk bisa dilihat di ==>;  SINI

Mengapa?

Mungkin saja ada yang menanyakan itu, oleh karenanya sedikit saya berikan gambaran mengapa tercetus ide menulis tepatnya mengumpulkan, hal-hal yang terkait dengan meninggalnya Almarhumah Hefie Setiarini.

Mulanya saya tidak ada niatan untuk melakukan itu. Tetapi saat saya menghadiri pemakaman Hefie di Jogja tanggal 10 Februari yang lalu, saya menjadi terheran-heran dengan banyaknya orang-orang yang takziah dan menyolati jenazahnya seolah tidak ada putusnya, dari awal jenazah dibawa ke rumahnya sehari sebelumnya (Jumat malam) hingga menjelang pemakamannya pada Sabtu jam 14.00 waktu setempat. Padahal adik saya tercinta, Hefie Setiarini, hanyalah Guru Ngaji di Sekolah Dasar, bukan seorang dai yang kesohor yang ceramah kemana-mana.

Yang terlebih lagi, saat perjalan kembali ke Malang pada hari yang sama di facebook saya melihat beberapa tulisan yang dishare tentag meninggalnya Hefie, dan setelah saya telusuri di beberapa akun facebook dan dari komentar-komentar di sana, ternyata banyak sekali yang merasa kehilangan dan menyayanginya saat almarhumah masih hidup. 
Beberapa saat kemudian di grup WA keluarga, anak almarhumah juga mengirimkan “tulisan kenang-kenangan” dari para sahabatnya.



Kesaksian Walimurid



Kesaksian orang yang pernah mengenalnya


Dari situlah saya akhir-nya punya ide untuk mengumpulkan “hikmah yang terserak” itu dalam satu wadah. Untuk sementara ini memang saya tamping di blog ini, tetapi tidak menutup kemungkinan jika akan saya jadikan ebook jika bahan-bahannya sudah terkumpul semua – (saat menulis ini tanggal - 14/02/2018- sudah cukup banyak bahan yang harus saya sunting untuk diterbitkan di blog).

Selain mengumpulkan dari yang tersebar di medsos, saya juga akhirnya mengumpulkan pesan-pesan almarhumah yang masuk ke hape saya, istri dan keluarga, baik yang ditulis secara japri atau di dalam grup keluarga.

Setelah saya coba telusuri pesan-pesan itu, ternyata banyak yang sejalan dengan apa yang telah disampaikan teman-teman almarhumah – baik secara lisan, maupun yang beredar di medsos.

Untuk Siapa Tulisan Tulisan ini?

Karena blog ini dapat diakses siapa saja, maka saya menyadari bahwa mungkin ada orang-orang yang menganggap apa yang saya lakukan ini berlebihan, toh almarhumah Hefie bukan sosok yang sempurna yang juga punya salah dan khilaf, kenapa repot repot melakukan ini semua?

Ya, benar, Hefie bukan wali, bukan nabi juga bukan malaikat, dia hanya seorang hamba Allah yang telah melaksanakan tugasnya di dunia ini dengan baik menurut penilaian kami pribadi dan keluarga dan kami bersyukur, bangga dan bahagia telah Allah SWT titipkan Hefie menjadi bagian keluarga dari kami, baik sebagai anak, adik, kakak atau bude dan juga bulik.

Kehidupan almarhumah Hefie sekeluarga cukup sederhana, tidak meninggalkan harta warisan berupa materi yang banyak, tetapi bagi kami almarhumah Hefie sudah meninggalkan begitu banyak teladan bagi kami, bagaimana menjalani hidup ini dan bagaimana berinteraksi dengan semua orang yang dikenalnya, sehingga menjadi orang yang disayangi banyak orang. Dan itulah warisan yang sungguh berharga yang ingin kami jaga dan kami teladani dari almarhumah.

Jadi saya merasa tidak sia-sia saat mengumpulkan semua tulisan karena hal itu sangat berguna bagi;

1. Saya Pribadi:

Setidaknya saya bisa berkaca sudah seberapa banyak kebaikan yang sudah saya perbuat – dibandingkan dengan yang telah dilakukan almarhumah- dengan ini mudah-mudahan saya bisa memanfaatkan sisa umur saya dengan lebih baik.

Selain itu dengan menuliskan hal-hal tersebut saya bisa selalu mengingat jasa semua pihak yang telah mereka berikan, baik berupa materi, pikiran dan tenaga serta doa-doa – selama Almarhum Hefie hidup terutama saat sakit hingga pemakamannya. Saya yakin “kepergian Hefie dengan Indah” tak lepas dari usaha mereka. Dengan selalu mengingat itu, setidaknya saya bisa mendoakan kebaikan dan keberkahan hidup bagi mereka semua.

