Article

To Live and Die [TLAD] @ SMANELA # 13 : Mesin Ketik!

Di SMANANELA ada Majalah Dinding yang isinya secara berkala di-update bergilir oleh masing-masing kelas. Setiap kelas menunjuk beberapa orang sebagai penanggung jawabnya.
Salah dua orang yang ditunjuk untuk mengupdate Mading kelas 1-4  yang biasa disebut PAZHIPAT adalah Pairi dan Jantok.  Bisa dikatakan hidup matinya Mading Pazhipat ya tergantung dua orang itu. Maklum dua orang itu suka sekali nulis-nulis, kalo nggak disalurkan ke tempat yang tepat bisa bisa mengganggu lingkungan, antara lain menulisi buku-buku temannya.
Nah, dua orang penulis yang sangat mempengaruhi tulisan mereka adalah Hilman dengan Lupus-nya dan Gola-Gong dengan Balada Si Roy.
Saking ng-fans-nya sama Hilman, kemana-mana Jantok ngemut permen karet, katanya biara kalo dapat ide biar nggak gampang ilang, cuman masalahnya dia suka sembarangan naroh bekas permen yang dia emut. Makanya temen-temen pasti sewot kalo tiba-tiba celana atau roknya tiba-tiba nempel sama bangku.
”Tok kamu itu kalo habis ngemut permen, buang ditempat sampah sana.. jangan di bangku, nih rok-ku yang baru jadi jorok kayak gini…” protes si Dina.
”Tenang Din, gampang kok ngilanginnya?”
”Gampang gimana, susah Tok, pake Rinso aja gak bisa…!”
”Lha kamu pake Rinso, kuno itu…!”
”Trus pake apa Tok?”
”Kresek!”
”Kresek?” Tas Kresek?”
”Iya…!”
”Gimana caranya?”
”Gini, sebelum kamu cuci, kamu masukkan rok kamu dalam kresek, trus kasih sabun colek secukupnya, trus kasih jeruk nipis, kasih air dikit…” terang Jantok, sementara Dina mendengaarkan dengan seksama. Tapi Jantok kemudian diem aja.
”Trus, gimana? Aku pake mesin cuci di rumah?”
”Malah, gampang tuh!”
”Gimana coba?!”
”Ya taroh aja di depan rumah kamu – deket bak sampah – ntar pasti deh ilang …” katanya serius. Dina yang sejak tadi dengerin dengan serius langsung melempar muka dengan tisu yang habis dibuat bersiin roknya yang kena permen karet.
“He-he-he..…” kata Jantok sambil  ngeloyor pergi.
*****
Minggu itu – seperti biasa, Pairi dan Jantok, mangkal di kamarnya Jantok.  Eh iya si Jantok itu tinggal di rumah embahnya yang juga bersebelahan dengan rumah Omnya si Jantok. Putra Omnya Jantok juga kelas 1-4 namanya Hancok. Nah dari Hancoklah mereka selalu pinjam mesin ketik, untuk ngerjain tulisan-tulisan yang tidak hanya untuk ditempel di mading, tetapi juga di kirim ke majalah-majalah remaja. Memang sampi tulisan ini ditulis, belum ada tulisan mereka berdua dimuat. Tapi mereka tidak pernah patah semangat, nulis adalah gaya hidup, begitu kata mereka, jadi jangan heran kalo di kamar Jantok yang kumuh bertebaran banyak sekali tulisan yang belum jadi.
Rencanya mereka lagi merancang isi Mading untuk munggu depan. Ketika sedang asyik mengetik, si Hancok masuk kamar dan ngasih tahu kalo di tipi ada konsernya Godbless. Tahukhan Goodbless? Itu grup yang digawangin sama si Iyek Ahmad Albar… lagunya yang terkenal Semut-semut kecil… eh Semut Hitam. Mendengar nama Godbless  segera bergegas ke ruang keluarga yang tempat menonton tipi.
Kira-kira beberapa menit kemudian terdengar suara permpuan memanggil-manggil nama Hancok dan Jantok dari balik pintu. Bergegas kami keluar, ternyata Wahyuni, tetangga sebelah rumah:
”Han, tadi ada orang laki-laki masuk kamarnya Jantok, trus keluar lagi.. kok mencurigakan sekali… emang temanmu?
”Teman? Siapa? nggak ada temen.. lain?” jawab si Hancok penasaran
“Ato  temenmu Tok?”
”Temenku?” jawab Jantok.. “Ya cuman ini… !” serunya sambil menunjuk Pairi.
”Coba lihat ke kamar.. barang kali ada yang hilang?”
Berlima, di tambah si Alif, kakak Hancok mereka ke kamar depan. Untuk beberapa saat kemudian mereka tidak tahu apakah ada barang yang hilang atau tidak…
”Mesin ketik…..!” teriak Jantok
”Iya… Mesin ketik…” seru mereka hampir bersamaan
”Cari… kejar….!” seru Alif.
Mereka segera berhamburan ke luar dan berlarian menyusuri jalan gang depan rumah Mbahnya Jantok hingga sampai ke jalan raya. Sesekali mereka tanya tetangga yang dilewati barangkali melihat laki-laki yang membawa mesin ketik. Saat mereka sibuk memburu pencuri yang entah sudah kabur kemana si Jantok tidak ikut serta. Dia hanya berdiam di rumah sambil terlihat menyesal sekali.
”Kamu, sih Tok, lupa nutup pintu… gimana nih kalo bilang sama Bapak?” sesal Hancok.
Jantok yang wajahnya terlihat risau segera menjawab,
”Iya.. memang aku lupa.. tapi masalahnya bukan mesin ketiknya… tapi ide saya itu yang ikut terbawa pencuri… khan susah nyari lagi… !”
Gubrak!
Bukan mesin ketiknya yang bikin dia pusing, tapi kehilangan ide yang baru ditulis setengah halaman yang terbawa si pencuri.
*****

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "To Live and Die [TLAD] @ SMANELA # 13 : Mesin Ketik!"!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.