Article

Jawaban Teka-Teki Buah di Facebook

Kemarin tanggal 12 Desember 2016 saya posting sebuah foto di dinding FB saya untuk menebak foto apakah itu.

Tetapi sampai jam 11.00 pagi tadi, 13 Desember 2016, belum ada yang bisa menjawab dengan benar.


Maka hari ini saya posting lagi

Setelah kemarin saya upload sebuah foto yang saya minta menebak namanya, ternyata tak ada satupun yang menebak "dengan benar". (Sengaja saya beri tanda petik, karena saya sendiri - seumur hidup baru tahu benda tersebut, jadi kalo orang lain salah dan nebaknya kurang tepat ya maklum, karena saya ngambil ngambarnya dalam jarak dekat sekali, sehingga banyak yang salah tebak).

Mulanya yang tertarik beli "buah/biji" tersebut adalah istri saya saat belanja di Pasar Lawang. Tertariknya bukan karena uniknya - tetapi sang penjual, mempromosikan buah/biji tersebut "berkhasiat mengusir tikus" hanya dengan meletakkan di lemari saja. Mengapa berkhasiat?

Karena biji/buah tersebut sangat harum, sepintas baunya seperti harum parfum sabun mandi merek tertentu, tetapi yang jelas bukan mirip sunlight, rinso, apalagi asepso :v :v

Ya, benar-benar harum, dan baunya membekas cukup lama di tangan, meski saya hanya memegang sebentar - tetapi sampai di rumah (sekitar 30 menit kemudian sejak beli di pasar) - baunya masih tetep nempel.

Yang unik juga, besarnya "buah/biji" yang pipih tersebut diameternya sekitar 3-6 cm (karena ada yang kecil dan juga besar). Yang paling kecil kira-kira sebesar kluwek (itu buah-buahan yang warnanya hitam dan sebagai bumbu utama untuk masakan rawon).

Jadi kalo ada yang menebak itu adalah klungsu/klisi (biji buah asam yang tua dan dijemur) maka jelas salah, karena gak ada biji asam yang diameternya sampai 5 cm. Apalagi yang menjawab juwet, atau semangka :v :v

Yang antik lagi penjualnya menawarkan seharga Rp. 20 ribu per 3 biji dan Rp. 7 ribu jika beli sebiji.

Nah, karena "mahal" untuk ukuran biji yang asing bagi kami, maka diputuskan untuk beli hanya sebiji.

Oh, ya, kata temen saya sekantor, biji ini mirip yang dibuat tasbih (tapi saya juga tidak tau, apa juga bisa dibuat tasbih?)

Dari sekian uraian diatas bisakah anda menebak "buah/biji" apakah itu?

Baunya wangi, bentuknya agak pipih, diamaternya 3-6 cm, dan yang jelas buah/biji itu langka...

Anda yang sudah bisa menebak?
. .
. . .
. .

Jawaban yang tepat menurut penjualnya adalah : 

BUAH/BIJI CENDANA

Ada yang tidak setuju?

Heheh gak masalah...


Penjual Buah Cendana




Jualan Cuma Satu Wadah





Buah Cendana dari Dekat

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "Jawaban Teka-Teki Buah di Facebook"!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.