Article

Setahun itu Baru Kemarin.

"Bi, dik Kya, kalo dibiarkan sudah bisa jalan sendiri, bisa muter-muter di teras depan," begitu lapor Nadia pas saya pulang kantor. 

"Gitu, tah, tuh lihat dia jalan!" kata saya juga.

"Iyo, Bi, dik Ka-Ye-A- sudah bisa jalan mau ikut aku main!" Habib menegaskan.

"Dik Kya, Lucu!" kata Dayyan sambil memeluk Kya.

"Dik Kya, itu pinter lho Mi, masak kalo ada hapenya ummi atao abi mesti diambil terus ditempelin telinganya sambil bilang 'eh..eh..ah..ah'" kata Nadia lagi.

"Iya Mbak Nad, dik Kya, baru setahun dah pinter jalan, !Kalo aku Mi.. berapa tahun?"

"Kalo kamu Mbak Nad, umur 8 bulan sudah bisa ngomong, ma-em, ma-em sampe pas ke rumah temennya abi dikira minta makan trus pas umur setahun kamu itu sudah bisa nyanyi .. kelinciku..kelinciku..'"

"Kalo Dayyan Mi?"

"Dayyan itu hampir dua tahun bisa jalan, tapi sampe dua tahun setengah.. ngomongnya baru itu itu sampe waktu itu pas Mbak Nad mau ngaji Dayyan mau ikut terus, mbak Nad bilang.. Mi dik Dayyan mau ikut ke pondok.. khan nggak bisa ngomong cuman aaaiii..uuu !"

 "Gitu tah?" tanya nadia malu-malu.

"Kalo aku Mi!" tanya Habib. 

Kamu itu Bib, belum dua tahun ngomongnya juga dah banyak, tapi belum mau jalan. Trus kamu itu paling lama deh nenen Umi masak giginya sudah banyak masih nenen.. trus pas di sapih nangis..nangis

 Jadi yang paling pinter sapa Mi? tanya nadia lagi. 
Ya dik Kya hehehhe 
 Ya Umiii Curang.! Iya.. semua itu pinter wong beda-beda gitu loh Mbak Nad Tapi kalo masalah bisa jalan Dik Kya paling pinter dan duluan kata saya.

.****

Rasanya baru kemarin Kya lahir
Masih ingat saya, pagi-pagi ngantar istri ke Rumah Sakit untuk menjalani operasi sesar.. Tetangga pada tanya. "Mau kemana kok bawa tas besar?"

Pas dijawab mau melahirkan mereka pada heran, "kok mau melahirkan kelihatan nggak kesakitan sama sekali". Lha kelihatan sakit gimana, wong memang kata dokter lebih baik sebelum merasa sakit di operasi saja.. karena posisi bayinya sudah jelas-jelas melintang.. dari pada nunggu sampe bayinya pengin keluar, bisa-bisa tambah panik.

Saya sempat inget komentar pak penjual tahu langganan kami, 

"Kok nggak dicoba di oyok (di putarkan di dukun pijat) aja sih Pak?"

Saya cuman senyum aja, njawabnya. Wong udah berusaha kesana kemari sebelumnya, tapi ya sudah sepertinya bayinya ditakdirkan keluar pakai operasi.

Wah saat itu saya jadi ingat kala Habib juga harus dioperasi sesar..Jam enam tanggal 14 Desember 2009, istri saya sudah diminta bersiap-siap untuk memasuki kamar operasi.. Sementara saya di luar berdoa sambil SMS ke teman-teman, mohon dibantu agar proses operasinya lancar.

Alhamdulillah, setelah menunggu hampir satu jam saya dipanggil bidannya.

".Pak selamat ya, bayinya Putri, kalo mau diadzani silahkan masuk.. sekarang..!

Saya bergegas masuk ke ruangan, dan melihat sesosok bayi mungil dibalut selimut biru muda. Bayinya putih, matanya nya sipit, ada yang bilang berwajah oriental. Saya cium bayi mungil yang matanya masih silau dengan cahaya itu, sambil bersyukur bahwa Allah memberikan amanah seorang bayi yang sehat dan cantik.. kemudian saya mengadzani dan mengqomatinya. Selanjutnya sang perawat membawa bayi itu ke ruang perawatan.

Saya keluar ruangan dan mengirimkan SMS massal mengucapkan terima kasih pada teman-teman yang telah membantu doa, sambil meminta saran urun sumbang ide nama.. dan SMS pun berdatangan mengusulkan banyak nama karena waktu itu sedang musim haji, ada yang mengusulkan namanya ada shofwa atau marawahnya, dan kerana saat itu juga lagi rame-ramenya kasus prita dan penggalangan koin buat mendukung prita ada yang usul nama prita koinwati . hehehe

Semua ditampung tapi tentu saja perlu dirapatkan dengan anggota keluarga yang lain.Anak-anak tak ajak melihat arti nama-nama yang saya download dari internet.. dan membacakannya dan artinya satu-satu. 

"Kya.. aja bii bagus.." kata Nadia,

Setelah saya membaca kata Kya

"Apa sih Diamond in the sky itu artinya ? tanya Dayyan saat saya jelaskan artinya Kya itu berasal dari bahasa afrika yang artinya Diamond in the Sky . 

Iya, wes bagus itu kata Habib juga.. 

Udah ya, Kya saja ya? Tuh bilang ke Ummi ' kata saya.

Dan istri sayapun setuju cuman khan harus ada tambahan masa cuman tiga huruf, singkat sekali setelah berunding, udah deh pakai nama Indonesia saja sisanya, khan tiga anak sebelumnya sudah pakai bahasa arab..
akhirnya disepakati tambahannya Adinda Sholihah sehingga lengkapnya Kya Adinda Sholihah 

Ah ternyata itu sudah setahun yang lalu, dan masih segar dalam ingatan sampai saat ini.Kya, kamu sekarang sudah setahun nak, mudah-mudahan doa kami, dikabulkan oleh Allah agar kamu menjadi bintang yang sholihah.. .. 

Selamat Ulang Tahun Kya

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "Setahun itu Baru Kemarin."!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.