Article

True Story: Balada Anak-anak..Kambing, Gule dan Pecel

Laperrr….laper…laper…laper…..” teriak Dayyan sambil masuk ke dalam rumah. Seharian, selepas sholat ied di masjid dia bersama habib dan nadia melihat penyembelihan kambing kurban di masjid.

“Lapperrr….lappper…..laperrr… aku belum makan…..laperrrr!” teriaknya lagi. Kadang si Dayyan gokil banget kalo lagi minta sesuatu, terutama kalau dia minta makanan, apakah karena lapar atau hanya sekedar pengin es krem dia mesti teriak-teriak laper .
“Yan…. Kamu ini berisik terus…. Kupingku sakit lho… suaramu kayak kucing dilempar kaleng…” kata nadia yang sudah gemes pengin nyubit dayyan. Memang yang paling bikin sebel, kalo pas teriak-teriak gitu dia menggunakan suaranya yang cempreng dan melengking tinggi, nggak hanya nadia, saya dan umminya pun kadang juga jengkel.
“Sebentar ya sayang… sebentar lagi masakannya mateng…” kata istri saya mencoba menenangkan.
“Ummi masak apa?”
“Ini gulia kambing enak sekali Bang, tadi khan dapat daging dari masjid?”
“Kambing?…. Gak mau… itu yang dimasak ummi banyak teleknya (kotorannya)” protes Dayyan
“Kamu ngawur aja.. masak telek dimasak….”
“Iya… tadi itu banyak teleknya… nggak mau… aku makan roti aja… gak mau kambing…….. rottiiiiii…..” Dayyan bersi kukuh
“Gimana kalo bikin sate aja … tuh masih ada.. sisa dagingnya sedikit… Bang Dayyan khan suka sate…”
“Nggak mau… ada teleknya…. Satenya ummi juga nggak sempurna… rotiiiii…..”
“Ye… kamu ini ada saja… masak ada sate gak sempurna…”
“Ya… masak sate digoreng… nggak ditusukin… ngak mau pokoknya gak mau… aku makan roti aja…”
“Lho Ummi masak gule kambing tah?” tanya Nadia juga.
“Iya… enak lho…”
“Lho Mi… aku khan gak suka gule… “ Nadia memang tidak begitu suka gule… apalagi dia ngeliat kambingnya disembelih. Tahun lalu dia menolak makan gule gara-gara dia menyaksikan orang di mesjid “membantai” kambing. Dia jadi jijik.
“Lha… terus siapa yang makan kalo semua gak suka?”
“Nggak aku gak mau gule…. Yang lain aja… telur…!”
“Ya… gorengkan tempe atau tahu aja.. khan di kulkas masih ada..”
“Iya… aku tempe saja…”
“Bang Dayyan juga tempe ato telur Bang?”
“Nggak…. Nggak mau tempe ato telur… aku mau roti…. Ato kue yang enak-enak… nggak mau makan….!” Dayyan masih teriak-teriak lagi. Dayyan tuh paling gengsi kalo harus merubah selera dan pendirian, sekali minta roti ya roti… kalo perlu mogok aktivitas… kecuali nge-game :mrgreen: kadang ya kita turuti kadang yang kita biarin.. paling-paling kalo sudah bener-bener lapar dan pengin makan mesti minta mi instan atau pakai tempe penyet plus kecap kegemarannya.
****
“Anak-anak makanan sudah siap…” kata istri saya setengah jam kemudian
“Lho Mi…. tempenya mana?” protes Nadia
“Lha itu di dekat majic jar itu…!”
“Aku mau kuahnya gule aja dikit….”
“Banyak juga gak papa…ini lho ada kikilnya enak mbak Nad…”
“Jangan…Mbak….itu kuahnya ada teleknya….” teriak Dayyan sambil berguling- guling di kasur….
“Hush… kamu itu ngawur Yann… ada orang makan bilang telek-telek terus…” gertu saya
“Iya…. Itu warna kuahnya kayak teleknya kambing….. hiiiii…. Kayak di kali … tadi orang-orang nyuci usus di kali… trus kalinya jadi banyak teleknya…. Hiii warnanya kayak kuah itu….