2. Keluarga:

Benar bahwa qudwah kita adalah Nabiyullah Muhammad Shallalahu alaihi wassalam, tetapi tidak ada salahnya juga mengambil qudwah dari umat beliau yang sholih/ah. Dan bagi anak-anak dan keponakan serta keluarga besar kami, almarhumah Hefie paling tidak bisa dijadikan qudwah dalam kecintaannya terhadap al quran dan keistiqomahannya dalam mengajarkan kitab mulia itu. 

3. Umum:

Bisa jadi ada dari sahabat atau orang-orang yang pernah atau belum pernah mengenal almarhumah, bisa mengambil hikmah yang ada di kumpulan tulisan ini.

Materi Tulisan

Kumpulan tulisan ini bukan tentang biografi, tetapi ini hanya kepingan-kepingan (antologi) kisah kehidupan dan hikmah yang terkait almarhumah Hefie.
Secara garis besar materi tulisannya terdiri dari:

Sebelum Sakit:

Berisi kumpulan kisah tentang kehidupan alhmarhumah sebelum sakit, baik saat masih sebelum menikah, latar belakang keluarga dan hal-hal lainnya yang ada hikmah di dalamnya.

Saat Sakit Hingga Meninggal:

Sepertinya fase kehidupan ini yang paling banyak kami dapatkan hal-hal yang bisa dijadikan teladan, dan diambil manfaatnya.

Kutipan Kata-kata:

Berisi tulisan tulisan pendek yang pernah diucapkan almarhumah selama hidupnya yang bisa dijadikan kata-kata hikmah atau motivasi dan diambil pelajarannya

Kesaksian:

Berisi tulisan tulisan pendek kesaksian sahabat, atau orang-orang yang pernah berinteraksi dengan alhmarhumah. 


Cita dan Harapan:

Bagian ini mungkin paling sedikit, tetapi sengaja saya sertakan, mudah-mudahan jika cita cita dan harapan tersebut mulia, semoga anak-anaknya atau keluarga bahkan sahabat-sahabatnya bisa mewujudkannya.

Apa Hasil Akhir Proyek Ini?

Saat ini yang terpikirkan dalam benak saya hanyalah berbentuk ebook, tetapi mari kita lihat kedepan bagaimana perkembangan proyek ini

Sedikit Cacatan Tentang Proyek Ini?

Ini Proyek Sosial, bukan untuk dikomersialkan. Jikapun nanti sudah jadi ebook, maka hak ciptanya akan saya gunakan  adalah:

CC BY-SA :  
(Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Anda dan melisensikan ciptaan turunan di bawah syarat yang serupa. Lisensi ini seringkali disamakan dengan lisensi "copyleft" pada perangkat lunak bebas dan terbuka. Seluruh ciptaan turunan dari ciptaan Anda akan memiliki lisensi yang sama, sehingga setiap ciptaan turunan dapat digunakan untuk kepentingan komersial. Lisensi ini digunakan oleh Wikipedia, dan direkomendasikan untuk materi-materi yang berasal dari penghimpunan materi Wikipedia dan proyek dengan lisensi serupa)

Penjelasan lengkapnya silahkan buka di sini 

Apakah Bisa Berkontribusi?

Tentu sangat bisa, anda bisa mengirimkan: tulisan, tangkapan layar (screen shoot) percakapan di HP, foto atau hal-hal yang terkait dengan proyek kecil ini.


Ingin Kontribusi tapi tidak biasa nulis?


Jangan Khawatir.. 

Anda tinggal REKAM kisah anda, dan kirimkan ke WA/Telegram/Email di bawah.

atau yang paling mudah dengan cara 

Klik tombol chat via WA di bawah (anda langsung terhubung ke nomor WA saya) - kemudian tinggalkan PESAN SUARA melalui aplikasi WA ke nomor WA saya.

Mudah kan?


Bagaimana Menghubungi Saya?

Silahkan hubungi kontak saya melalui:

Email: hmcahyo [at] gmail [dot] com 

Facebook: http://facebook.com/hmcahyo 

Whatsapp: Tekan tombol  Chat via WA di bawah!





Salam,

Heri Mulyo Cahyo

(Portofolio saya buka  ==>; ini)

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "Mengapa Saya Menulis dan Mengumpulkan In Memorian Untuk Hefie ?"!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.