Article

Pengalaman Pribadi: Tips Lulus Ujian CPNS

Jika mengetikan kata kunci “Tips Lulus / Lolos Ujian CPNS” maka akan banyak sekali tulisan tentang bagaimana tips untuk bisa lulus dalam ujian CPNS.

Secara umum tulisan-tulisan tersebut menyatakan sumbernya berasal dari MenPan, namun saya belum menemukan tulisan “Tips Lulus Ujian CPNS “ yang berasal dari pengalaman pribadi dari yang menulis.

Lantas apakah tips-tips lulus ujian CPNS yang banyak beredar tersebut tidak benar atau tidak manjur?

Tentu saja bukan begitu, semua tulisan tips tersebut tetap beguna bagi para pembaca, namun karena ditulis berdasarkan pendapat/penjelasan orang lain yang belum pernah menjalani tes CPNS tentu jadi “kurang menggigit”.

Oleh karena itu di sini saya akan memberikan tips untuk lulus ujian CPNS berdasarkan pengalaman pribadi saya, dan sudah terbukti saya lulus dalam tes ujian CPNS.

Berikut kiatnya:

Pra Tes Ujian CPNS:


  1. Berdoa dan memasrahkan diri pada Allh SWT – yang paling penting di sini adalah berdoalah untuk meminta yang terbaik, jika memang lulus itu adalah yang terbaik maka insyaAllah akan dimudahkan, jika tidak lulus itu tidak baik bagi kita maka insyaAllah itu juga yang terbaik bagi kita
  2. Lakukan persiapan : yang anda lakukan adalah, mencari contoh soal-soal yang banyak bisa anda dapatkan di internet. Usahakan mencari soal-soal yang memang relevan dengan kementerian/ lembaga / departemen/ instansi yang hendak anda lamar. Karena setahu saya ada soal-soal yang khusus terkait dengan kementerian/lembaga yang kita lamar. Misalnya saat anda melamar di kementerian agama, maka ada soal-soal yang masih ada kaitannya dengan agama.. seperti pengalaman saya dulu ada 100 soal yang terkait dengan agama islam, mulai terjemahan ayat dan sebaliknya mencari ayat dari terjemahan yang diujikan.
  3. Fokus pada potensi kemampuan anda: Tidak perlu terlalu bingung jika anda menemukan banyak soal – pelajari yang memang benar-benar anda kuasai – tidak perlu anda terlalu cemas jika menemui soal-soal yang tidak anda kuasai.
  4. Cari tahu lokasi dan jadwal tes ujian CPNS: pastikan anda tahu lokasi dan jadwal tes sehingga anda bisa datang tes lebih awal dan tidak terlambat karena keterlambatan akan mengganggu konsentrasi anda.


Saat Tes Ujian CPNS:

  1. Datang lebih awal: silahkan pastikan ruang dan tempat duduk tempat anda akan melakukan test dan bersiaplah sekitar 15 menit di lokasi dimana anda akan ujian.
  2. Kelengkapan Tes Ujian CPNS: Pastikan anda membawanya – kalau perlu ada “cadangannya” misalnya jika menggunakan pensil maka bawalah minimal 2 buah yang siap pakai dan seterusnya.
  3. Siap mental : bersikaplan “nothing to lose” artinya anda sudah berdoa dan melakukan persiapan dengan baik, dan apapun hasilnya itu adalah yang terbaik bagi anda. Dengan sikap ini anda tidak akan gugup jika ada soal-soal yang tidak bisa anda jawab
  4. Kerjakan Soal Ujian CPNS yang anda bisa: karena waktu test dibatasi maka kerjakan yang anda bisa dan tinggalkan jika memang tidak bisa. Saya ingat betul pada saat test waktu itu saya HANYA mengerjakan sekitar 5 Soal Matematika (dari sekitar 30 atau 50 an soal) dan saya mengerjakan seluruh soal bahasa Inggris dan soal-soal Agama (karena testnya untuk departemen agama) – dan saya yakin saya mendapatkan nilai paling tidak 90 untuk bahasa inggris dan 80 untuk agama serta minimal 70 untuk soal pengetahuan umum dan tentu saja mungkin saya dapat nilai 0 untuk matematika.
  5. Jika sudah selesai maka – silahkan direview lagi jawaban anda - jika memang ada waktu untuk melakukannya, jika tidak – minimal pastikan anda sudah mengisi biodata anda secara benar pada lembar jawaban.


Setelah Tes Ujian CPNS:


  1. Pengumuman  Ujian CPNS: tanyalah pengumuman testnya dan pastikan anda tidak ketinggalan atau tidak tahu kapan diumumkan hasil tesnya. Catat hari, tanggal dan tempat dan media pengumumannya.
  2. Jika anda lulus tes CPNS – pastikan juga kelengkapan untuk pemberkasan sudah anda sediakan, karena biasanya pemberkasan hanya dilakukan cukup seminggu saja.

Demikian penbalaman pribadi tips lulus ujian CPNS, mudah-mudahan berguna bagi anda semua,

Terima kasih




















Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "Pengalaman Pribadi: Tips Lulus Ujian CPNS"!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.