“Masya Allah….” Kami baru sadar… seharian tadi si Dayyan sama Habib ngelihat orang-orang mencuci jeroan kambing di kali depan rumah… dan memang saking banyaknya jeroan yang dicuci – ada sebelas kambing - air kalinya berubah kuning kehijau-hijauan…”
“Bi… aku pake kuah…. Sama daging yang itu…” kata Habib menunjuk kuah gule dan daging tongseng… Kalo si Habib ini dia nggak bakal terpengaruh provokasi Dayyan dalam bentuk apapun terutama jika provokasi itu harus mencegah dirinya makan … dia paling cuek bebek… kalo semua nggak suka ya dia habisin sendiri… sehingga nggak jarang… kakak-kakaknya protes… gara-gara tanpa konfirmasi ngembat kue atau makanan bagian mereka… :mrgreen:pokoknya makanannya dia suka… sudah nothing else matter … biar Nadia dan Dayyan teriak teriak dan memboikot makan…. Ya kafilah tetap berlalu… khan anjing menggonggong tanda tak dalam, soalnya kalo kalinya dalem pasti anjingnya gak bisa menggonggong karena kelelep (tenggelam) :mrgreen: - lha pribahasa apa itu.
“Nggak mau makaaaaaaaaaaaaaaaan… banyak teleknyaaaaaaaaaaaa… aku pokonya mau rotiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii” begitu teriak-teriak dayyan sepanjang kami makan… berbagai bujukan sudah tak mempan akhirnya ya kita makan bersama… untungnya kami tidak terlalu terpengaruh jika pas saat makan Dayyan ngomong jorok-jorok gitu. :mrgreen:
akhirnya gule itu sampai tadi pagi masih banyak di panci. Karena memang saya tidak terlalu maniak sama daging kambing. Mulutnya sih suka aja… tapi perut kadang sering brontak… jadi mules-mules apalagi kalo kebanyakan seringnya sariawan kambuh.. selain itu kalo keseringan khan juga gak bagus bagi kesehatan kantong :mrgreen: Sedangkan Nadia juga begitu… daging kambing juga sekedarnya saja.. Habib? Anak satu ini favoritnya sea food sama sayuran… jangankan kambing, bakso aja dia nggak begitu suka, coba kalo di kasih lele goreng ato ikan bawal, atau tongkol, pindang goreng… pasti dihabisin tanpa konfirmasi ke yang lain :mrgreen:
Sebenarnya dayyan sama istri saya yang paling suka daging kambing. Dayyan tuh paling demen sama sate… sampe kalo pas pengen sate…dan gak ada daging kambing… ya tempe sama tahu ditusukin dibakar dan dibuatkan bumbu sate.. pasting dia makannya habis banyak…
Ya… begitulah…akhirnya tadi pagi istri saya harus belanja untuk memasak makanan yang kami suka… Padahal dia kemarin masaknya bersemangat sekali dan paling tidak bisa agak santai karena pagi hari nggak usah ribet nyiapin sarapan lagi.. cukup gulia dan tongseng kambing … tapi berhubung hanya sedikit tersentuh ya… akhirnya gulenya merana di kulkas :mrgreen: dan anak-anak sarapan sama tempe jaket dan pecel.. plus minuman hangat…
****
Hikmah cerita :
Terkadang kalo pengin enak makan, jangan tahu proses masaknya kalo tahu sering nggak napsu… coba saja… cari warung atau depot yang enak dan sesekali nyelundup ke belakang (numpang ke kamar mandi) pasti deh… mengurangi selera makan :mrgreen:

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "True Story: Balada Anak-anak..Kambing, Gule dan Pecel "!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.