Article

Cara Cepat Agar Blog Anda Terkenal

Saat ini aktivitas nge-blog sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang. kalo membaca sejarahnya blog sih, dulunya untuk menuangkan uneg-uneg dari pemilik blog, apa aja! Ya, semacam buku diary online yang bisa dibaca siapa saja. Dulu ketika masih era web statis (web 1, ya istilahnya?), dimana pengunjung tidak bisa berkomentar atas tulisan-tulisan yang dibuat pemilik situs (blog), maka aktivitas nge-blog tidak begitu ramai.
Tetapi seiring dengan kemajuan teknologi, era web dinamis (web 2.0, ya?), aktivitas nge-blog jadi semakin asyik, karena tiap pengunjung di era baru ini bisa menuliskan apa aja tentang artikel atau bahkan pemilik blog sendiri, (entah akhirnya diapprove atau didelete oleh pemilik blog, yang jelas setelah mengeluarkan uneg2 plong rasanya!)
Nah, karena penulis dan pembaca bisa langsung interaktif maka, saat ini aktivitas ngeblog bisa dijadikan untuk berbagai macam kepentingan. Salah satunya adalah untuk menjadikan blog terkenal (tepatnya pemilik blog yang terkenal!!). oleh karena itu muncullah berbagai cara untuk menarik perhatian penyelancar internet! secara umum ada dua cara: pertama dengan menggunakan trik-2 tertentu agar mesin pelacak kayak google dan sejenisnya bisa dengan cepat memindai blog tertentu. Kedua, dan ini yang agak berat, mengandalkan konten (isi) dari blog yang berkualitas.
Karena poin kedua itu yang paling banyak mengundang orang untuk membaca suatu blog, maka berbagai cara digunakan oleh seseorang agar blognya bisa dianggap berkualitas, indikasinya mudah.. seberapa banyak orang mengunjungi, dan yang paling penting adalah orang mau berkomentar terhadap apa yang dia postingkan!
untuk meraih popularitas ini juga ada dua cara:

1. Cara Cepat (Shortcuts) dan Mudah:
Prinsip dasar dari cara ini adalah seperti kata pepatah kuno: “Jika kamu ingin (cepat) terkenal, kencingi saja sumur zam-zam!” dijamin deh banyak orang yang komen plus bogem mentah bisa mendarat dijidat anda! Tapi suer! ada orang yang memang suka dengan cara-cara ini, juga di internet orang-orang model begini buuuuannyaaaak sekali diinternet! cuma tentu saja bukan ngencingin sumur zam-zam.
Lantas bagaimana caranya kalo di internet?
Gampang, caranya anda cuku jadi seorang “watcher” atau pengamat yang baik. apa yang diamati? Ya tentu saja hal-hal yang bisa mengundang perhatian orang lain!

Misalnya?
Coba liat betapa banyak komunitas-komunitas yang paling banyak anggotanya diinternet, maksudnya liat juga aktivitas onlinenya? caranya? jika komunitas itu punya website resmi atau mailing-list (bisa tidak resmi) dan banyak anggotanya nah pantas anda untuk ikut dan bergabung disana. Terus amati isu apa yang menjadi topik hangat disana! Siapa tokoh-tokohnya! Perhatikan komentar-komentar tokoh mereka! Nah yang tidak kalah penting adalah apa yang membuat mereka tidak senang! Kalau data ini sudah anda kantongi maka mudah sekali anda untuk meneruskan pada langkah berikutnya. Apa itu?

Ini bagian yang penting, cobalah anda angkat sebuah isu yang sensistif bagi komunitas tertentu, posting di-blog anda! Anda bisa berlagak seolah-olah anda seorang pahlawan di bidang tertentu, misalnya kalo yang ingin anda tarik perhatiannya adalah aktivis islam saingan anda: cukup anda mengatakan bahwa anda mencoba untuk menjadi pembela syariat islam yang baik sehingga anda berhak menghakimi pendapat orang lain! Atau kalo yang ingin anda singgung adalah kelompok vegeratian, katakan kalo mereka itu cuman orang-orang yang menyiksa diri di dunia, sampaikan fakta bahwa banyak orang-orang yang non-vegetarian juga bisa hidup sehat dan panjang umur dst..

Langkah terakhir, dan ini jangan lupa, promosikan setiap postingan anda yang terbaru di mailinglist atau website (kalo ada fasilitas komentar, dll) dari kelompok yang ingin anda tuju. Pasti dijamin deh rating dari blog anda akan meningkat denga drastis!
Nggak percaya? Ya silahkan coba!
Tapi sejak awal saya katakan bahwa saya tidak bertanggung jawab atas hal yang akan menimpa anda!
2. Cara Lambat namun Bermutu!

Cara ini adalah susah, dan tdak begitu diminati oleh banyak orang. Karena hal in membutuhkan keahlian anda dalam menganalisa suatu masalah dengan baik dan yang lebih penting hal yang anda posting bermanfaat bagi orang lain!

Carilah hal-hal yang sangat bermanfaat bagi kehidupan orang lain, tulislah pendapat anda dengan baik dan disertai data-data yang cukup valid dan sahih.

Anda harus banyak belajar dan membaca berbagai macam literatur dan belajar menulis yang baik!

Anda juga harus banyak riset diinternet, apa saja yang banyak dicari orang. Kalo anda bikin blog di wordpress, pelajari statistik kunjungan blog anda, pelajari juga apa yang membuat orang ‘kesasar’ ke blog anda ketika mereka mengetik di mesin pencari, dst.dst…
terakhir anda harus banyak berdoa agar apa yang anda tulis memang benar-2 bermanfaat!
Mau coba?
Siapa takut?
****
Just small refelction:
Why some of us just wasting much of our time writing something invaluable in our blog! Just remind us again that:
“Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami dan mereka mempunyai mata tidak dipergunakannya untuk melihat , dan mereka mempunyai telinga tidak dipergunakannya untuk mendengar . Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.” (al-araf:179)
“Tiap-tiap diri bertanggung jawab atas apa yang telah diperbuatnya,” (al muddatsir:38)

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membaca tulisan "Cara Cepat Agar Blog Anda Terkenal"!
Jika Anda punya kritik, saran, masukan atau pertanyaan silahkan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.