Article

Spare Part Motor Viar di Malang

Harus diakui, kesulitan utama yang dialami pengguna motor buatan indonesia (eh Viar itu buatan Indonesia lohh heheh) atau motor china adalah keterbatasan spare part-nya. Suatu ketika saat yang pengen mengganti rem depan yang sudah aus, saya ke sebuah bengkel segala merek motor yang cukup rame di Lawang, tapi mereka menolak alasannya gak ada spare-partnya. Setelah saya bawa ke Dealer Viar yang saat itu masih ada di Lawang, ternyata bisa diganti dengan spare part Honda Astrea. Berdasar pengalaman itu akhirnya saya coba googling barangkali ada komunitas pengguna motor Viar di internet, dan ternyata saya menemukannya di Kaskus, namanya VIRUS - Viar Owner @ Kaskus Di forum banyak sekali informasi yang bermanfaat buat teman-teman pengguna segala varian motor Viar - kecuali yang tiga roda. Yang paling penting adalah daftar spare part pengganti dari masing-masing varian tersebut. Dan ternyata sesuai dengan pengalaman saya pribadi di forum itu disebutkan pengganti rem depan buat Vior adalah sama persis yang dilakukan oleh mekanik di bengkel Viar Lawang. Nah, kembali ke judul, ceritanya kemarin pas mau berangkat kantor, dengan agak terburu-buru karena hari senin, motor Vior saya tiba-tiba ngadat di jalan tanjakan pasar Lawang. Sebelumnya istri saya bilang kok dengar suara aneh, dan beberapa detik kemudian - motornya sudah tidak bisa di gas. Setelah saya teliti maka saya memastikan bahwa yang rusak adalah V Belt, yaitu karet penggerak mesin. Sebenarnya hal ini sudah diingatkan oleh Pak Agus -- mekanik Viar yang langganan menangani motor saya -- sekitar 2 bulan lalu kalo V Belt motor saya yang umurnya hampir 3 tahun itu sudah waktunya ganti dan dia menunjukkan bagian yang aus. Sebenarnya saya minta ganti kalo dia punya spare partnya, tapi dia bilang yang jual hanya dealer Viar, dulu pas masih ada yang di Lawang, bisa beli disana tapi karena sudah pindah ke pasuruan akhirnya tidak ada yang menyediakan. Sebenarnya kalo dipikir saya kok agak sableng, wong sudah diingatkan kok gak segera mencarinya, padahal hanya sekitar 50 meter di seberang kantor saya ada Dealer Viar untuk daerah Malang, tapi kok ya gak mencoba segera beli disana. Dan baru terpikirkan untuk beli di Dealer tersebut setelah kemarin, 24 Februari 2014 - motor macet di jalan dan hari masih pagi belum ada bengkel buka - akhirnya saya ke kantor dengan angkot. Sebelum sampai ke kantor saya sempatkan ke Dealer Viar Malang yang letaknya di ujung jalan Panji Suroso Tepat di sebelah kantor Pengadilan Agama sebelum terminat Arjosari itu, alhamdulillah jam 8 sudah buka. Setelah menununggu beberapa saat dan tanya mekanik yang bertugas - sambil ngobrol si mekanik sempat tanya apa spare part apa yang saya cari, setelah saya bilang kampas rem belakang, dia kira kampas kopling. Kalo kampas kopling dia sarankan untuk di-keling-kan aja kalo gak ada spare part aslinya.
Setelah ngobrol sebentar si mekanik harus melayani service yang masuk - sementara saya nunggu bagian penjuualan. Alhamdulillah V Belt yang saya cari ada, sekalian saya beli sepatu rem belakang dan kabel speedo meter yang sudah hampir 6 bulan putus. Wah harganya ternyata lumayan juga untuk rem belakang dan kabel nya, paling tidak lebih mahal daripada harga spare part motor bebek suzuki smash saya heheh. Nah, bagi temen-temen daerah Malang Raya yang mencari original part dari motor Viar bisa menghubungi CV. SANWA MOTOR - Jl. R. Panji Suroso 1 Malang Telp. 0341 473236 / 473234. Mudah-mudahan informasi tentang Dealer Motor Viar Malang ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "Spare Part Motor Viar di Malang "!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.